DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN BAHASA IBU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 4 SDN LOWOKWARU 05 KOTA MALANG

Authors

  • Lilik Nur Indah Sari Universitas Negeri Malang
  • Lilik Bintartik Universitas Negeri Malang
  • Fajar Maulana Putra Universitas Negeri Malang

Keywords:

Dampak Positif, Bahasa Ibu, Pembelajaran

Abstract

Bahasa ibu kerap kali diidentikkan sebagai bahasa daerah atau bahasa lokal. Di Indonesia ada beragam bahasa daerah dan keberagaman ini harus dilestarikan. Karena bahasa adalah bagian dari budaya. Upaya melestarikannya, salah satunya bisa melalui bidang pendidikan. Dunia pendidikan merupakan bagian esensial dalam kehidupan manusia. Dan dalam kegiatan pendidikan tidak bisa melepaskan diri dari ‘bahasa’. Khususnya saat kegiatan pembelajaran di sekolah. Kegiatan pembelajaran yang bermakna tentu di dalamnya terdapat jalinan komunikasi yang baik antara pendidik dan peserta didiknya. Pun pula tujuan pembelajaran dapat tercapai apabila peserta didik berhasil menangkap secara jelas maksud yang disampaikan oleh pendidik. Maka dalam penelitian ini peneliti akan membahas mengenai bagaimana dampak dari penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran di kelas 4 SDN Lowokwaru 05 Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitiatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bahasa ibu di kelas 4 SDN Lowokwaru 05 Kota Malang berdampak positif bagi peserta didik seperti memudahkan peserta didik memahami materi, interaksi dan keaktifan di kelas, dan menanamkan cinta budaya.

References

Bahasa, B. P. (2022, Maret 9). Pemanfaatan Bahasa Ibu Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Penutur Bahasa Tunggal. Retrieved from Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa: https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/berita-detail/3454/pemanfaatan-bahasa-ibu-dalam-pembelajaran-bagi-siswa-penutur-bahasa-tunggal

Efrida Ita, d. (2023). Analisis Implementasi Bahasa Ibu Sebagai Bahasa Pembelajaran Untuk Menciptakan Kelas Ramah Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Febriani, L. (2019). Upaya Guru dalam Mengatasi Penggunaan Bahasa Ibu Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 72 Kaur. Bengkulu.

Gusnayetti. (2023). Penggunaan Bahasa Alay Terhadap Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar. SIMBOL (Jurnal Administrasi Publik dan Pemerintahan).

H. Iwan Jazadi, d. (2021). Peran Bahasa Ibu dalam Pembelajaran Sekolah Dasar Kelas Awal. Sumbawa Besar: CV. PAJENANG.

Harun, F. E. (2021). Pentingnya Penguasaan Bahasa Ibu Oleh Guru Terhadap Efektifitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Kelas Awal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Kardi, D. (2022). Data Kemdikbud: 11 Bahasa Daerah di Indonesia Punah, Maluku Terbanyak. Indonesia: CNN Indonesia.

Okarisma Mailani, d. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET Journal, 1-10.

Suttrisno, D. A. (2023). Dampak Penggunaan Bahasa Ibu Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islam, Soko, Tuban. Journal of Elementary Educational Research, 67-80.

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Indah Sari, L. N., Bintartik, L., & Maulana Putra, F. (2024). DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN BAHASA IBU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 4 SDN LOWOKWARU 05 KOTA MALANG . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 11. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5457

Issue

Section

Articles