Representasi Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Si Jamin dan Si Johan Karya Merari Siregar serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1351-1368

Keywords:

Pendidikan Karakter, Novel, Thomas Lickona

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the representation of character education in the novel Si Jamin and Si Johan by Merari Siregar based on Thomas Lickona's theory of character education and the relevance of character education to learning Indonesian Language in high school. This study uses a qualitative approach and applies the content analysis method by Krippendorff. Data collection techniques in this study used reading and note-taking techniques. Data analysis of this study using Krippendorff content analysis method. The results showed that (1) the representation of character education values in the form of honesty, compassion, courage, compassion, self-control, cooperation, and hard work from the novel Si Jamin and Si Johan by Merari Siregar, characters that don't appear in the whole story are cooperative characters and (2) found the relevance between character values in the novel with the implementation of KD 3.11 and 4.11 Indonesian Language learning in class XI high school.

Keywords: character education; novel; Thomas Lickona

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi pendidikan karakter dalam novel Si Jamin dan Si Johan karya Merari Siregar berdasarkan teori pendidikan karakter milik Thomas Lickona serta relevansi pendidikan karakter dengan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menerapkan metode analisis isi oleh Krip­pendorff. Metode analisis isi digunakan untuk menganalisis karya sastra meliputi nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat dalam novel Si Jamin dan Si Johan karya Merari Siregar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik membaca dan mencatat. Analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis isi Krippendorff. Hasil penelitian menunjukkan adanya (1) represent­tasi nilai pendidikan karakter berupa kejujuran, belas kasih, kegagahberanian, kasih sayang, kontrol diri, kerja sama, dan kerja keras dari dalam novel Si Jamin dan Si Johan karya Merari Siregar, karakter yang tidak nampak dalam keseluruhan cerita adalah karakter kerja sama, serta (2) ditemukan relevansi antara nilai karakter dalam novel dengan pelaksanaan pembelajaran KD 3.11 dan 4.11 bahasa Indonesia kelas XI Sekolah Menengah Atas.

Kata kunci: pendidikan karakter; novel; Thomas Lickona

References

Aisyah, S. (2019). Menanamkan nilai kejujuran sebagai revolusi mental sada generasi penerus bangsa. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 6(2), 101–108. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/2028

Anis, M. (2010). Quantum al-Fatihah; Membangun konsep pendidikan berasis surah al-Fatihah. Yogyakarta: Pedagogia.

Elviana, P. S. (2017). Pembentukan sikap mandiri dan tanggung jawab melalui penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 134–144. doi: http://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1643

Ensiklopedia Sastra Indonesia. (n.d.). Merari Siregar (1896-1940). Retrieved June 23, 2022 from http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Merari_Siregar

Gunarsa, S. D. & Gunarsa, Y. S. (2001). Psikologi praktis: Anak, remaja dan keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Helmawati. (2017). Pendidikan karakter sehari-hari. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hermawan, D. & Shandi. (2019). Pemanfaatan hasil analisis novel Seruni karya Almas Sufeeya sebagai bahan ajar Sastra di SMA. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 11–20. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis/article/view/125

Ibrahim, T., Kesuma, D., Robandi, B., & Riyadi, A.R. (2017). Profil karakter guru pembelajar: Sebuah kerangka konseptual. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 8–22. doi: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.11

Ikhwanuddin. (2012). Implementasi pendidikan karakter kerja keras dan kerja sama dalam perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 153–163. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1300

Inten, D. N. (2017). Penanaman kejujuran pada anak dalam keluarga. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1), 35–36. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/5907

Irma, C.N. (2018). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 11(1), 14–22. doi: https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4888

Jacobs, J. (2019). Compassion in the workplace. Retrieved from https://www.pacificprime.com/blog/compassion-in-the-workplace.html

Krippendorff, K. (2004). Content analysis: An introduction to its methodology (2nd ed.). California: Sage Publications.

Lawasi, E. S., & Triatmanto, B. (2017). Pengaruh komunikasi, motivasi dan kerjasama tim terhadap peningkatan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 47–57. doi: https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1313

Lickona, T. (2012). Persoalan Karakter [Character matter] (J. W. Wamaungu & J. A. R. Zien, Trans.; U Wahyuddin & Suryani, Eds.). Jakarta: Bumi Aksara.

Marsela, R.D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/567

Marwa, A., & Kamalia, N. (2020). Representasi pendidikan karakter di film Dua Garis Biru berdasarkan perspektif Thomas Lickona. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 32–41. Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1074

Mendler, A. N. (2010). Mendidik dengan hati: Kiat membina hubungan belajar mengajar yang akrab dengan murid (E. Azwaldi, Trans.). Bandung: Kaifa.

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan karakter mandiri anak melalui kegiatan naik transportasi umum. Jurnal Comm-Edu, 2(2), 113–118. doi: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan kerja sama dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. doi: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.410

Putra, H. E. (2014). Kekerasan terhadap anak dalam novel Si Jamin dan Si Johan karya Merary Siregar. Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2). Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/317138

Rahmatullah, A. S. (2014). Konsepsi pendidikan kasih sayang dan kontribusinya terhadap bangunan psikologi pendidikan Islam. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 29–52. doi: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2014.5(1).29-52

Samrin. (2016). Pendidikan karakter (sebuah pendekatan nilai). Al-Ta’dib, 9(1), 120–143. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/505

Sariasih. (2017). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Sutasoma karya Cok Sawitri dan relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII. JIPP: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 32–37. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/11959

Shoimah, L., Sulthoni, S., & Soepriyanto, Y. (2018). Menanamkan pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206

Siregar, M. (1992). Si Jamin dan Si Johan. Jakarta: Balai Pustaka.

Supriyantini, & Arifin, E. Z. (2019). Nilai pendidikan dan moral dalam novel “Dendam” Si Yatim-Piatu karya Sintha Rosse. Jurnal Pujangga, 5(1), 47–75. Retrieved from http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/731

Wadu, L. B., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan nilai kerja keras dan tanggung jawab dalam ekstrakurikuler pramuka di Sekolah Dasar. JBPD: Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 100–106. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/3571

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Rizkian, S., & Fawzi, A. (2022). Representasi Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Si Jamin dan Si Johan Karya Merari Siregar serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1351–1368. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1351-1368

Issue

Section

Articles