Algoritma ant colony optimization (ACO) dalam optimalisasi rute pada vehicle routing problem with time window

Authors

  • Dian Fitrotin Septiashri Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Purwanto Purwanto Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Darmawan Satyananda Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW) merupakan permasalahan bagaimana suatu depot distribusi barang, dengan sejumlah kendaraan berkapasitas tertentu melayani sejumlah customer pada lokasi yang terpisah, dengan permintaan dan batasan time window tertentu dengan tujuan meminimalkan total biaya perjalanan, tanpa mengabaikan batasan kapasitas kendaraan dan time window depot. Algoritma Ant Colony Optimization terinspirasi dari perilaku semut, yaitu perjalanan semut dalam mencari makan. Semut mempunyai zat khusus yang disebut pheromone. Terdapat tiga langkah pada algoritma Ant Colony Optimization yaitu langkah inisialisasi awal jarak pheromone, update pheromone lokal dan update pheromone global. Dari ketiga langkah tersebut terdapat iterasi yaitu perbaikan pheromone agar menghasilkan solusi terbaik dari rute yang terbentuk oleh semut. Oleh sebab itu, untuk mempermudah pencarian rute, Algoritma ACO tersebut diimplementasikan ke dalam program komputer menggunakan Delphi 7.

References

Bell, E. John, & McMullen, R. Patrick. 2004. Ant Colony Optimization Techniques for the Vehicle Routing Problem. Department of Operational Sciences, Air Force Institute of Technology Wright-Patterson AFB, OH, USA. Elsevier Advanced Engineering Informatics 18 (2004) 41–48.

Dorigo, M., & Gambardella. 1996. Ant Colony System: A Cooperative learning

Approach to the Traveling Salesman Problem. Tech.Rep/IRIDIA/1996/-

, Universite Libre de Bruxelles, Belgium.

Purwanto, 1998. Matematika Diskrit. Malang : Institut Keguruan dan Ilmu

Pengetahuan Malang.

Satyananda, Darmawan. 2012. Panduan Praktikum Struktur Data. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Alam Universitas Negeri Malang.

Socha, K., Dorigo, M., 2006. Ant Colony Optimization for Countinous Domain.

European Journal of Operational Research.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Septiashri, D. F. ., Purwanto, P., & Satyananda, D. . (2023). Algoritma ant colony optimization (ACO) dalam optimalisasi rute pada vehicle routing problem with time window. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(11). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3652

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)