Penerapan metode upper bound pada multi depot vehicle routing problem (MDVRP)

Authors

  • Fahimatul Izzah Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mohamad Yasin Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Sapti Wahyuningsih

Abstract

Multi Depot Vehicle Routing Problem(MDVRP) merupakan permasalahan yang meliputi beberapa depot yang melayani beberapa customer dengan total jarak minimum dan kembali ke depot yang sama tanpa melanggar kendala kapasitas kendaraan. Terdapat tiga tahap dalam permasalahan MDVRP, diantaranya adalah pengelompokan, pembentukan rute, dan pengurutan rute. Pada tahap pengelompokan, beberapa customer dikelompokkan berdasarkan depot terdekat. Pada tahap pembentukan rute, pencarian rute menggunakan metode Upper Bound. Terdapat dua langkah pada metode tersebut yakni pemilihan depot sebagai titik awal pencarian rute dan dilanjutkan dengan pencarian jarak terpendek antar titik yang terpilih, apabila melanggar kapasitas maka pencarian rute langkah diulangi sampai semua titik termuat dalam suatu rute. Pada Tahap terakhir, urutan pengiriman dipilih sehingga urutan pengiriman dimulai dari depot ke customer terdekat, kemudian ke customer berikutnya yang terdekat dari customer sebelumnya, dan seterusnya. Untuk mengimplementasikan proses penyelesaian permasalahan MDVRP dengan metode Upper Bound maka dibuat program menggunakan software Borland Delphi 07.

References

Aldous, Joan M dan Wilson, Robin J. 2004. Graph and Application an Introductory Approach. London:Great Britain

Caccetta, Louis, Mamoon Alameen, dan Mohamed Abdul-niby. 2013. An Improved Clarke and Wright Algorithm to Solve the Capacitated Vehicle Routing Problem. ETASR - Engineering, Technology & Applied Science Research, Vol. 3, _o. 2, 2013, 413-415.

Campbell, Ann Melisa dan Martin Savelsbergh. 2004. Efficient Insertion Heuristics for Vehicle Routing and Scheduling Problems. Transportation Science,Vol. 38, No. 3, August 2004, pp. 369–378.

Masruroh, Annisa. 2012.Algoritma Clark and Wright pada Multi Depot Vehicle Routing Problem. Malang: Universitas Negeri Malang.

Prihartinie, Dima. 2013. PenyelisaianMulti Depot Vehicle Routing Problem(MDVRP) menggunakan metode Insertion Heuristic. Malang: Universitas Negeri Malang.

Surekha dan Sumathi.2011. Solution To Multi-Depot Vehicle Routing Problem Using Genetic Algorithms.World Applied Programming, Vol (1), No (3), August 2011. 118-131.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Izzah, F. ., Yasin, M. ., & Wahyuningsih, S. . (2023). Penerapan metode upper bound pada multi depot vehicle routing problem (MDVRP). Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(8). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3617

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>