Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Edmodo terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI

Authors

  • Erwinda Ika PPG Universitas Negeri Malang
  • Alfyananda Kurnia Putra Universitas Negeri Malang
  • Nailul Insani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p329-338

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Edmodo, berpikir kreatif, pelajaran geografi

Abstract

Riset bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi Edmodo terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI.  Eksperimen tidak murni digunakan dalam riset ini, dengan subjek siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis pretest dan post sebanyak sepuluh butir soal. Uji mann whitney dipilih untuk teknik analisis data. Hasil uji mann whitney menunjukan angka signifikansi 0,009 lebih kecil dari 0,05, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL berbantuan aplikasi Edmodo terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa mata pelajaran geografi kelas XI.

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, Edmodo, berpikir kreatif

The Effect of Project Based Learning Model (PjBL) Assisted by Edmodo Application on Students' Creative Thinking Ability in Geography Class XI Subjects

The research aims to investigate the effect of the project based learning model with the aid of the Edmodo application on students' creative thinking skills in geography class XI. Improper experiments were used in this research, with the subjects of class XI IPS 1 as the experimental class and XI IPS 3 as the control class. The data collection technique was in the form of pretest and post written tests with ten questions. The Mann Whitney test was chosen for the data analysis technique. The results of the Mann Whitney test show a significance number of 0.009 less than 0.05, meaning that there is an influence of the PjBL learning model assisted by the Edmodo application on the creative thinking ability of students in geography class XI.

Keywords: project based learning, Edmodo, creative thinking

References

Terhadap Kreativitas Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains In-donesia, 2(April), 14. https://www.iranesrd.com.

Al-Tabany, Trianto I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Apriadi, M. A., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2021). Matematis Siswa Sebelum Dan Sesudah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu, 4(1), 133–144. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.14130.

Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A Study on “Student Preference towards the Use of Edmodo as a Learning Platform to Create Responsible Learning Environment.” Procedia - Social and Behavioral Sciences, 144, 416–422. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.311.

Edmodo. (2020). Edmodo: Distance Learning Toolkit. Retrieved from https://www.go.edmodo.com.

Erisandi, D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Ke-mampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Tesis. Universitas Pendidikan Indone-sia.

Febriyanti, A. F., Susanta, A. S., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 176–183. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.14130.

Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa. Bandung: Panca Terra Fir-ma.

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Mening-katkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16.

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif pada Abad 21. Retrieved from https://jurnal.unma.ac.id.

Herdiawan, H., Langitasari, I., & Solfarina, S. (2019). Penerapan PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Ber-pikir Kreatif Siswa pada Konsep Koloid. Edu Chemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 24. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867.

Hidayat, E. W. (2019). Kajian Mata Pelajaran Geografi Sebagai Bekal Siswa Untuk Menghadapi Tuntutan Pembelajaran Abad 21 Di SMA Surabaya. Jurnal Pendidikan Geografi, 1–8.

Im, H., Hokanson, B., & Johnson, K. K. P. (2015). Teaching Creative Thinking Skills: A Longitudinal Study. Clothing and Textiles Research Journal, 33(2), 129–142. https://doi.org/10.1177/0887302X15569010.

Jamaludin, D. N. (2013). Pengaruh Project Based Learning terhadap Berpikir Kreatif dan Sikap Ilmiah pada Materi Tumbuhan Biji. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Janah, A. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa ditinjau dari Aspek Motivasi pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IIS MA Bilingual Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIS UM.

Johan Wicaksana, E., Atmaja, P., & Ayu Muthia, G. (2021). E-Learning Edmodo Dengan Model Pbl Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2012), 45–51.

Jumani. (2021). Meningkatkan Kreativitas dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring dalam Ma-sa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 416–429. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i3.116.

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Sosial dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27.

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditin-jau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063.

Lisliana, A., Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id.

Maharani, D. V. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 2 Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIS UM.

Mohammad, O., Aldalalah, A., & Arabia, S. (2021). The Effectiveness of Infographic via Interactive Smart Board on enhancing Creative Thinking : A Cognitive Load Perspective. International Journal of Instruction, 14(1), 345–364.

Muliastawan, I. K., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pema-haman Konsep dan Keterampilan Memperbaiki Sistem Transmisi di SMK. E-Journal Program Pascasar-jana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(11), 1–13. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/1090.

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Kecil, 9(2), 25–33. https://doi.org/10.17509/md.v9i2.3250.

Murniarti, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.

Nyoman Sri Artini, I. B. M. A. (2019). Studi Tentang Komponen Pembelajaran Geografi. Pendidikan Geografi Unciksha, 7(1), 35–43.

Purwaningsih, W. I., & Supriyono, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Me-nyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(2), 157–167. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6803.

Purwanto, E. (2014). Evaluasi Proses dan Hasil dalam Pembelajaran: Aplikasi dalam Bidang Studi Geografi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Kemampuan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id.

Rindi Novitri Antika, S. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Seminar ter-hadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3, 72–79.

Sari, H. P., & Pernamasari, D. M. (2021). SKB 4 Menteri, Juli 2021 Dilakukan Pembelajaran Tatap Muka secara Terbatas. Retrieved from https://kompas.com.

Shandy, B. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPS di SMAN 6 Kediri. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIS UM.

Sulaiman. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Projek Based Learning DI SMA Negeri 1 Binjai. Journal Mathematics Education Sigma, 2(1), 13–18.

Tendrita, M., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2016). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Model Remap Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), 13(1), 285–291.

Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelaja-ran di Kelas. Sleman: Deepublish.

Ulum, M. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Geografi terhadap Kemam-puan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA Nasional Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal El-emen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031.

Yustianingrum, B. (2018). The Implementation of E-Learning Web-based Model Centric Course (Edmodo) toward The Mathematics’ Interest and Learning Outcomes. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i1.2175.

Zampetakis, L. A., Bouranta, N., & Moustakis, V. S. (2010). On the relationship between individual creativity and time management. Thinking Skills and Creativity, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2009.12.001.

Downloads

Published

06/26/2024

How to Cite

Ika, E. ., Putra, A. K. ., & Insani, N. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Edmodo terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 329–338. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p329-338

Issue

Section

Articles