PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA BERGAUL DENGAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS X DI SMAN Y MALANG

Authors

  • Alifia Aizah Fitriah Universitas Negeri Malang
  • Irene Maya Simon Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pengembangan media monopoli, Bimbingan kelompok, Etika bergaul dengan teman sebaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terkait dengan materi etika bergaul dengan teman sebaya melalui pengembangan media monopoli menggunakan layanan bimbingan kelompok bagi siswa kelas X di SMAN Y Malang. Metode dalam artikel ini adalah kualitatif dengan model penelitian dan pengembangan (R&D). Sampel dalam artikel ini 6 siswa, serta pengumpulan data dalam artikel ini melalui hasil observasi dan hasil analisis AKPD yang telah dibagikan kepada siswa kelas X. Hasil dalam artikel ini menunjukkan bahwa penerapan pengembangan media monopoli tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi etika bergaul dengan teman sebaya secara lebih optimal. Hal tersebut terlihat dari siswa yang terlibat dalam layanan ini mampu menjawab semua pertanyaan yang ada dalam kotak materi maupun kotak praktek yang telah tersedia di papan monopoli dengan baik. Selain itu, untuk lebih meningkatkan ketertarikan siswa untuk memahami materi, penulis juga telah menerima saran dari guru pamong untuk memperbaiki media monopoli dengan menggunakan design yang lebih menarik, misalnya dengan memanfaatkan aplikasi canva untuk membantu penulis dalam memperbaiki gambar, kotak materi, dan kotak praktek dalam papan monopoli sehingga lebih menarik bagi siswa dan mampu menciptakan layanan yang lebih interaktif.

References

Azizah H. F. (2020). Realisasi Etika Pergaulan dengan Teman Sebaya. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali.

Etsukrilasa, Indri Astuti, dkk. (2022). Pengembangan Video Animasi Layanan Bimbingan Kelompok tentang Etika Bergaul pada Siswa SMP. Jurnal Education and Development, Vol. 10 No. 01, 172.

Hartanti, J. (2022). Tinjauan Teoritis Bimbingan Kelompok. Tulungagung: UD Duta Sablon.

Laily Nurmalia, Iswan, dkk. (2022). Pengembangan Media Monopoli Pembelajaran IPA Materi "Sumber Energi" pada Siswa Kelas IV SDN Margahayu VI. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 3.

Pamungkas, A. (2020). Materi Media Bimbingan Konseling. Kalimantan Tengah: BKI FUAD IAIN Palangkaraya.

Santoso. (2022). Etika sebagai Landasan Perilaku Sehari-Hari. Universitas STEKOM.

Thalib, A. S. (2020). Pengembangan Media BK Permainan Monopoli Truth and Dare untuk Meningkatkan Self Confidence pada Siswa di SMPN 8 Makassar. Makassar: Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Wiwin Yuliani, N. B. (2021). Metode Penelitian Pengembangan dalam Bimbingan dan Konseling. Quanta, Vol. 5 No. 3, 115-116.

Downloads

Published

12-06-2024

How to Cite

Fitriah, A. A., & Simon, I. M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA BERGAUL DENGAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS X DI SMAN Y MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 12. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5605

Issue

Section

Articles