Game edukasi informasi pariwisata untuk mencari lintasan terpendek dengan menggunakan algoritma bellman-ford

Authors

  • Huda Ansyari Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mimiep Setyowati Madja Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mahmuddin Yunus Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Perkembangan game saat ini sangat pesat. Dengan semakin berkembangannya game membawa dampak positif dan negatif, game dapat menyebabkan seseorang menjadi pemalas dan tidak bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Selain itu game secara tidak langsung dapat mempengaruhi perilaku para pemainnya. Game akan berdampak positif jika membantu meningkatkan kecerdasan seseorang. Salah satu jenis game yang dapat meningkatkan kecerdasan anak adalah game berjenis educational. Dengan bermain educational game, pemain bisa mendapatkan dua hal yang bermanfaat, yaitu sebagai media hiburan alternatif dan juga sekaligus dapat mengasah pola berfikir anak.Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan educational game. Dalam game ini menerapkan salah satu algoritma dari masalah Short Path yaitu algoritma Bellman-Ford. Pemain dalam game ini akan ditugaskan untuk mencari lintasan terpendek dari suatu tempat wisata menuju tempat wisata yang lain di daerah Batu. Game ini dibuat menggunakan software Adobe Flash Professional CS6. Hasil dari penelitian ini adalah paket program educational game yang diberi nama “Lintasan Terpendek Pariwisata Batu”. Kelebihan game ini adalah peta yang digunakan disesuaikan dengan keadaan aslinya sehingga informasi lintasan terpendek jelas. Dalam game ini juga terdapat pembahasan masalah menggunakan algoritma Bellman-Ford secara lengkap. Kekurangan dari game ini terletak pada tampilan yang masih sangat sederhana dan animasi yang masih sedikit.

References

Aldous, Joan, Robin J. Wilson. 2000. Graph and Application An Introductory Approach. London: Springer.

Gerantabee, Fred. Dkk. 2012. Adobe Flash Profesional CS6 Digital Classroom. Canada.

Irvanizam, Zamanhuri. 2013. Makalah : Media Pembelajaran dalam Penentuan Lintasan Terpendek pada Suatu Graf Berbobot Menggunakan Algoritma Bellman-Ford, Makalah disajikan pada seminar nasional informasi dan komunikasi, Medan, 13-14 Maret 2013. (Online), (http://cs.unsyiah.ac.id/~irvanizam/publikasi/2005-2013/06.pdf), diakses 28 Februari 2014.

Karim, M. T. 2012. Perancangan Game Edukasi Mengingat Isi Dan Tempat Guna Meningkatkan Daya Ingat Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.

Marwati, R 2003. Pemrograman Komputer untuk Matematika. Bandung: JICA.

Nisaa’, Henny Khoirun. 2013. Prototype Educational Game Pencarian Lintasan Terpendek Menggunakan Algoritma Dijktstra. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.

Rosen, Kenneth H. 2000. Handbook of Discrete and Combinatorial Mathematics. New York: CRC Press.

Satyananda, D. 2012. Struktur Data. Modul tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.

Suriantoso, V.2006. Perancangan Visual Game Animasi “Short Path Puzzle” Beserta Media Promosinya. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Trollip, S., R. & Alessi, S., M. 1991. Computer Based Instructional: Method and Development. Prentice Hall.

Yamasari, Y. 2010. Makalah : Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yag Berkualitas. Makalah disajikan pada seminar nasional Pascasarjana X-ITS, Surabaya, 4 Agustus 2010. (Online), (http://pasca.if.its.ac.id), diakses 28 Februari 2014.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Ansyari, H. ., Madja, M. S., & Yunus , M. . (2023). Game edukasi informasi pariwisata untuk mencari lintasan terpendek dengan menggunakan algoritma bellman-ford. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(12). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3665

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)