Pencerahan Di Film Taare Zameen Par: Menyibak Kisah Guru dengan Sikap Luhur

Authors

  • Abdul Anwaril Majid PPG Universitas Negeri Malang
  • Alifya Devita Novanti PPG Universitas Negeri Malang
  • Lita Suhul Arzhaq PPG Universitas Negeri Malang
  • Nurlailatun Nikmah PPG Universitas Negeri Malang
  • Okky Dinda Wildana PPG Universitas Negeri Malang
  • Ike Ratnawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p462-470

Keywords:

pendidikan, peran guru, karakter luhur

Abstract

Karakter luhur seorang guru yang tercermin dalam film "Taare Zameen Par" dan dampaknya terhadap perkembangan karakter siswa. Guru utama, Ram Shankar Nikumbh, dalam film tersebut memperlihatkan sifat-sifat seperti empati, penerimaan terhadap perbedaan, pemberdayaan, kreativitas dalam pengajaran, keterbukaan, dan kepercayaan pada potensi setiap siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis naratif terhadap struktur cerita dan pengembangan karakter dalam film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film ini memberikan gambaran yang realistis tentang peran seorang guru dalam mendukung perkembangan karakter siswa, khususnya dalam mengatasi kesulitan belajar. Guru Nikumbh berhasil membawa perubahan positif dalam kehidupan siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, dan mengajarkan nilai-nilai hidup. Meskipun beberapa elemen dramatis digunakan, pesan inti film tetap relevan dan dapat menjadi inspirasi dalam konteks pendidikan. Artikel ini menyimpulkan bahwa film "Taare Zameen Par" efektif dalam mentransmisikan nilai-nilai karakter luhur guru dan dapat menjadi model inspiratif untuk pendidikan sejati.

References

Anastasya, Y. A., Julistia, R., Astuti, W., Wahyuni, L., & Khairunnisa. (2023). Psikoedukasi Respect (Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain) dalam Menumbuhkan Budaya Kerja Kooperatif pada Guru SMKN 5 Lhokseumawe. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat. https://www.jp3km.jurnalp3k.com/index.php/j-p3km/article/view/29/35

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595

Arsana, I. K. S. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Jurnal Pendidikan Sosial (Vol. 6, Issue 2). https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/:diakses

Aulia Izzati, U., Rofian, & Basyar, M. A. K. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Film Taare Zameen Par. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(3). http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/index

Kurniawan, M. A., Ysh, A. Y. S., & Artharina, F. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Religius. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 2(2). https://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/1174

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter (Vol. 5). https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2304645&val=13365&title=Peran%20Guru%20Dalam%20Mewujudkan%20Pendidikan%20Karakter

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Wardhani, D. K. (2017). Peran Kesehatan Mental bagi Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/193-198/1703

Yuneta, V. (n.d.). Menghindarkan Perilaku Ghibah Dalam Membentuk Kepribadian Remaja (Vol. 02, Issue 1). Retrieved December 29, 2023, from https://journal.staislantaboer.ac.id/index.php/medikom/article/viewFile/17/17

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Majid, A. A. ., Novanti, A. D. ., Arzhaq, L. S. ., Nikmah, N. ., Wildana, O. D. ., & Ratnawati, I. . (2024). Pencerahan Di Film Taare Zameen Par: Menyibak Kisah Guru dengan Sikap Luhur. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 462–470. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p462-470

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)