Pengembangan game edukasi matematika materi bangun datar dalam bentuk teka-teki silang (TTS)

Authors

  • Iga Anastesya Puspawardani Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mahmuddin Yunus Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Lucky Tri Oktoviana Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang merupakan dasar dari semua ilmu pengetahuan. Matematika juga sering dianggap sebagai ilmu pengetahuan yang sulit dipelajari bagi sebagian siswa. Salah satu materi yang dianggap sulit adalah materi bangun datar. Untuk itu, siswa membutuhkan salah satu alternatif pilihan cara belajar yang menarik yaitu game tentang materi bangun datar seperti game teka-teki silang yang dimainkan dengan perangkat bergerak seperti PC atau laptop. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi matematika materi bangun datar dalam bentuk teka-teki silang (TTS). Pembuatan game Edukasi Matematika tentang Materi Bangun Datar dalam Bentuk Teka-Teki Silang (TTS) memanfaatkan software Adobe Flash Profesional CS6 dengan model perancangan waterfall yang terdiri dari: (1) analisis kebutuhan sistem; (2) sistem desain; (3) implementasi; (4) uji coba; (5) penyebaran; dan (6) perawatan. Hasil rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi adalah sebesar 87% dan dikategorikan valid dan layak digunakan terutama untuk anak sekolah tingkat SMP sederajat.

References

Galih, Purnama Ari.2013. Perancangan Game Edukasi Matematika untuk Anak SD Kelas III. Bandung. Jurnal Online: elib.unikom.ac.id/dowload.php?id=136744. UNIKOM. Diakses 14 Maret 2015

Mulyati. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Preview-Question-Read-Reflekt-ReciteReview: Bandung. Jurnal Online: repository.upi.edu. Universitas Pendidikan Indonesia.

Shadiq, Fadjar.2008. Untuk apa Belajar Matematika?, (online),

http: //fadjarp3g.wordpress.com/2008/12/22/untuk-apa-belajar-matematika/). Diakses 14 Maret 2015.

Silalahi, Patris.2015. Perbedaan Hasil Belajar Matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan metode ekspositori pada materi bangun datar segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Pangururan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Medan: UNIMED

Subana, dkk. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Sudarmawan dan Ariyus.2007. Interaksi Manusia & Komputer. Yogyakarta:Andi.

http://library .binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-1-00649-IF%20Bab2001.pdf).Diakses pada 24 maret 2015.

Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Puspawardani, I. A. ., Yunus, M. ., & Oktoviana, L. T. . (2023). Pengembangan game edukasi matematika materi bangun datar dalam bentuk teka-teki silang (TTS). Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(8). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3618

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)