Penggunaan Buku Cerita Bergambar 一只大肥猫 untuk Melatih Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Turen

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i22022p240-250

Keywords:

penggunaan, buku cerita bergambar, keterampilan membaca

Abstract

Abstract: There are two purposes of this research: firstly, describing the use of Chinese picture story books 一只大肥猫 (yī zhǐ dà féi māo) to practice the students’ reading skill of grade X of SMA Negeri 1 Turen, and secondly, describing the students’ responses to the use of the determined picture story book. This research used qualitative descriptive approach, which its qualitative data were taken from 14 students and also the learning process, using supporting instruments, namely observation sheets and questionnaire sheets. The researcher herself acted as the main instrument of this research by carrying out the data collection and analysis activities. The gathered data were then analyzed qualitatively. Finally, the results showed that the learning process using the Chinese picture story book (yī zhǐ dà féi māo) as a medium for practicing the reading skills went well, although there were problems with the internet connection. According to the students’ responses, it can be concluded that the Chinese picture story book (yī zhǐ dà féi māo) is not only able to attract their interest in practicing reading skill but also can make the Chinese learning more fun and less boring.

Keywords: usage, picture story books, reading skills

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan buku cerita bergambar一只大肥猫 (yī zhǐ dà féi māo) untuk melatih keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen dan mengetahui respons siswa terhadap penggunaan buku cerita tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini merupakan data kualitatif yang diambil dari 14 orang siswa dan proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen pendukung yaitu lembar observasi dan lembar angket. Peneliti sendiri bertindak sebagai instrumen utama penelitian ini dengan melakukan kegiatan pengumpulan dan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar一只大肥猫 (yī zhǐ dà féi māo) sebagai media latihan membaca pada keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen berjalan baik, meskipun terdapat kendala dalam hal jaringan internet. Menurut siswa, buku cerita bergambar tersebut dapat menarik minat mereka dalam melatih keterampilan membaca dan pembelajaran bahasa Mandarin menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Kata kunci: penggunaan, buku cerita bergambar, keterampilan membaca

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan buku cerita bergambar sebagai sumber bacaan siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 1(5), 989–992. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6337

Artu, N. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Pembina Liang melalui penerapan strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(2), 105–113. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2843

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan media komik untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233–242. doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Farenda, M. F. (2018). Pengembangan buku cerita bergambar untuk literasi pembelajaran Sains di Sekolah Dasar (Undergraduate thesis, Universitas Jambi). Retrieved from https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4623

Sofyan, M. H. A . (2015). Meningkatkan motivasi membaca. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 9(2). Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/115

Haryanti, S. (2011). Penerapan sistem pembelajaran bahasa Mandarin di beberapa sekolah di Indonesia. Lingua Cultura, 5(2), 136–143. doi: https://doi.org/10.21512/lc.v5i2.384

Hermawan, B., & Leonardo, O. P. (2017). Keefektifitasan penggunaan media mobile learning dalam meningkatkan pelafalan Hanyu Pinyin bahasa Mandarin. Paramasastra, 4(2), 308–322..Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1537/1052

Hu, D. M. (2015). Qiǎn xī yòu'ér túhuà gùshì shū de yuèdú yǔ yǔyán nénglì de fǎ zhǎn (A brief analysis of the development of children's reading and language skills in picture story books). Ài xuéshù Retrieved from https://www.ixueshu.com/document/16c147a8ae4f4038e5c4564d831e3be2318947a18e7f9386.h tml

Khori, A., & Astuty, A. W. (2017). Pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa pada pengajaran kosakata bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Basis, 1(1), 41–53. Retrieved from http://ojs.uninus.ac.id/index.php/BASIS/article/view/96

Lin, X. Z. (2015). Túhuà gùshì yǔ xuéqián értóng yǔyán de fǎ zhǎn (Picture stories and language development in preschool children). Ài xuéshù Retrieved from Retrieved from https://www.ixueshu.com/document/af5a20653d8fe20f1c2fe8cec18f34c5318947a18e7f9386.html

Lyna & Charissa. (2019). Pengaruh media buku cerita bergambar terhadap pemahaman membaca bahasa mandarin murid SD kelas 1 W.R. Supratman 2 Medan. Journal of Language, Literature, and Teaching, 1(1), 56– 63. Retrieved from http://jllte.stbapia.ac.id/index.php/jurnal/article/view/5

Miranda, D. (2018). Pengembangan buku cerita berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kreativitas AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18–30. doi: https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. doi: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94

Nurchasanah. (2015). Membaca teks ilmiah dan nonilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pratiwi, H. M. A. (2016). Efektifitas penggunaan media buku cerita bergambar dalam pembelajaran membaca tentang kehidupan sehari-hari pada siswa kelas XI SMA (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Surabaya). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/29672/

Putri, M. P. W.(2016). Analisis kesulitan mahasiswa semester VI angkatan 2013 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang dalam memahami teks membaca ( 䰵䈫) pada xin hanyu shuiping kaoshi (ᯠᯠ䈝≤ᒣ㘳䈅) level IV (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/29512/1/2404412014.PDF

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137, doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rohma, S. (2021). Pengembangan buku elektronik (e-book) cerita bergambar untuk pembelajaran bahasa Jerman kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Journal DaFina, 5(1), 36–43. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/18054

Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dalam menghadapi era revolusi 4.0. Proceedings of Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019, 443–453. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2566

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (13 ed.). Bandung: ALFABETA.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susilo, M. J. (2015). Analisis kualitas media pembelajaran insektarium dan herbarium untuk mata pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 10–15. doi: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4141

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. doi: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Ulya, H. (2017). Permainan tradisional sebagai media dalam pembelajaran Matematika. Proceedings of Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro 2017, 371–376. Retrieved from https://repository.ummetro.ac.id/files/artikel/967b29a8033b7621321b15c78166e74a.pdf

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Maulidiyah, M., Afifah, L. ., & Ul Muyassaroh, L. . (2022). Penggunaan Buku Cerita Bergambar 一只大肥猫 untuk Melatih Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Turen. Journal of Language Literature and Arts, 2(2), 240–250. https://doi.org/10.17977/um064v2i22022p240-250

Issue

Section

Articles