Algoritma belief propagation untuk menyelesaikan masalah minimum cost flow dan implementasi programnya

Authors

  • Nugraheni Novitasari Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mimiep Setyowati Madja Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Masalah distribusi merupakan aplikasi masalah network flow yang erat kaitannya dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu permasalahan dalam penerapan graph yang populer digunakan yaitu permasalahan minimum cost flow. Minimum cost flow merupakan permasalahan untuk mencari biaya minimum dalam mengirimkan suatu barang atau objek dari titik supply (sumber) ke titik demand (tujuan). Algoritma belief propagation merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan minimum cost flow. Pada algoritma belief propagation, pemilihan sisi ditentukan oleh fungsi belief . Kemudian dilakukan perhitungan untuk mengetahui bahwa sisi x ̂^N optimum. Pada skripsi ini dibuat program Borland Delphi 7 untuk mengimplementasikan prosedur pencarian solusi minimum cost flow untuk menentukan fungsi belief yang akan menentukan sisi dari x ̂^N minimum kemudian melakukan perhitungan untuk mengetahui sisi dari x ̂^N optimum

References

Aldous, Joan M. and Wilson, Robin J. 2004. Graphs and Applications An Introductory Approach. London : Springer.

Ahuja, R.K, Magnanti, T. L, dan Orlin, J. B. 1993. Network Flows Theory, Algoritmhs, and Applications. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.

Brunsch, Tobias, Cornelissen, M, Mathey, B, dan Roglin, H.2013. Smoothed Analysis of Belief Propagation for Minimum-Cost Flow and Matching, (Journal of Graph Algorithm and Application), 17 (6): 647-670, (Online), diakses 20 Maret 2014.

Gamarnik, D, Shah, D and Wei, Y. 2014. Belief propagation for min-cost network flow: Convergence and correctness, (Journal Operations Research), 60 (2):410-428, (Online), diakses 22 Maret 2014.

Johsohnbaugh, R. 2001. Discrete Mathematics. New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Novitasari, Nugraheni. 2014. Optimalisasi Biaya Pendistribusian dengan Menggunakan Algoritma Jaringan Simpleks pada Minimum Cost Flow pada Pendistribusian Paket Barang di Jne (Jalur Nugraha Ekakurir) Pusat Malang, (PKL).

Ratnawati. 2010. Penerapan Algoritma Jaringan Simpleks Terhadap Masalah Pendistribusian Surat dan Barang Pada PT. Pos Indonesia (PERSERO) Blitar, (PKL).

Rossen, K.H. 2000. Handbook of Discrete and Combinatorial Mathematics. Washington, D.C : CRC Press.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Novitasari, N. ., & Madja, M. S. . (2023). Algoritma belief propagation untuk menyelesaikan masalah minimum cost flow dan implementasi programnya. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(8). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3616

Issue

Section

Articles