Visualisasi Artistik Kaligrafi Arab sebagai Ide Penciptaan Aksesoris Interior Batik Tulis
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p518-540Keywords:
kaligrafi arab, batik kaligrafi, batik tulis, aksesoris interiorAbstract
Kaligrafi arab memiliki keunikan tersendiri dari segi bentuk maupun susunan hurufnya. Selain memiliki fungsi sebagai bahasa visual dalam Al-Qur’an dan Hadis, kaligrafi juga memiliki fungsi dekoratif sebagai hiasan pada dinding-dinding masjid, rumah, dan sekolah. Pada umumnya pengaplikasian kaligrafi masih sebatas dekorasi berupa hiasan-hiasan dinding. Kurangnya pengrajin yang mengaplikasikan kaligrafi dalam bentuk aksesoris interior lain, seperti kap lampu, tirai, hingga jam dinding. Aksesoris interior sendiri memiliki peran penting untuk menciptakan suasana indah dan nyaman dalam sebuah rumah. Dari permasalahan tersebut perlunya inovasi baru dengan mengaplikasikan kaligrafi arab pada sebuah aksesoris interior. Tujuan dari penciptaan karya ini untuk menghasilkan karya batik tulis terapan dengan inspirasi motif utama dari visualisasi artistik kaligrafi arab. Dalam perwujudan karya batik tulis terapan ini diperlukan metode penciptaan seni yaitu metode Gustami yang terdiri dari tiga tahap meliputi, eksplorasi ide, pengolahan sumber ide ke dalam konsep penciptaan karya, dan perwujudan konsep penciptaan dalam bentuk karya secara utuh. Hasil penelitian ini menciptakan 6 karya batik kaligrafi yang berjudul Bingkai Makna, Lingkar Kata, Cahaya Jiwa, Masa, Nawaitu, dan Tirai Iman. Karya tersebut diwujudkan dalam bentuk aksesoris interior yang memiliki nilai guna juga keindahan dalam sebuah ruang interior.
Kata kunci: kaligrafi Arab; batik kaligrafi; batik tulis; aksesoris interior
Artistic Visualization of Arabic Calligraphy as The Idea of Creating Batik Interior Accessories
Arabic calligraphy has its own uniqueness in terms of the shape and arrangement of the letters. In addition to having a function as a visual language in the Qur'an and Hadith, calligraphy also has a decorative function as decoration on the walls of mosques, houses, and schools. In general, the application of calligraphy is still limited to decorations in the form of wall decorations. The lack of craftsmen who apply calligraphy in the form of other interior accessories, such as lampshades, curtains, to wall clocks. Interior accessories themselves have an important role to create a beautiful and comfortable atmosphere in a house. From this problem, there is a need for new innovations by applying Arabic calligraphy to an interior accessory. The purpose of creating this work is to produce applied batik works with the inspiration of the main motifs of artistic visualization of Arabic calligraphy. In the embodiment of applied batik writing, an art creation method is needed, namely the Gustami method which consists of three stages including, exploration of ideas, processing of sources of ideas into the concept of creating works, and the embodiment of the concept of creation in the form of works as a whole. The results of this study created 6 calligraphy batik works entitled Frame of Meaning, Circle of Words, Light of Soul, Time, Nawaitu, and Curtain of Faith. The work is manifested in the form of interior accessories that have use value as well as beauty in an interior space.
Keywords: Arabic calligraphy; batik calligraphy; batik tulis; interior accessories
References
A’yun, H. Q. (2019). Transformasi bentuk kepiting bakau ke dalam aksesoris interior ruang tamu. Institutional Respository, 63(May), 9–57. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008
Al-Bahrani, M. W. K., Ratnawati, I., & Prasetyo, A. R. (2022). Nilai Pendidikan Kesenian Wayang Beber Pacitan sebagai Ide Penciptaan Ilustrasi Dekoratif Digital. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11), 1505–1524. https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1505-1524
Fauzi’ah, R. (2015). Visualisasi Kaligrafi Arab dalam Karya Seni Batik Tulis Sebagai Hiasan Dinding. Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2047
Fitriani, L. (2012). Seni Kaligrafi: Peran dan kontribusi terhadap peradaban Islam. EL-HARAKAH. https://doi.org/0.18860/el.v0i0.2014
Gala, S., Kusuma, H. S., Sudrajat, R. G. M., Susanto, D. F., & Mahfud. (2016). Ekstraksi bahan pewarna alami dari kayu mahoni (swietenia mahagoni) menggunakan metode mae (microwave assisted extraction). Jurnal Teknik Kimia, 11(1), 7–13.
Gustami, S. (2007). Proses Penciptaan Seni Kriya “Untaian Metodologis”, Progam Penciptaan Seni Pasca Sarjana, Institut Seni Indonesia. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Honggowidjaja, S. P. (2003). Menyadari potensi aksesoris dalam upaya penghadiran sebuah tempat. Dimensi Interior, 1, 127–140. https://dx.doi.org/10.9744/interior.1.2.pp.%20127-140
Makin, H. N. (1995). Kapita Selekta Kaligrafi Islam (1st ed.). Jakarta: Pustaka Panjimas.
Nur, F. S., & Ubaedy, A. (2020). Mahfuzhat (Kumpulan Kata Mutiara Islam Arab yang diajarkan di Pondok Pesantren dan Madrasah (1st ed.; Y. Indrayadi, A. Maftuhin, & A. Khudlori, eds.). Jakarta Selatan: Rene Islam.
Pujilestari, T. (2017). Optimalisasi pencelupan kain batik katun dengan pewarna alam tingi (Ceriops tagal) dan indigofera Sp. Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, 34(1), 53. https://doi.org/10.22322/dkb.v34i1.2606
Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana (Elemen-elemen Seni dan Desain) (2nd ed.). Yogyakarta: JALASUTRA.
Sirojuddin, D. (2020). Seni Kaligrafi Islam (2nd ed.; N. L. Nusroh, ed.). Jakarta: AMZAH.
Suantara, D., Oktaviani, E., & Siregar, Y. (2018). Eksplorasi teknik shibori dalam pengembangan desain motif tradisional Indonesia pada permukaan kain sandang. Arena Tekstil, 32(2), 67–76. https://doi.org/10.31266/at.v32i2.3304
Sugiarto, A. (2010). Penggarapan Kaligrafi Arab dalam Perancangan Motif untuk Tirai Ruang Tamu.
Taradhin, M. R., Widodo, T., & Prasetyo, A. R. (2021). Manusia dan Plastik sebagai Sumber Ide Fotografi Digital Imaging. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(11), 1523–1531. https://doi.org/10.17977/um064v1i112021p1523-1531
Utami, N. K. Y. (2016). Implementasi aplikasi polyvore dalam pembuatan moodboard aksesoris desain interior. Jurnal Desain Interior, III.
Wulandari, A. (2011). Batik Nusantara (Makna, Filosofis, Cara Pembuatan, dan Industri Batik) (1st ed.; M. N. K, ed.). Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alfiatus Sholicha, Ike Ratnawati, Swastika Dhesti Anggriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.