Implementasi algoritma generic preflow push dalam pencarian aliran maksimum pada jaringan listrik

Authors

  • Finda Mardikasari Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Purwanto Purwanto Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mahmuddin Yunus Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Maksimum Flow Problem merupakan suatu permasalahan dalam pencarian aliran maksimum pada suatu jaringan yang memiliki titik sumber (source) dan titik tujuan (sink). Algoritma Generic Preflow Push merupakan algoritma yang bekerja bertahap dengan menggunakan aliran semu atau preflow dan mendorong menuju titik yang paling dekat dengan titik tujuan (sink) dengan tujuan mendapatkan nilai excess yang besar menggunakan metode push/relabel. Pada Maximum Flow Problem algoritma ini terdiri dari 4 langkah yaitu konstruksi jaringan sisa, inisialisasi preflow dan label titik, pencarian titik aktif, dan push/relabel. Dalam menyelesaikan permasalahan pencarian aliran maksimum dengan menggunakan algoritma Generic Preflow Push dibutuhkan proses yang panjang. Oleh sebab itu, untuk mempermudah pencarian rute, diimplementasikan ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0.

References

Farizal, T. 2013. Pencarian Aliran Maksimum dengan Algoritma Ford – Fulkerson ( Studi Kasus pada Jaringan Listrik Kota Tegal ). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Goldberg, A.V. dan R. E. Tarjan.1988. A New Approach to the Maximum-Flow Problem. Journal of the Association for Computing Machinery, Vol.4.

Atallah, M. J. dan Marina B. 2010. Algorithms and Theory of Computation Handbook, Second Edition, General Concepts and Techniques. USA: Taylor and Francis Group, LLC.

Park, J. 2015. Network Flow Problems. Stanford University.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Mardikasari, F. ., Purwanto, P., & Yunus, M. (2023). Implementasi algoritma generic preflow push dalam pencarian aliran maksimum pada jaringan listrik. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(11). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3658

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)