PENERAPAN ETIKA DAN PROFESIONALISME GURU ERA 5.0 DI SMP DALAM PEMBELAJARAN PJOK

Authors

  • Mokhamad Raynaldo Dwiki Fahrizal Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Muhibuddin Fadli Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Era 5.0, Profesionalisme, Guru PJOK

Abstract

Penerapan etika dan profesionalisme guru era 5.0 di SMP dalam pembelajaran PJOK tentunya akan sangat melibatkan teknologi yang menyebabkan guru harus mampu mengembankan diri untuk terus mengikuti perkembangan zaman sebagai tenaga pengajar yang professional dan mengikuti perkembangan zaman. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana guru PJOK mampu menerapkan etika dan profesionalisme guru di era 5.0. 2) untuk mengetahui tantangan yang akan dihadapi oleh guru dalam era 5.0 Di mana peneliti melakukan pengumpulan data dengan mengumpulkan beberapa literatur berupa artikel. Berdasarkan kecukupan data yang diperoleh peneliti metode yang digunakan adalah studi literatur. Peneliti berfokus pada modifikasi permainan tradisional dengan menggali secara dalam dari kasus dengan mencari sumber literatur yang relevan, kemudian membandingkan dengan literatur lain, kemudian menarik kesimpulan atau pemahaman terkait topik yang ditulis. Hasil yang diharapkan dalam penulisan artikel ini adalah 1) Guru PJOK harus adaptif dan melek akan perkembangan zaman dan teknologi yang bergunan untuk media pembelajaran. 2) Guru PJOK harus mampu menjadi fasilitator dan mendidik siswa sesuai kodrat alam dan kodrat zaman.

References

Amalia, M. (2022). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Society 5.0 Untuk Revolusi Industri 4.0. 1(1), 16.

Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959–1965.

Handayani, R., & Diba, F. (2022). Pelatihan E-Learning Menggunakan Quiziz Sebagai Salah Satu Inovasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMP Pagri 3 Larangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa (JPMF), 1(3), 307–324.

Hasmirati, H., SY, N., Mustapa, M., Dermawan, H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Motivation And Interest: Does It Influence PJOK Learning Outcomes In Elementary School Children? Journal on Research and Review of Educational Innovation, 1(2), 70–78.

Ismail, S., Suhana, S., & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 198–209.

Majid, W. (2023). Efektifitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Model Pembelajaran PBL (PROBLEM BASED LERNING). Global Journal Sport.1(01), 1-13

Martini, Eneng. K. Edi. D. Dede. S. G. (2022). Competency-Based Citizenship 21st Century Technology in Indonesia Article in. In International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE) (Issue 8).

Muhtadin, I., Susilahati, S., & Santoso, G. (2023, November 6). Transformation Work Discipline, Leadership Style, And Employee Performance Based On 21st Century.

Naafi, Muhammad. I. J. (2022). Efektivotas Modfikasi Dalam Permainan Tradisional Pada Eksistensi Permainan Anak Era Generasi Z. Jurnal Kesehatan Olahraga. 1(10).

Purnama, D. S., & Sutapa, P. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi COVID-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK).

Purnamasari, A. S., Wijoyo, H., Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, S., & Dharmapala Riau, S. (2023). Analisis Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Era 5.0. In Jotika Journal in Education (Vol. 2, Issue 2).

Sakiinah, almirah nur. M. A. G., S. (2022). Jurnal revolusi pendidikan di era society 5.0. Jurnal Pendidikan Transformatif. 1(2).

Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001.

Sceisarriya, V. M., & Detara Gandes Pawestri, D. (2023). SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga Addie: Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Permainan Bola Voli Info Artikel (Vol. 4).

Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28.

Downloads

Published

01-06-2024

How to Cite

Dwiki Fahrizal, M. R. ., & Fadli, M. . (2024). PENERAPAN ETIKA DAN PROFESIONALISME GURU ERA 5.0 DI SMP DALAM PEMBELAJARAN PJOK . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 15. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5413

Issue

Section

Articles