Perancangan eyes math game sebagai metode pengenalan matematika untuk anak usia dini

Authors

  • Luluk Nur Hidayati Irsyad Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mahmuddin Yunus Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan matematika kepada anak usia dini sehingga memerlukan media, agar mudah dipahami dan dipelajari. Karena pada dasarnya anak usia dini lebih menyukai bermain dari pada belajar sehingga game merupakan media yang dapat digunakan untuk memperkenalkan matematika kepada anak usia dini. Game eyes math adalah game edukasi yang memperkenalkan matematika kepada anak usia dini. Usia dini disini berkisar antara 4 – 6 tahun. Di mana pada usia tersebut anak mulai/telah memasuki pendidikan dasar atau TK. Pada sekolah TK, anak mulai memperoleh pelajaran dasar matematika. Game eyes math ini dirancang berdasarkan pelajaran matematika TK, sehingga sesuai dengan kebutuhan anak. Game ini terdiri 9 pilihan permainan yaitu, pola, klasifikasi, bilangan, ukuran, bentuk: bangun datar, bentuk: bangun ruang, statistika, dan aritmatika. Setiap pilihan permainan memuat 3 level yang bisa dipilih tanpa harus menyelesaikan level yang lebih rendah. Namun jika memilih level yang lebih rendah, maka harus mempunyai skor/nilai sempurna agar bisa lanjut ke level yang lebih tinggi. Game ini dirancang dengan menggunakan metode prosedural atau model diskripftif. Uji kelayakan game  dilakukan oleh ahli media atau dosen validator, 3 orang guru PAUD dan TK, 1 orang mahasiswa bimbingan konseling (BK), dan 6 anak usia dini berkisar antara 4-6 tahun. Hasil validasi dari dosen validator mendapat persentase sebesar 94,25%; 87,12% untuk uji lapangan kepada 3 guru PAUD dan TK; 96,32% untuk uji lapangan kepada mahasiswa BK, dan 91,79% untuk uji coba lapangan kepada 6 anak usia dini. Hasil rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi adalah sebesar 92,37% dan dikategorikan valid.

References

Purmadya, Ranti. Muhamad Munir. Pengembangan Game Edukasi Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran TIK untuk Siswa Kelas 3 SD Negeri Pujokusuman 2 Yogyakarta. Yogyakarta: http://eprints.uny.ac.id/10185/1/Jurnal%20Game%20Edukasi%20Ular%20Tangga.pdf. Diakses Kamis, 14 Maret 2013

Mulyati. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Preview-Question-Read-Reflekt-Recite-Review: Bandung. Jurnal Online: repository.upi.edu. Universitas Pendidikan Indonesia.

Galih, Purnama Ari .Perancangan Game EdukasiMatematika untuk Anak SD Kelas III. Bandung. Jurnal Online: elib.unikom.ac.id/dowload.php?id=136744. UNIKOM. Diakses Kamis, 14 Maret 2013

Borg, Walter R. Dkk. 2007. Educational Research. America: United Stated of America

Mudjito. 2007. Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak: Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Irsyad, L. N. H. ., & Yunus, M. (2023). Perancangan eyes math game sebagai metode pengenalan matematika untuk anak usia dini. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(9). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3632

Issue

Section

Articles