Algoritma ant colony system pada vehicle routing problem with simultaneous delivery and pickup (VRPSDP)

Authors

  • Cornelius Bahtiar Cristy Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Sapti Wahyuningsih Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

VRPSDP adalah varian dari VRP klasik (dengan kendala kapasitas). Varian VRP ini, menentukan rute terpendek pada distribusi mengirim barang hasil produksi dan mengambil hasil produksi yang cacat atau habis secara bersamaan. Semua customer hanya dikunjungi sekali dan muatan barang yang dibawa kendaraan pada saat berangkat dari gudang pusat sampai tiba kembali ke gudang pusat, tidak melebihi kapasitas kendaraan. Algoritma Ant Colony System pada VRPSDP pada dasarnya terdiri lima langkah, yang terdiri dari inisialisasi jumlah feromon awal dengan menggunakan metode Nearest Neighbour, langkah Improvement dengan penerapan aturan transisi status, pembentukan rute dan mengupdate jumlah feromon dengan penerapan aturan mengupdate feromon lokal, pengoptimalan solusi dengan menggunakan Local Search Insertion Move, langkah terakhir, mengupdate feromon pada solusi akhir dengan menggunakan aturan mengupdate feromon global.

References

Aldous, Joan. M. and Wilson, Robin. J. 2000. Graphs And Applications An Introductory Approach. Canada: Spriger.

Ayuandari, Diaz Viancya. 2009. Vehicle Routing Problem with Simultaneous Deliveries and Pickups (VRPSDP) dengan Metode Insertion Heuristic dan Penerapannya. Malang: Jurusan Matematika. FMIPA. Universitas Negeri Malang.

Cabrera G, Guillermo and Peralta, Felipe. 2009. Ant Colony System Algorithm for the Vehicle Routing Problem with Simultaneous Delivery and Pick-Up, (Online), (http://dl.acm.org/citation.cfm?id=1676480.pdf, diakses 3 April 2013).

Dorigo, Marco and Gambardella, Maria Luca. 1997. Ant Colony System: A Cooperative Learning Approach to the Travelling Salesman Problem, (Online),(http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary?doi=101.1.45.8411.pdf, diakses 3 April 2013).

Zakaria, Mohammad. 2014. Algoritma Scatter Search pada Vehicle Routing Problem with Simultaneous Delivery and Pickup (VRPSDP). Malang: Jurusan Matematika. FMIPA. Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Cristy , C. B. ., & Wahyuningsih, S. (2023). Algoritma ant colony system pada vehicle routing problem with simultaneous delivery and pickup (VRPSDP). Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(11). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3651

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)