ANALISIS KETERTARIKAN PESERTA DIDIK PADA PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN BARENG 1 KOTA MALANG
Keywords:
Media pembelajaran, Video, Ketertarikan peserta didikAbstract
Perkembangan teknologi di era digital ini berlangsung sangat cepat. Pengembangan teknologi pada pendidikan memunculkan berbagai cara untuk bisa memaksimalkan proses pembelajaran dan meningkatkan antusiasme peserta didik. Hal ini menarik peneliti untuk mencari tahu ketertarikan peserta didik kelas 4 di SDN Bareng 1 Kota Malang terhadap video pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas 4 SDN Bareng 1. Penelitian dilakukan menggunakan teknik observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Dalam pembelajaran ini terdapat 2 video yang akan ditayangkan, dan dilakukan observasi guna memperoleh data tentang ketertarikan peserta didik pada penggunaan media video pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu penggunaan media pembelajaran berupa video dapat menarik peserta didik dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa peserta didik antusias dengan video yang ditayangkan. Terdapat juga beberapa temuan pendukung antusiasme peserta didik dalam menonton video pembelajaran.
References
Alifa, N. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Efektivitas Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Kedaleman IV. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (6), 1554-1564. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8395.
Ismaya, F. D., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Improving Students’ Learning Outcomes in the Theme of “Peristiwa Dalam Kehidupan” through Video – Assisted Student Teams Achievement Division (STAD) Model at Grade V Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (3), 604-617. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.7998.
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183
Jamaliyah, R., & Wulandari, N. F. (2022). IMPLEMENTASI VIDIO PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN PURWOREJO. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, Vol 5, No 1 (2022), 41–51.
Martha, M. S., Akbar, S., & Mahanani, P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(1), 84–102. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14427
Nurfadhillah, S., Azhar, C. R., Aini, D. N., Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Pinang 1. BINTANG, 3(1), 153–163. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i1.1288
Ridha, Mhd., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.
Widianto, E. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/11707/6677
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran - Dr. Muhammad Yaumi, - Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=2uZeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=info:l3Fbf8_iwMYJ:scholar.google.com&ots=RE3IbcChkT&sig=X5-9oFPYHL15KkuAOTTTtvR_dUM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.