Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Implementasi TaRL pada Pembelajaran Berdiferensiasi Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p302-308Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, TaRL, PjBL, gaya belajar, SMP Negeri 2 PakisAbstract
Pembelajaran Abad-21 berupaya membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan berkomunikasi efektif, kreatif, dan mampu bersaing dalam era digital sehingga menjadi individu yang berketerampilan dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif yang muncul dari peserta didik selama proses implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), khususnya melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 2 Pakis tahun pelajaran 2023/2024. Hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas menjadi lebih aktif dan terjadi peningkatan kreativitas peserta didik. Selain itu, terdapat peningkatan motivasi belajar dan rasa tanggung jawab peserta didik dalam menyelesaikan tugas kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui model Project-Based Learning (PjBL) memberikan banyak dampak positif dalam kegiatan pembelajaran, khususnya bagi peserta didik. Dengan munculnya dampak positif ini, diharapkan akan sejalan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik.
References
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi model pembelajaran TaRL dalam meningkatkan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik di sekolah dasar kelas awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246.
Amoah, E. (2022). Technology applications in Teaching at the Right Level programs. In 2022 IEEE Global Humanitarian Technology Conference, GHTC 2022 (pp. 285–291). https://doi.org/10.1109/GHTC55712.2022.9910613
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.
Arief, A. M., Joharmawan, R., & Yulistiadi, G. (2025). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 189–196. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p189-196
Asyhari, H., & Arsana, I. M. (2023). Penerapan project based learning untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif siswa kelas X TKR 4 di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1), 19–24.
Caturwangi, D. K. (2022). Meningkatkan pemahaman pendidikan kesehatan reproduksi melalui pembelajaran berdiferensiasi peserta didik disabilitas intelektual. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 5(2), 252–266.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum learning: Unleashing the genius in you (A. Abdurrahman, Trans.). PT Mizan Pustaka.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.
Kamal, S. (2021). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran dan Pendidik (Julak, 1(1), 89–100.
Kaplan, S. N. (2023). The Grid: A model to construct differentiated curriculum for the gifted. In Systems and models for developing programs for the gifted and talented (2nd ed., pp. 235–251). https://doi.org/10.4324/9781003419426-10
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Nur Afifah, F., Rahayuningtyas, W., & Hartono, H. (2023). Peningkatan motivasi dan hasil belajar ansambel musik dengan model project based learning (PjBL). Journal of Language Literature and Arts, 3(7), 1081–1092. https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p1081-1092
Pratama, D. R., Yuhanna, W. L., & Kriswardianta, R. B. (2024). Implementasi project-based learning dengan pendekatan teaching at the right level untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA (Eduproxima, 6(1), 87–96.
Prihandini, D. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Sinergi antara pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan teaching at the right level dalam menghadirkan lingkungan belajar inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP, 1(2), 1–11.
Puspitasari, V., Rafi'i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model diferensiasi menggunakan book creator untuk pembelajaran BIPA di kelas yang memiliki kemampuan beragam. Jurnal Education and Development, 8(4), 310-310.
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., Handoko, S., & Belakang, L. (2019). Penerapan model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi (JP2EA, 5(2), 119–131.
Saulina, H., & Untari, E. (2024). Implementasi permainan edukatif pada pendekatan pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) di kelas V Sekolah Dasar Negeri. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 44–54. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p44-54
Surat, I. M. (2019). Penerapan metode pembelajaran diferensiasi progresif berbantuan LKS untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas X MIPA 3 SMA Taman Rama Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 20(2), 244–253.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 529–535.
Wiyono, H., Yusuf, A., & Rahayuningtyas, W. (2024). Pengaruh model PjBL pergantian seni terhadap kompetensi sosial emosional siswa. Journal of Language Literature and Arts, 4(4), 384–390. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p384-390