Algoritma artificial bee colony pada capacitated vehicle routing problem (CVRP) dan implementasi programnya

Authors

  • Dewi Setyowati Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Purwanto Purwanto
  • Mahmuddin Yunus

Abstract

Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) adalah masalah pencarian sejumlah rute kendaraan berjarak minimum yang berawal dan berakhir di depot yang sama untuk memenuhi permintaan sejumlah customer yang hanya dikunjungi tepat satu kali dan tidak melebihi kapasitas kendaraan dengan perluasan setiap kendaraan memiliki kapasitas yang sama. Algoritma Artificial Bee Colony merupakan algoritma yang didasarkan pada kecerdasan kelompok dari perilaku lebah dalam mencari sumber makanan. Algoritma Artificial Bee Colony pada CVRP terdiri dari 7 langkah, yaitu inisialisasi parameter, membangkitkan solusi awal, tahap lebah pekerja, pemilihan solusi, tahap lebah penjaga, ganti solusi, dan tahap lebah pengintai. Dalam menyelesaikan permasalahan CVRP dengan menggunakan algoritma Artificial Bee Colony dibutuhkan proses yang panjang. Oleh sebab itu, untuk mempermudah pencarian rute, diimplementasikan ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.

References

Szeto, W.Y., Wu, Yongzhong & Ho, Sin C. 2011. An Artificial Bee Colony Algorithm For The Capacitated Vehicle Routing Problem. European Journal of Operational Research 215 (2011) 126-135.

Pratama, Rendra F. 2012. Penyelesaian Travelling Salesman Problem (TSP) dengan Menggunakan Artificial Bee Colony. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Karaboga, D. & Basturk, B. 2008. On The Performance Of Artificial Bee Colony (ABC) Algorithm. Applied Soft Computing 8 (2008) 687-697.

Brajevic, Ivona. 2011. Artificial Bee Colony Algorithm for The Capacitated Vehicle Routing Problem. Proceedings of the European Computing Conference.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Setyowati, D. ., Purwanto, P., & Yunus, M. . (2023). Algoritma artificial bee colony pada capacitated vehicle routing problem (CVRP) dan implementasi programnya. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(8). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3621

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)