Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Minoel Karya Ken Terate
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i22023p296-310Keywords:
kepribadian tokoh, psikoanalisis Sigmund Freud, novelAbstract
Novel adalah karya sastra yang termasuk dalam ragam prosa. Salah satu unsur yang dominan dalam novel adalah tokoh yang memiliki peran sebagai pelaku yang menjalankan cerita. Konflik yang dialami tokoh baik dari dalam dan luar dirinya berpengaruh pada kepribadian tokoh dalam novel. Kepribadian tokoh dapat dilihat dari cara tokoh merespons dan mengatasi konflik tersebut. Pe-nelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel menggunakan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa satuan cerita berbentuk narasi, dialog, atau monolog yang memuat kepribadian tokoh utama berdasarkan konflik psikologis tokoh yang terdapat dalam novel Minoel karya Ken Terate. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Hasil analisis data menunjukkan bahwa konflik antara tiga struktur kepribadian (id, ego, dan superego) membentuk kepribadian dalam diri Minoel. Minoegl belum mampu mengatasi berbagai masalah yang menimpanya dengan baik sehingga memengaruhi pengambilan keputusan dan membuatnya mengalami gangguan psikologis.
Kata kunci: kepribadian tokoh; psikoanalisis Sigmund Freud; novel
Personality of Main Character in Novel Minoel by Ken Terate
A novel is a literary work that is presented in a variety of prose. The main element of a novel is the characters who run the plot of the story. The conflicts experienced by the characters both from within and outside themselves affect the personality of the characters in a novel. The character's personality can be seen from the way a certain character responds and overcomes the conflict. This present study aimed to describe the personality of the main character in the novel Minoel by Ken Terate using applying the theory of Sigmund Freud's psychoanalytic. This present study was also presented as a qualitative analysis using a literary psychology approach. The data in this study included story units in the form of narratives, dialogues, or monologues within the novel Minoel by Ken Terate. The in-strument was the researcher who used a guide table as a tool for data collection. The results showed that the conflict between the three personality structures (id, ego, and superego) formed Minoel's personality. Minoel had not been able to properly deal with the various problems that befall her. Thus, affected her decision-making and caused her to experience psychological disorders.
Keywords: character personality; Sigmund Freud's psychoanalysis; novel
References
Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Darma, B. (2019). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental. Pamekasan: Duta Media Publising.
Gasong, D. (2019). Apresiasi Sastra Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Herdiansyah, H. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hidayani, F. (2009). Mengenal Sastra Indonesia. Banten: Penerbit Talenta Pustaka Indonesia.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Teori, Penerapan, dan Riset Nyata). Yogyakarta: Penerbit Anak Hebat Indonesia.
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Retrieved September 23, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/Praktis_Penelitian_Kualitatif_Teori_Dasa/nn0GEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Minderop, A. (2016). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Pradopo, R. D. (2021). Beberapa Teori Sastra Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=BkgTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=sastra&ots=NS3hKNS3Hp&sig=Tp-B-qJWC-akUEn3aWbC_S1f_Uw&redir_esc=y#v=onepage&q=sastra&f=false
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rizkian, S., & Fawzi, A. (2022). Representasi Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Si Jamin dan Si Johan Karya Merari Siregar serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1351–1368. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1351-1368
Rustam. (2016). Psikologi Kepribadian. Pontianak: Pustaka Rumah Aloy. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Psikologi_Kepribadian/Q2JMEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=perkembangan+kepribadian&pg=PA38&printsec=frontcover
Sehandi, Y. (2016). Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Semi, A. (2021). Metode Penelitian Sastra (Digital). Bandung: Penerbit Angkasa.
Siswanto, W., & Roekhan. (2015). Psikologi Sastra. Malang: Media Nusa Creative.
Sugiarti, & Andalas, E. F. (2022). Prosa (dari Teori, Rancangan, Hingga Penulisan Artikel Ilmiah). Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Terate, K. (2015). Minoel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Astari Tri Vianinsia, Dewi Pusposari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.