Game matematika berbasis mobile

Authors

  • Galandaru Swalaganata Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Sisworo Sisworo Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mahmuddin Yunus Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Aritmatika adalah bagian dari ilmu matematika yang mempelajari operasi dasar matematika yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pelajaran aritmatika sudah dikenalkan sejak memasuki dunia pendidikan formal. Dalam penyampaiannya dapat digunakan berbagai cara, diantaranya menggunakan garis bilangan atau merepresentasikan dengan benda, seperti kelereng, buku, dan pensil. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, proses penyampaian dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat bergerak. Sebagai contoh smartphone, tablet, dan laptop. Pemaanfaatannya dapat dilakukan dengan membuat game atau permainan. Dengan adanya game yang berkaitan dengan matematika, pengguna tidak hanya dapat melakukan permainan, tetapi juga dapat mengasah kemampuan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matematika. Pembuatan game Gametika memanfaatkan software Adobe Flash Professional CS6 dan runtime aplikasi Adobe Air 3.2 dengan model perancangan waterfall yang terdiri dari: (1) analisis kebutuhan sistem; (2) sistem desain; (3) implementasi; (4) uji coba; (5) penyebaran; dan (6) perawatan. Game ini dapat dijalankan pada smartphone dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau versi android yang lebih baru dan resolusi layar smartphone 320 x 480 pixel. Hasil validasi dari dosen validator 90,5%, hasil validasi uji coba lapangan kepada anak usia 10-13 tahun dan teman sejawat 88,7%, dan hasil validasi uji coba lapangan praktisi lapangan 88,4%. Dengan rata-rata hasil validasi 89,7% permainan mobile ini dinyatakan valid dan layak digunakan terutama untuk anak usia 10-13 tahun.

References

Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi III). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Brossier, V. 2011. Developing Android Applications with Adobe AIR. USA: O’Reilly Media Inc.

Kuswardayan, I., dkk. 2012. Rancangan Bangun Permainan Edukasi Matematika dan Fisika dengan Memanfaatkan Accelerometer dan Physics Engine Box2d pada Android. Jurnal Tekniin ITS, Vol. 1, (Sept, 2012) ISSN: 2301-9271.

Sudarmawan dan Ariyus. 2007. Interaksi Manusia & Komputer. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Swalaganata, G. ., Sisworo, S., & Yunus, M. . (2023). Game matematika berbasis mobile. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(12). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3661

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)