Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Aplikasi Comic Strip untuk Meningkatkan Minat Belajar Menggambar Komik Siswa SMP

Authors

  • Angga Pratama Universitas Negeri Malang
  • Ike Ratnawati Universitas Negeri Malang
  • Denik Ristya Rini Universitas Negeri malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p323-337

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Aplikasi Comic Strip, peningkatan minat belajar

Abstract

Terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran Seni Budaya kelas VIII-D SMPN 9 Malang. Permasa-lahan tersebut antara lain rendahnya antusiasme, keterlibatan dan perhatian peserta didik, minim pembelajar berkelompok, pembelajaran berpusat pada guru serta variasi metode belajar kurang. Berdasarkan observasi pratindakan, diketahui bahwa aspek minat belajar siswa belum sepenuhnya maksimal. Selain bertujuan meningkatkan minat belajar, penelitian bertujuan mengetahui kondisi aktivitas pembelajaran pada materi menggambar komik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan metode ob-servasi, angket, wawancara, catatan lapangan dan pendokumentasian. Pendekatan penelitiannya adalah deskriptif-kualitatif, sedangkan data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Pada siklus-satu dan dua diperoleh peningkatan minat sebesar 13,56 persen. Rata-rata minat siklus-satu adalah 63,40 persen dan dikategorikan “sedang” (tingkat persentase 60 persen hingga 69 persen). Sedang­kan siklus-dua rata-rata adalah 76,96 persen dan dikategorikan “tinggi” (tingkat persentase 70 persen hingga 84 persen). Didukung perolehan aktivitas belajar yang meningkat sebesar 18 persen. Pelaksanaan aktivitas belajar siklus-satu adalah 75 persen dan di-kategorikan “sedang”, sedangkan pelaksanaan aktivitas belajar siklus-dua adalah 93,3 persen dan dikategorikan “sangat baik”. Per­olehan minat sebagian besar individu dan klasikal sudah melebihi 70 persen sehingga dikate­gorikan “tinggi”.

Kata kunci: peningkatan; minat belajar; model pembelajaran kooperatif; aplikasi Comic Strip

Implementation of Cooperative Learning Model by Using Comic Strip Application to Increase Comic Drawing Learning Interest for Junior High School Students

There are several problems in learning Cultural and Art in VIII-D class of SMPN 9 Malang. These problems such as low enthusiasm, students’ involvement and attention, less of group learning, teacher centered learning and less variety of learning methods. Based on researcher’s pre-action observation, it is known that the learning interest aspect of students is still not at maximum category. In addition to increasing student’s learning interest, it also aims to determine learning activities condition on comic drawing material through cooperative learning model implementation. Methods for data collection used were observation, questionnaires, interview, field notes and documentation. The research approach is descriptive qualitative, meanwhile the data analyzed by data reduction, data display, and draw for conclusion. On cycles-1 and 2 obtained an increase of interest by 13,56 percent. Average interest of cycle one is 63,40 percent categorized as “moderate” (percentage rate 60 percent to 69 percent). While cycle two average is 76,96 percent categorized as “high” (percentage rate 70 percent to 84 percent). Supported by the acquisition of learning activity achievements which increased by 18 percent. Cycle-one learning achievement implementation is 75 percent (average), meanwhile cycle-two learning achievement implementation is 93,3 percent (very good). Interest acquisition of most individual and classical has exceeded 70 percent (high).

Keywords: improvement; study interest; cooperative learning model; Comic Strip application

References

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Aswan, Z. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 12(2), 167–168. https://doi.org/10.21154/kodifikasia. v12i2.1516

Handayani, T. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Game untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA (Unpublished master’s thesis). Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia.

Haq, S. (2008). Jurus-Jurus Menggambar dan Mewarnai dari Nol. Yogyakarta: Mitra Barokah Abadi Press.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kunandar. (2010). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (2ed.). Jakarta: PT. Indeks.

Maharsi, I. (2011). Komik: Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyawati, L. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Syamtalira Bayu. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 636–647. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Diambil dari http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21348

Nai, F. A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran: Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK (1ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Narestuti, A. S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058 /bioed.v6i2.3756

Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 201–222. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.78

Pratini, P. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VIII-B SMPN 18 Mataram Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 1(2), 136–143. https://doi.org/10.33394/jk.v1i2.417

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar, 2(1), 14–18.

Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/ Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Rusman, R. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (2ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soehardjo, A. J. (2011). Pendidikan Seni: Strategi Penataan dan Pelaksanaan Pembelajaran Seni. Malang: Bayumedia Publishing.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukasih, N. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16136

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Uno, H. B. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, E., Zaki, A., & SmitDev Community. (2014). 3 in 1: Javascript, jQuery, dan jQuery Mobile. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Pratama, A., Ratnawati, I., & Ristya Rini, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Aplikasi Comic Strip untuk Meningkatkan Minat Belajar Menggambar Komik Siswa SMP. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(3), 323–337. https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p323-337

Issue

Section

Articles