Penerapan algoritma harmony search (HS) pada Multiple trip vehicle routing problem (MTVRP) dan implementasinya

Authors

  • Nurul Istiyah Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Sapti Wahyuningsih Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Darmawan Satyananda

Abstract

Multiple Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) adalah suatu permasalahan untuk mencari sejumlah rute minimum di mana setiap konsumen hanya dilayani tepat satu kali, proses pengiriman dimulai serta berakhir di depot yang sama dengan perluasan dan penambahan multiple trip pada setiap kendaraan ketika mendistribusikan barang serta time window pelayanan customer. Tahapan-tahapan algoritma Harmony Search (HS) diawali dengan tahap identifikasi masalah. Kemudian dilanjutkan ke tahap identifikasi parameter-parameter algoritma HS, inisialisasi harmony memory rute sementara, membangkitkan rute sementara baru secara random, meng-update harmony memory rute sementara, kemudian tahap terakhir yaitu mengecek kriteria pemberhentian. Untuk menyelesaikan permasalahan MTVRP dengan menggunakan algoritma HS, akan dibutuhkan banyak perulangan. Oleh sebab itu, untuk mempermudah pencarian rute, algoritma HS tersebut diimplementasikan ke dalam program komputer yang dibuat dengan Delphi 7.

References

Aulia, I., Nababan, E. B. & Muchtar, M. A. 2012. Penerapan Harmony Search Algorithm dalam Permasalahan Penjadwalan Flow Show. Jurnal Dunia Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 1: hlm.1 – 7, (Online), (http://jurnal.usu.ac.id/index.php/duniait/article/view/407/210), diakses 25 Maret 2014.

Bahar, Emirul. 2003. Analisis Penentuan Jalur Transportasi Limbah Minyak pada Aktivitas Pelayaran Laut untuk Menghasilkan Total Biaya Pelayaran Minimum. Jurnal Ilmiah Ekonomi & Bisnis (Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis), Vol. 8, No. 2: hlm. 88.

Hadwan, M., Ayob, M., Sabar N. R. & Qu, Roug. 2013. A Harmony Search Algorithm for Nurse Rostering Problems. Information Science. (Online) (http://www.cs.nott.ac.uk/~rxq/files/INS13hsa.pdf), diakses 8 April 2014.

Maftuh, Ahmad Azami. 2010. Study Penentuan Rute Busway yang Optimal Koridor Surabaya Timur-Barat dengan Metode Harmony Search. Surabaya: Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Oktaviani, Gladis Dwi. 2010. Implementasi Metode Insertion Heuristic dalam Penyelesaian Multiple Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP) dan Analisanya. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Yunita, Nine Winda. 2013. Algoritma Sequential Insertion untuk Menyelesaikan Masalah Multiple Trip Vehicle Routing Problem (MTVRP). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Istiyah, N. ., Wahyuningsih, S., & Satyananda, D. . (2023). Penerapan algoritma harmony search (HS) pada Multiple trip vehicle routing problem (MTVRP) dan implementasinya. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(8). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3619

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>