PEMBELAJARAN DASAR PROGRAM PEMASARAN DENGAN WEBSITE DARI GOOGLE SITES SEBAGAI PENUNJANG PONDASI BELAJAR SEPANJANG HAYAT DI MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Cahya Jendra Universitas Negeri Malang
  • Ery Tri Djatmika Rudijanto Wahju Wardhana Universitas Negeri Malang

Keywords:

Google Sites, Dasar Program Pemasaran, Pondasi Belajar Sepanjang Hayat

Abstract

Di era digital yang penuh gemerlap ini, pendidikan tak lagi terkungkung dalam empat dinding kelas. Merdeka Belajar membuka gerbang inovasi, mengantarkan kita menuju dunia belajar tanpa batas. Google Sites, platform website gratis yang mudah digunakan, hadir bagaikan jembatan ilmu yang menghubungkan generasi muda dengan lautan pengetahuan. Penelitian ini mengkaji efektivitas implementasi website Google Sites dalam pembelajaran Dasar-Dasar Pemasaran di SMKS Muhammadiyah 2 Malang sebagai penunjang pondasi belajar sepanjang hayat di era Merdeka Belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Google Sites terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif, motivasi, dan capaian belajar peserta didik. Platform ini memfasilitasi pembelajaran sepanjang hayat dengan menyediakan akses mudah ke sumber belajar kapan saja dan di mana saja. Fitur-fitur interaktif seperti multimedia, tautan, kuis, dan kolaborasi daring membuat konten pembelajaran lebih menarik dan atraktif. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut website Google Sites, pelatihan bagi pendidik, dan penelitian lanjutan untuk memperluas implementasinya di berbagai konteks pembelajaran.

References

Abdullah, W. (2018). MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1).

Arsyad, M. N., & Fatmawati, D. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. In 188 |JURNAL AGASTYA (Vol. 8).

Cahya Jendra. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa (Pada Mata Pelajaran Administrasi Transaksi Kelas XI BDP SMK Islam Batu).

E W Kasih, E. N., Ramdanni Azahra, R., & Prantinus Kaban, S. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/280.

Ela Elliyana, L. T. S. A. Y. S. H. K. A. B. I. E. E. A. Y. L. M. H. M. H. G. F. D. S. R. N. K. B. (2020). Buku Dasar-dasar Pemasaran. www.ahlimediapress.com.

Hairani, E. (2018). PEMBELAJARAN SEPANJANG HAYAT MENUJU MASYARAKAT BERPENGETAHUAN.

Kahar, M. I., Cikka, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENUJU ERA SOCIETY 5.0 DI MASA PANDEMI COVID 19. In Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (Vol. 2, Issue 1). https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pendidikan-era-revolusi-industri-40-di-tengah.

Marryono Jamun, Y. (2018). DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN.

Murniati, T. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN PIDATO DENGAN PEMODELAN BERBASIS GOOGLE SITES WUJUD OPTIMALISASI LITERASI DIGITAL DALAM MERDEKA BELAJAR. Journal of Learning and Technology, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.33830/jlt.v1i1.3348.

Yulia Darniyanti, Sundahry, & Rauldatul Husni. (2023). Pendampingan Dan Penyuluhan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Web Google Sites Bagi Guru Sdn 15 Koto Baru Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Era Kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

07-06-2024

How to Cite

Jendra, C., & Wahju Wardhana, E. T. D. R. (2024). PEMBELAJARAN DASAR PROGRAM PEMASARAN DENGAN WEBSITE DARI GOOGLE SITES SEBAGAI PENUNJANG PONDASI BELAJAR SEPANJANG HAYAT DI MERDEKA BELAJAR. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 3. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5453

Issue

Section

Articles