Pengaruh Pembelajaran Berdiferensi terhadap Persiapan Mengajar Mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p950-956Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, persiapan mengajar, dosen mata kuliah, mahasiswa PPGAbstract
Kurangnya pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran belum sesuai dengan kebutuhan belajarnya kemudian dapat berdampak terhadap rendahnya tingkat hasil belajar siswa. Pembelajaran yang baik dapat dilakukan dengan mengetahui karakteristik dan kebutuhan belajar siswa. Mahassiswa perlu memahami empat konsep kunci dalam pembelajaran yang berdiferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik mahasiswa Pendidikan Profesi Guru memahami pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks persiapan mengajarnya. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dan bersifat kualitatif. Observasi langsung merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data, disertai dengan wawancara dan kegiatan perkuliahan. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Gelombang 2 Universitas Negeri Malang bidang studi bahasa Indonesia berjumlah 26 orang mahasiswa dan 1 dosen mata kuliah. Hasil penelitian menunjukan persiapan keterampilan mengajar mahasiswa mengalami peningkatan setelah mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi. Persiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Profesi Guru mengalami perubahan dapat dilihat dari proses praktik mengajar di lingkungan sekolah. Peningkatan keterampilan mengajar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
References
Agustiana, D. M., Malik, M., & Rumiati, S. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 522–533. https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1869
Ahmadi, A., & Hadi, S. (2023). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui persiapan mengajar guru. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 50–58. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.409
Ananda, S. T., & Matnuh, H. (2023). Analisis kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan. Prospek, 2(2), 171–180. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2613
Andajani, K. (2022). Modul pembelajaran berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Braun, V., & Clarke, V. (2021). Thematic Analysis: A Practical Guide (2nd ed.). London: Sage Publications.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2022). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Fitria, A. (2024). Dampak kegiatan lokakarya terhadap kesiapan mahasiswa pendidikan matematika dalam praktik lapangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 19(1), 77–89.
Gani, A., & Ribahan, U. N. (2023). Paradigma diferensiasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka: Konteks pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dan madrasah. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 17(2), 169–179. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v17i2.8867
Hartati, S., & Yulianto, B. (2022). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kesiapan mengajar calon guru: Studi kasus di program PPG. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 16(1), 112–125.
Kurniawan, B. A., Roshayanti, F., & Noer, H. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model problem based learning pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 Universitas PGRI Semarang Sekolah Dasar Negeri Sawah Besar 01. Jurnal Pendidikan, 234–241.
Listiani, I. (2022). Optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan brain-based learning. Geoducation: Journal of Geography Education Universitas Siliwangi, 3(2), 61–65. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geoducation
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nurhidayati, U. (2022). Menempa kompetensi dan peran guru penggerak dalam memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(1), 279–291. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/31241/10783
Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180.
Purwanto, E. S. (2015). Strategi pembelajaran. Paper Knowledge: Toward a Media History of Documents, 3(April), 1–139. Retrieved from https://repository.penerbiteureka.com/id/publications/349478/strategi-pembelajaran
Putriana Naibaho, D. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.
Rahmawati, N., & Putri, M. (2021). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kesiapan mengajar mahasiswa PPG. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 55–66.
Rustam, M., Hasan, N., & Nisa, S. (2024). Penerapan design thinking dalam pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(3), 143–158.
Rustam, R., Akbar, O., & Saputra, A. B. (2024). Design thinking dalam pembelajaran berdiferensiasi Bahasa Indonesia mahasiswa pendidikan profesi guru. Semantik, 13(1), 43–56. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p43-56
Sanulita, H. (2023). Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 7(2), 196–204. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v7i2.69035
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.