Implementasi algoritma tabu search pada vehicle routing problem With Double Time Windows (VRPDTW)

Authors

  • Ulfa Maulida Rahma Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Sapti Wahyuningsih Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Lucky Tri Oktoviana Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW) yaitu VRP dengan terdapat dua batasan time window. Time window pertama yaitu interval waktu yang digunakan untuk persiapan dan loading di depot dan time window kedua yaitu interval waktu yang digunakan untuk perjalanan kendaraan dari depot ke customer sampai kembali ke depot. Pada artikel ini permasalahan VRPDTW diselesaikan dengan menggunakan algoritma tabu search. Pada algoritma tersebut terdapat 3 tahapan penting yaitu tahap inisialisasi, tahap pengembangan, dan tahap pemilihan solusi terbaik. Selanjutnya agar lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan VRPDTW dengan menggunakan algoritma tabu search, maka direpresentasikan dalam program komputer menggunakan Borland Delphi 7.0. Dalam artikel ini telah diuji coba 6, 15, 20, dan 36 titik.

References

Aldous, Joan and Robin J. Wilson. 2000. Graph and Application. Great Britain : Springer.

Nouaouri Issam, Goncalves Gilles, & Jolly Daniel. (2011). A Hybrid Tabu Search for a Vehicle Routing Problem with Double Time Windows for The Depot and Multiple Use of Vehicle : Case of Fuel Delivery. International Journal of Industrial Engineering Research and Development. ISSN 0976 – 6987, Vol. 2, pp 91-105.

Yeun, C. & Zirour, M. 2008. Vehicle Routing Problem: Models and Solution. Journal Of Quality Measurement and Analysis 4(1): ISSN 1823-5670, pp 205-218.

Zalynda, Putri Mety. 2013. Memecahkan Permasalahan Vehicle Routing Problem with Time Window melalui metode Insertion Heuristic (Study Kasus : PT X Wilayah Bandung). Seminar Nasional. ISSN 2337-4349.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Rahma, U. M. ., Wahyuningsih, S. ., & Oktoviana, L. T. . (2023). Implementasi algoritma tabu search pada vehicle routing problem With Double Time Windows (VRPDTW). Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(8). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3612

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>