Analisis Dampak Negatif Penggunaan Smartphone pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Perilaku Anak Kelas V SD

Authors

  • Soniya Putri Wulandari Universitas Negeri Malang
  • Siti Umayaroh Universitas Negeri Malang
  • Putri Mahanani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p456-464

Keywords:

negative impact, smartphone, online learning, dampak negatif, smartphonepembelajaran daring

Abstract

Abstract: This study is aimed to discover the negative impacts on the use of smartphone in children, their causing factors, and the means to minimalize them. This study used a qualitative research method with case study research type. The result of this study showed that the negative impacts of the use smartphone were: (1) addicted to play smartphones, (2) less discipline, (3) frequently told lies, (4) slower in understanding the lesson, and (5) influence on their behaviors. Factors that caused those negative impacts were (1) little supervision and limitation on the use of smartphones from parents, (2) the parents always obey all the students wishes, (3) addicted to online games , and (4) influence from the students’ environment. The means that can be done in order to minimize the negative impacts were (1) the teachers should give the clear schedule of online learning (2) the parents should give time limitation on the use of smartphones, and (3) the parents monitor the applications that used by the students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif penggunaan smartphone pada anak, faktor penyebab timbulnya dampak negatif tersebut, serta upaya meminimalisir timbulnya dampak negatif dari penggunaan smartphone pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dampak negatif dari penggunaan smartphone yaitu: (1) kecanduan bermain smartphone, (2) menurunnya kedisiplinan siswa, (3) siswa menjadi sering berbohong, (4) lambat dalam  menerima pembelajaran, dan (5) mempengaruhi perilaku siswa. Faktor yang menyebabkan timbulnya dampak negatif tersebut yaitu: (1) kurangnya pengawasan, pendampingan, dan pembatasan penggunaan smartphone dari orangtua, (2) orangtua selalu menuruti segala keinginan siswa, (3) kecanduan game online, dan (4) pengaruh dari lingkungan bermain siswa. Upaya yang telah dilakukan untuk meminimalisir timbulnya dampak negatif yaitu: (1) guru memberikan jadwal pembelajaran daring yang jelas, (2) orangtua memberi batasan waktu dalam penggunaan smartphone, dan (3) orangtua memantau aplikasi yang digunakan oleh siswa.

References

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan smartphone dalam menunjang aktivitas perkuliahan oleh mahasiswa FISPOL UNSRAT Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1). Dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15482.

Khasanah, M. (2019). Studi Kasus Dampak Penggunaan Smartphone yang Tidak Proporsional Terhadap Perilaku Tantrum Anak Usia 2 Tahun-12 Tahun di Dampyak Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Skripsi tidak diterbitkan. Tegal: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti.

King, D. L., & Delfabbro, P. H. (2018). Internet gaming disorder: Theory, assessment, treatment and prevention. New York: Academic Press.

Mahanani, P., Umayaroh, S., & Roebyanto, G. (2020). Creativity of Junior High School Teacher in Learning in the Time of Covid-19. In 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020) (pp. 558-561). Atlantis Press. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.296.

Maulida, H. (2013). Menelisik pengaruh penggunaan aplikasi gadget terhadap perkembangan psikologis anak usia dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. United States of America: SAGE Publications.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148-158. DOI: 10.22146/buletinpsikologi.47402.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1). Dari https://www.prosiding.seminarid.com/index.php/sainteks/article/view/122.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722-731. Dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/4821.

Setiawan, H. H. (2016). Pendekatan Sistemik Menangani Penyimpangan Perilaku Anak. Sosio Informa, 2(1). DOI: https://doi.org/10.33007/inf.v2i1.132.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Kemendikbud (online), (https://www.kemendikbud.go.id), diakses 14 Januari 2021.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ jisd.v3i4.22310.

Tandali, A. N., & Egam, P. P. (2011). Arsitektur berwawasan perilaku (behaviorisme). Media Matrasain, 8(1). Dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmm/article/view/314.

Xu, Z., Turel, O., & Yuan, Y. (2012). Online game addiction among adolescents:

Motivation and prevention factors. European Journal of Information Systems, 21(3), 321–340. DOI: 10.1057/ejis.2011.56.

Zulfitria, Z. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 1(2). Dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2502.

Downloads

Published

26-07-2021

How to Cite

Wulandari, S. P. ., Umayaroh, S. ., & Mahanani, P. (2021). Analisis Dampak Negatif Penggunaan Smartphone pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Perilaku Anak Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 456–464. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p456-464

Issue

Section

Articles