IMPLEMENTASI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI PENDIDIKAN YANG BERPIHAK PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 4 MALANG
Keywords:
Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis karakter nilai yang terdapat dalam profil pelajar pancasila dalam pembelajaran IPS. Profil pelajar pancasila menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter dalam pendidikan nasional yang diharapkan berpihak pada peserta didik. Hal-hal yang dikaji meliputi metode yang digunakan untuk menguatkan karakter profil pelajar pancasila yang sesuai, faktor yang pendukung dan faktor penghambat implementasi karakter profil pelajar pancasila dalam pembelajaran IPS sebagai pendidikan yang berpihak pada peserta didik di SMPN 4 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif beracuan dengan studi literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan diperkuat dengan kajian pustaka. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran IPS yang memihak pada peserta didik di SMPN 4 Malang. Keenam indikator karakter profil pelajar pancasila telah termuat dalam kegiatan yang ada di sekolah. Profil pelajar pancasila di sekolah terealisasi dengan cukup baik meskipun terdapat tantangan-tantangan yang harus dihadapi dalam penghayatan nilai pancasila pada pendidikan yang berpihak pada peserta didik dalam pembelajaran di lingkungan sekolah.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980
Affandi, N. R. D., Hartawan, Y., & Al Aqilah, L. Z. (2022). GAYA KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PEREMPUAN:(Studi Kualitatif Deskriptif dr. Hj. Cellica Nurrchadiana Sebagai Bupati Kabupaten Karawang Dari Perspektif Ilmu Komunikasi). Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 249-257
Aulia, R., & Wandini, R. R. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4034-4040
AURELLY, V. (2023). UPAYA MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PONTIANAK (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK)
Dewi, R. T., Ardhyantama, V., & Khalawi, H. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN)
Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11
Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629-646
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238
Istiqomah, N., Shaleh, S., & Hamzah, A. (2023). Strategi Pembelajaran PPKn dalam Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 627-637
Palito, M. Z. (2022). Pentingnya Manajemen Konflik di dalam Komunikasi Antarbudaya Agar Terhindarnya Miskomunikasi yang Dapat Menyebabkan Perpecahan. LINTAS BUDAYA DI ERA, 5, 111
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915
Rizqullah, T. M., & Najicha, F. U. (2022). Pegimplementasian Ideologi Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2630-2633
SAFIRA, M. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS X DI SMA NEGERI 1 PUTUSSIBAU KABUPATEN KAPUAS HULU (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK)
Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116-128
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583
Tanu, I. K. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19-29
Uktolseja, N. F., Nisa, A. F., Arafik, M., & Wiarsih, N. (2022, May). Penanaman nilai-nilai profil pelajar pancasila melalui pembelajaran tematik berbasis project based learning di sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1, No. 1, pp. 151-158)
Qulsum, D. U. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315-330
Wati, S. R., & Al Hudawi, U. S. M. A. N. (2023). Profil Pelajar Pancasila dalam Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Ppkn. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 12(1), 14-23
Yusra, I. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran IPS. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 5(1), 83-92
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.