Nilai-Nilai Kebhinekaan Masyarakat Demak pada Abad 15–16 M untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Adin Nur Kholifah PPG Universitas Negeri Malang
  • Arif Perwira Dhani PPG Universitas Negeri Malang
  • Didit Ditya Fritambiradi PPG Universitas Negeri Malang
  • Luthfiah Ayundasari PPG Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p299-308

Keywords:

khebhinekaan global, sejarah Demak, profil pelajar Pancasila, nilai kebhinekaan

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah memaparkan nilai-nilai kebhinekaan masysrakat Pesisir Demak pada abad ke 15 hingga 16 masehi untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi pustaka dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Nilai-nilai kebhinekaan dan kerukunan antar umat yang tercermin dalam kehidupan masyarakat maritim Demak pada 15-16 M dapat menjadi pelajaran untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila utamanya pada dimensi Kebhinekaan Global untuk siswa ketika mata pelajaran sejarah.

Kata kunci: khebhinekaan global, sejarah Demak, profil pelajar Pancasila

Values of Diversity in Demak Society in the 15–16th Century for Strengthening the Profile of Pancasila Students

The purpose of writing this article is to explain the values of diversity of the Demak Coastal community in the 15th to 16th centuries AD to strengthen the Profil Pelajar Pancasila. The method used in this article is a qualitative descriptive method using a library study method with three stages, namely data reduction, data display, and conclusions. The results of this research are that the values of diversity and harmony between people which are reflected in the life of the Demak maritime community in 15-16 AD can be a lesson to strengthen the Profil Pelajar Pancasila especially in the Kebhinekaan Global dimension for students in history subjects.

Keyword: global diversity, history of Demak, Pancasila student profile

References

Abdillah, K. M. B., Wardani, R., Widya, & Notaris, M. (2022). Akulturasi Masjid Menara Kudus dan Masjid Agung Demak. Artikel ini disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan IPS, Palembang pada Maret 2024.

Afidah, N. (2021). Perkembangan Islam pada Masa Kerajaan Demak. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadi-yahan (JASIKA), 1(1). Diakses dari https://journal.umy.ac.id/index.php/jasika pada 20 April 2024.

Ali, M. (1963). Peranan Bangsa Indonesia dalam Sejarah Asia Tenggara. Jakarta: Bhratara.

Ayuningrum, D. (2017). Akulturasi Budaya Cina dan Islam dalam Arsitektur Tempat Ibadah di Kota Lasem, Jawa Tengah. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 12(2). https://doi.org/10.14710/sabda.12.2.122-135, diakses pada 22 April 2024.

Aziz, D. K. (2013). Akulturasi Islam Dan Budaya Jawa. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, 1(2). Diakses dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/543 pada 21 April 2024.

Cahyani, V. R. (2022). Pengaruh Pesisir Utara Jawa terhadap Aktivitas Perniagaan Kerajaan Demak Abad Ke-15 Hingga Ke-17 M. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 5(2). Diakses dari http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari pada 21 April 2024.

Daldjoeni, N. (2019). Geografi Kesejarahan II: Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

De Graaf, H. J., & Pigeaud, T. G. T. (1985). Kerajaan Islam di Jawa. Yogyakarta: Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara.

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. (2022). Peran dan Fungsi Masjid Agung Demak. Diakses dari https://pariwisata.demakkab.go.id/?page_id=370 pada 21 April 2024.

Feranda, P., & Putri, M. F. J. L. (2023). Implementasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Mem-bentuk Jiwa Berbhineka Global Peserta Didik. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/376160348_Implementasi_Pendidikan_Pancasila_dan_Kewarganegaraan_dalam_Membentuk_Jiwa_Berbhineka_Global_Peserta_Didik pada 21 April 2024.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622, diakses pada 20 April 2023.

Leirissa, R. Z., Ohorella, G. A., & Tangkilisan, Y. B. (2012). Sejarah Perekonomian Indonesia. Yogyakarta: Om-bak.

Lombard, D. (2005). Nusa Jawa: Warisan Kerajaan-Kerajaan Konsentris. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Maryam. (2016). Transformasi Islam Kultural ke Struktural (Studi Atas Demak). Tsaqofah & Tarikh, 1(1). https://doi.org/1029300/ttjksi.blil.864, diakses pada 19 April 2024.

Nisah, N., Widiyono, A., & Slsabela, T. (2022). Konsep Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Optimalisasi Efikasi Diri dan Gaya Belajar Siswa. Artikel ini disajikan di Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, Sema-rang pada 17 November 2022.

Nurharjani, D. R., Purwaningsih, E., & Febiona, I. (2015). Akulturasi Lintas Zaman di Lasem: Perspektif Sejarah dan Budaya (Kurun Niaga – Sekarang). Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB).

Rahardjo, S., & Ramelan, W. D. (1997). Kota Demak sebagai Bandar Dagang di Jalur Sutra. Jakarta: Putra Sejati Raya.

Suyitno, M., Rukhmana, T., Nurmiati, A. S., Romadhon, F., Irawan., & Mokodenseho, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Journal on Education, 6(1). Diakses dari http://jonedu.org/index.php/joe pada 21 April 2024.

Taufiq, F. (2019). Hitam Putih Kesultanan Demak: Sejarah Kerajaan Islam Pertama di Jawa dari Kejayaan hing-ga Keruntuhan. Yogyakarta: Araska.

Utami, C. S. M., Putri, A. W., Milla, N. P., & Rohman, M. (2023). Ekonomi Perdagangan dan Penyebaran Is-lam: Menelisik Kejayaan Demak dalam Jaringan Kemaritiman. Book Chapter Ekonomi Jilid 2, 4(2). Di-akses dari https://bookchapter.unnes.ac.id/index.php/ie/article/view/113 pada 20 April 2024.

Utami, L. S. S. (2015). Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi, 7(2). https://doi.org/10.24912/jk.v7i2.17, diakses pada 22 April 2024.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497, diakses pada 21 April 2024.ses pada 21 April 2024).

Downloads

Published

06/26/2024

How to Cite

Kholifah, A. N. ., Dhani, A. P. ., Fritambiradi, D. D. ., & Ayundasari, L. . (2024). Nilai-Nilai Kebhinekaan Masyarakat Demak pada Abad 15–16 M untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 299–308. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p299-308

Issue

Section

Articles