Graph sederhana pembagi nol dari ring komutatif dengan satuan

Authors

  • Mohammad Sukkur Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • I Made Sulandra Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Misalkan R merupakan ring komutatif dengan unsur satuan. Berdasarkan unsur – unsur di R dan unsur – unsur pembagi nol di R, akan diperoleh suatu graph Γ(R), dengan himpunan titiknya adalah V(Γ(R))=Z(R) dimana Z(R)={0≠x∈R|xy=0,untuk suatu 0≠y∈R} dan himpunan sisinya adalah E(Γ(R))={(x,y)|xy=0,x,y∈Z(R)} dimana (x,y)=(y,x). Graph tersebut disebut graph pembagi nol. Jika himpunan sisi pada graph tersebut adalah E(Γ(R))={(x,y)|xy=0,x,y∈Z(R),x≠y} dimana (x,y)=(y,x), maka graph tersebut disebut graph sederhana pembagi nol. Pada tulisan ini, akan dikaji karakteristik graph sederhana pembagi nol Γ(R), yaitu (1) graph Γ(R) hingga jika dan hanya jika R adalah hingga atau R adalah daerah integral, (2) graph Γ(R) adalah graph terhubung dengan dim⁡(Γ(R))≤3, (3) ada titik dari Γ(R) yang terhubung langsung ke semua titik lainnya jika dan hanya jika Z(R)∪{0} merupakan ideal annihilator, (4) ada titik dari Γ(R) yang terhubung langsung ke semua titik lainnya jika dan hanya jika R≅Z_2×A, dimana A merupakan daerah integral, (5) jika R hingga, maka ada titik dari Γ(R) yang terhubung langsung ke semua titik lainnya jika dan hanya jika R≅Z_2×F, dimana F merupakan field.

References

Aldous, Joan M. & Wilson, Robin J. 1995. Graph and Application - An Introductory Approach. London: Springer.

Anderson, David F. & Livingston, Philip S. 1998. The Zero-Divisor Graph of a Commutatif Ring. Journal of Algebra,. (Online).

(http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0021869398978401), diakses pada 10

Februari 2016.

Gallian, J. A. 2010. Contemporary Abstract Algebra seventh edition. USA: Brooks/Cole.

Gilbert, J. & Gilbert L. 2009. Elements of Modern Algebra seventh edition. USA: Brooks/Cole.

Lam, T.Y. 2001. Exercise in Classical Rings (Second Edition). USA:Springer.

Rosen, Kenneth H., Michaels, John G., Gross, Jonathan L., Grossman, Jerrold W. & Shier, Douglas R. 2000. Handbook of Discrete and Combinatorial Mathematics. Florida: CRC Press.

Wilson, Robin J. 1996. Introduction to Graph Theory (Fourth Edition). England: Longman.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Sukkur , M. ., & Sulandra, I. M. . (2023). Graph sederhana pembagi nol dari ring komutatif dengan satuan. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(10). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3640

Issue

Section

Articles