INTEGRASI MATA PELAJARAN PRODUKTIF DENGAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENCETAK PELUANG KARIR BAGI LULUSAN SMK

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Devi Anjani Universitas Negeri Malang

Keywords:

Kewirausahaan, Mata pelajaran produktif, SMK, Peluang kerja, Program keahlian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kewirausahaan diintegrasikan dengan mata pelajaran produktif yang sesuai dengan program keahlian siswa. Menggunakan tinjauan literatur serta metode analisis dengan pendekatan studi kasus, ditemukan hasil kajian berupa kebermaknaan dalam implementasi pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan terhadap percepatan karir untuk lulusan siswa SMK. Konsep pembelajaran kontekstual ini mempengaruhi motivasi belajar siswa dan minat untuk berwirausaha. Kehadiran pembelajaran kewirausahaan yang ditanamkan mampu mendorong siswa menguasai kompetensi yang harus dimiliki dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Pengembangan inovasi pembelajaran ini perlu memperhatikan relevansi materi pelajaran sesuai program keahlian yang dipilih siswa dengan kompetensi kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman teori dasar dan pengalaman praktik bagi siswa SMK.

References

Perwita, D. (2017). Upaya guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam meningkatkan minat berwirausaha siswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(2).

Tahirs, J. P., & Rambulangi, A. C. (2020). Menumbuhkan minat berwirausaha melalui pelatihan kewirausahaan bagi siswa smk. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 125-129.

Andayani, E., Hariani, L. S., & Jauhari, M. (2021). Pembentukan kemandirian melalui pembelajaran kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kesadaran ekonomi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 22-34.

Hariyanto, V. L. (2012). Integrasi bahan ajar kewirausahaan bidang produktif bangunan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).

Margahana, H., & Triyanto, E. (2019). Membangun tradisi entrepreneurship pada masyarakat. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).

Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran Pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dalam menumbuhkan sikap mental kewirausahaan peserta didik. Research and Development Journal of Education, 7(2), 403-412.

Halim, N. (2021). Kreativitas Guru, Ketersediaan Literatur, Dan Soft Skill Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 1(3), 113-119.

Astrianingsih, R. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Membentuk Sikap Wirausaha Pada Siswa Kelas Xi Smk Gagas Wanareja Tahun Ajaran 2020/2021. Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 1(1), 27-35.

Purhanudin, M. V., Hasperi, J., Putri, W. O., Ramadhani, S., Muhammadong, M., & Viktoria, J. (2023). Pemanfaatan Model Integratif dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa untuk Pengembangan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 5(4), 16031-16041.

Setiawan, N. A., Murtini, W., & Kristiani. (2022). Enhancement of Students’ Interest in Entrepreneurship: Based on Creative Entrepreneurial Products through Teaching Factory (TEFA) Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9 (5), 257–262.

Hariyanto, V. L. (2014). Ketuntasan kesiapan berwirausaha siswa SMK melalui pembelajaran kolaborasi. invotec, 10(2).

Lastariwati, B. (2012). Pentingnya kelas kewirausahaan pada SMK Pariwisata. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).

Romadin, A., & Yoto, Y. (2021). Strategi Pendekatan Interdisciplinary Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada SMK. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 6(2), 132-143.

Milandari, R. D., & Ghaza, B. A. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Kewirausahaan Dan Desain Multimedia Interaktif Terhadap Perilaku Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia Di SMKN 4 Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 5(2), 93-99.

Irawan, I. P. R., & Purnamawati, H. N. Development of Learning Model of Entrepreneurship-Based Welding Practice SMK Negeri 1 Poso Pesisir.

Purnomo, B. G., & Sukardi, T. (2019). Integration of Project-Based Entrepreneurship and Productive Practical Learning in Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 25(1), 78-84.

Windiyati, H., & Pardjono, P. (2018). Entrepreneurship education in the vocational high school of agribusiness and agrotechnology fields. Jurnal Taman Vokasi, 6(2), 153-163.

Yanto, D. T. P., Ganefri, G., Yulastri, A., Zaswita, H., & Kabatiah, M. (2023). Minat Wirausaha Siswa Pendidikan Vokasi dalam Bidang Jasa Instalasi Penerangan Listrik. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 9(1), 42-52.

Prihadi, W. R., Malik, A., & Suparman, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Kewirausahaan Smk Bidang Keahlian Teknik Konstruksi Dan Properti Di Yogyakarta. Jurnal PenSil, 10(1), 21-33.

El-khomaen, A. R., Supriawan, D., & Sukrawan, Y. (2014). Kontribusi Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Bidang Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 1(1), 1-7.

Handayani, O. V. D., Susilaningsih, S., & Hamidi, N. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha Siswa SMK X. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 8(3).

Arfah, H., & Subali, S. (2021). Implementasi Program Sekolah Pencetak Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Cimahi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 15(2), 250-257.

Wiwi, Y. N., & Giatman, M. (2024). Membangun Jiwa Entrepreneurship pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7801-7808.

Minarsih, M., Sagala, S. V. P., & Maysaroh, M. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Syntax Idea, 4(2), 390-397.

Indriyani, M., & Widodo, J. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 681-697.

Sihwadi, S., Santoso, B., Kuat, T., & Mahmudah, F. N. (2023). Meningkatkan Jiwa Wirausaha Melalui Pengembangan Pembelajaran Berbasis Produk Pada Siswa SMK. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 986-1000.

Pebrinita, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Berbasis Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kepedulian dan Prestasi Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 418-427.

Krim, L. H. S. E. Implementasi Pembelajaran Berbasis Produk Dalam Rangka Menyiapkan Lulusan Smk Menjadi Wirausahawan Muda.

Widiastuty, H. (2023). Peningkatan prestasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas XII. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 101-107.

Dewi, H. (2022). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kewirausahaan Guru Produktif di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(2), 269-283.

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Ayu Devi Anjani, I. G. A. (2024). INTEGRASI MATA PELAJARAN PRODUKTIF DENGAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENCETAK PELUANG KARIR BAGI LULUSAN SMK. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 10. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5468

Issue

Section

Articles