Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi di UPT BLK Singosari Malang

Authors

  • Annisa Wahyu Rosena Universitas Negeri Malang
  • Zulkarnain Zulkarnain Universitas Negeri Malang
  • Edi Widianto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p784-796

Keywords:

hasil belajar, pelatihan, balai latihan kerja

Abstract

Penelitian mengenai faktor yang memengaruhi hasil belajar dilaksanakan di UPT BLK Singosari Malang untuk mengetahui gambaran faktor serta pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta pelatihan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang menekankan pada penggunaan angka dan analisis statistik. Responden terdiri dari 69 peserta pelatihan pada program pemerintah tahun 2021 dengan instrumen penelitian berupa angket dan catatan hasil belajar sebagai penghimpun data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa faktor kesehatan, motivasi, keluarga dan masyarakat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta pelatihan, sedangkan faktor intelegensi, bakat, minat dan lembaga tidak berpengaruh signifikan. Sementara itu, hasil uji simultan menunjukkan faktor-faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta pelatihan dengan besaran kontribusi 36,7 persen. Hasil belajar peserta pelatihan memperlihatkan nilai yang bervariasi dengan nilai terendah 81,04 dan tertinggi 89,09 dengan mayoritas peserta memperoleh predikat baik sekali.

References

Diana, D. M., & Paidi. (2019). The Effect of Multiple Intelligence-based Learning Strategies, Mathematical Logic and Naturalist toward Cognitive Learning Outcomes and Biological Retention of Students X on Environmental Pollution Material. Journal of Physics: Conference Series , 1-8.

Hani, A. (2020). Efektivitas Pelatihan Berbasis Kompetensi terhadap Peningkatan Kinerja. Jurnal AgriWidya , 1-9.

Ilyas, M., Farid, M., & Akbar, M. (2017). Efektivitas Penyebaran Informasi Rekrutmen Peserta Didik Pelatihan Berbasis Kompetensi pada Balai Latihan Kerja Kab. Majene. Jurnal Komunikasi KAREBA , 162-173.

Kaukab, S. R. (2016). The Impact of Parent/Family Involvement on Student's Learning Outcomes. International Journal of Research Granthaalayah , 72-81.

Lodjo, F. S. (2013). Pengaruh Pelatihan, Pemberdayaan dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA , 747-755.

Muryanto, U. (2019). Hasil Belajar Peserta Diklat Teknis Substantif Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Diklat Keagamaan , 50-57.

Ogundokun. (2011). Learning Style, School Environtment and Test Anxiety as Correlates of Learning Outcomes Among Secondary School Students. An International Journal of Psychology in Africa , 321-336.

Permatasari, B. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2019). The Influence of Problem Based Learning Towards Social Science Learning Outcomes Viewed from Learning Interest. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) , 39-46.

Rohmad, A. N. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Peserta Pelatihan. Naskah Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta , 1-13.

Rusmulyani. (2021). Technical Vocational Education Training (TVET) Innovation dengan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam Pengembangan Soft Skill Sumber Daya Manusia. Jurnal Inovasi Penelitian , 1495-1506.

Saputri, Y., Purwito, L., & Widianto, E. (2019). Pengaruh Kompetensi Fasilitator dan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Keluarga Sehat. Jurnal Pendidikan Nonformal , 22-36.

Septyana, H. (2013). Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi Pelatihan Menjahit di Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Fortuna Dukuh Siberuk Desa Siberuk Kabupaten Batang. Journal of Non Formal Education dan Community Empowerment , 46-50.

Setyawati, A. (2019). Pengaruh Minat dan Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Peserta Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Terampil di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara. Jurnal AgroSainTa , 72-81.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Triarisanti, R., & Purnawarman, P. (2019). The Influence of Interest and Motivation on College Students's Language and Art Appreciation Learning Outcomes. International Journal of Education , 130-135.

Widianto, E. (2018). Pola Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan di Balai Diklat Keuangan Kota Malang. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Pratik Kependidikan , 40-49.

Wijaya, O. P., & Bukhori, I. (2017). Effect of Learning Motivation, Family Factor, School Factor, and Community Factor on Student Learning Outcomes on Productive Subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen , 192-202.

Yohana, C., Agung, I., Perdana, N. S., & Silisabon, S. (2020). A Study of Factors Influencing the Development of Student Talent. International Journal of Education and Practice , 441-456.

Downloads

Published

25-10-2021

How to Cite

Rosena, A. W. ., Zulkarnain, Z., & Widianto, E. . (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi di UPT BLK Singosari Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 784–796. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p784-796

Issue

Section

Articles