Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Arab pada Maharah Qira’ah
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p381-390Keywords:
Total Physical Response, Maharah Qira'ah, Kosakata Bahasa ArabAbstract
Siswa bahasa Arab di Madrasah Ibtida’iyah Hasyim Asy’ari Malang menghadapi kesulitan dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Selain itu, motivasi belajar di kelas mereka juga rendah. Problem serupa terjadi juga pada siswa-siswa bahasa Arab lainnya yang disebabkan oleh metode pembelajaran di kelas yang masih belum tepat. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa kelas 5 MI Hasyim Asy’ari Malang. Penelitian ini berfokus pada bagaimana cara menerapkan metode TPR dalam mengoptimalkan kemampuan kosakata bahasa Arab siswa pada maharah qira’ah di Madrasah Ibtidai’yah Hasyim Asy’ari Malang. Kegitan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap: persiapan, tindakan, pengamatan, dan perenungan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidai’yah Hasyim Asy’ari Malang. Data kuantitatif bersumber dari nilai kinerja siswa, baik sebelum maupun sesudah penerapan metode TPR. Sedangkan data kualitatif bersumber dari hasil diskusi, wawancara, survei siswa, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kenaikan nilai rata-rata pada post-test tahap I sebesar 40 persen dibandingkan sebelum diterapkannya metode TPR. Hasil post-test tahap II juga menunjukkan kenaikanan yang signifikan dengan nilai rata-rata 95,08 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 100 persen. Nilai tersebut mencukupi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75.
Kata kunci: kosakata bahasa Arab; maharah qira’ah; Total Physical Response (TPR)
The Application of Total Physical Response (TPR) Method to Improve Arabic Vocabulary Repertory in Maharah Qira'ah
Arabic students at Madrasa Ibtida'iyah Hasyim Asy'ari Malang face difficulties in mastering Arabic vocabulary. In addition, the motivation to learn in their class is also low. Similar problems also occur with other Arabic language students due to the inaccurate learning methods in the class. Therefore, researchers tried to apply the TPR method in learning Arabic vocabulary for 5th grade students at MI Hasyim Asy'ari Malang. This research focuses on how to apply the TPR method in optimizing students' Arabic vocabulary skills in maharah qira'ah at Madrasah Ibtidai'yah Hasyim Asy'ari Malang. This activity is Classroom Action Research (PTK) which consists of four stages: preparation, action, observation, and reflection. The research subjects were fifth grade students at Madrasah Ibtidai'yah Hasyim Asy'ari Malang. Quantitative data comes from student performance scores, both before and after the application of the TPR method. While qualitative data comes from the results of discussions, interviews, student surveys, and field notes. The results showed that there was an increase in the average score in the post-test stage I by 40 percent compared to before the TPR method was applied. The results of the second phase of the post-test also showed a significant increase with an average score of 95.08 with a student learning completeness level of 100 percent. This value is sufficient for the Minimum Completeness Criteria of 75.
Keywords: Arabic vocabulary; maharah qira'ah; Total Physical Response (TPR)
References
Akla. (2017). Pembelajaran bahasa Arab antara harapan dan kenyataan (survey di madrasah Kota Metro tahun 2017). An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 1-193. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.998
Albantani, A. M. (2018). Pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah: sebuah ide terobosan. Attadib: Journal Of Elementary Education, 3(2), 160-173. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.417
Andrini, E. D. (2012). Penerapan metode total physical response (TPR) untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Al-hidayah Wajak Malang (Skripsi). Retrieved from http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=53480
Asrori, I. (2012). Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori dan Praktik. Malang: MISYKAT.
Asrori, I., & Ahsanuddin, M. (2015). Media Pembelajaran Bahasa Arab Dari Kartu Sederhana Sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: CV Bintang Sejahtera.
Dwiastuty, N., dkk. (2016). Pembelajaran bahasa Inggris melalui metode total physical response ( TPR). Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 29-34. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v3i1.684
Effendy, A. F. (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: MISYKAT Malang.
Freeman, J., & Munandar, U. (1996). Cerdas dan Cemerlang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2020). TPR (total physical response) method on teaching. Early Chilhood Education and Development Journal (ECEDJ), 2(1), 9–17. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i1.45167
Hidayah, N. (2017). TPR (totally physical response) sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa arab bagi anak-anak. Pembelajaran Bahasa, Sastra Dan Budaya Arab, 53–63. Malang: Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa I Tahun 2017, HMJ Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Hidayat, S. N. (2012). Problematika pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 82-89. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.315
Izzah, M. A., & Ma’sum, A. (2021). Pengembangan Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah untuk Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(8), 1081–1094. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1081-1094
Khadijah & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Khansa, H. Q. (2016). Strategi pembelajaran bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/download/23/21
Malasari, N. I. (2019). Implementasi metode total physical response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Arab materi mufradat kelas V Madrasah Ibtidaiyah Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung (Skripsi). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/8726/1/SKRIPSI%20NURINDAHMALASARI.pdf
Mustofa, B., & Hamid, M. A. (2011). Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-MALIKI PRESS.
Nurhidayati & Ridwan, N. A. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak. Malang: CV.Bintang Sejahtera Press.
Nursari, N. D., & Nurhidayati. (2023). Penerapan strategi berbasis permainan lego sebagai media untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa madrasah ibtidaiyah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(2), 185-200. DOI: 10.17977/um064v3i22023p185-200
Rusdiyanti, I. T. (2015). Meningkatkan kemampuan kosakata dengan menggunakan total physical response pada siswa kelas II Sekolah Dasar Santa Maria III Malang. Jurnal Asisten Ahli Universitas Kanjuruhan Malang, 5(1), 613–623. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.699
Sayd, A. I., dkk. (2018). Implementasi metode total physical response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar Inpres Liliba Kupang. BISMAN: Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(1), 17-24. http://www.jurnal.pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/244
Setiyowati, Diah. (2016). Peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris melalui metode total physical response (TPR) pada siswa kelas II SDN Sidorejo LOR O7 Salatiga tahun pelajaran 2013/2014 (Skripsi). Retrieved from http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/
Suantari, N. L., dkk. (2019). Pengaruh metode total physical response (TPR) terhadap kemampuan kosakata bahasa Inggris anak kelompok b. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 7(2), 161-170. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18985
Susilowati, Dwi. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(1), 36-46. http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Taufik. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab MI. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Zainollah. (2016). Implementasi metode total physical response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak MI/SD. Kariman, 04(01), 101–114. https://doi.org/10.52185/kariman.v4i1.64
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ani Ria Ariska, Yusuf Hanafi, Moh. Fauzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.