Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Media Audiovisual dan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Tari Yosim Pancar pada Siswa Kelas XI

Authors

  • Bayu Satriawan Universitas Negeri Malang
  • Wida Rahayuningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p10-25

Keywords:

media audiovisual, media alat peraga, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Kertosono menggunakan dua media, yaitu audiovisual dan alat peraga dengan materi yang dipelajari yaitu tari Yosim pacar. Penggunaan media audiovisual dan alat peraga memiliki capian yang berbeda juga. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua kelas yang berbeda (XI-8 dan XI-10) menggunakan media pembelajaran berbeda yaitu audio­visual dan alat peraga, tetapi materi yang disampaikan pada kedua kelas tersebut sama. Pene­litian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan komparatif. Rancangan penelitian menggunakan desain static-group comparision. Hasil penelitian membuktikan bahwa ter­dapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya menggunakan media audio­visual dan alat peraga. Dalam pengujian akhir menghasilkan signifikasi yaitu 0.000 yang berarti ter­dapat perbedaan pada kedua kelas tersebut. Pada kelas XI-8 dengan menggunakan media audio­visual memiliki nilai rata-rata 88,88 dibandingkan kelas XI-10 yaitu 86,72 yang menggunakan media alat peraga. Penggunaan media audiovisual lebih unggul karena siswa lebih kompleks dalam memahami materi baik dari segi penglihatan (visual) dan pendengaran (audio) sehingga dapat merangsang perkembangan kognitif para siswa menjadi lebih baik. Sedangkan media alat peraga menggunakan indra penglihatan saja sehingga siswa hanya berpacu pada peraganya yang meng­akibatkan terbatasnya pemahaman siswa.

Kata kunci: media audiovisual, media alat peraga, hasil belajar

Differences in Learning Using Audiovisual Media and Props on the Learning Outcomes of Yosim Pancar Dance in Class XI Students

Cultural arts learning at SMA Negeri 1 Kertosono uses two media, namely audiovisual and props with the material studied, namely Yosim henna dance. The use of audiovisual media and props are two types of media that are very different and have different capian as well. This study aims to compare two different classes (XI-8 and XI-10) using different learning media, namely audiovisual and teaching aids, but the material presented in both classes is the same. This research is quantitative research using a comparative approach. The research design used a static-group comparision design. The results proved that there were differences in student learning outcomes in learning cultural arts using audiovisual media and teaching aids. In the final test produced a significance of 0.000 which means there is a difference in the two classes. In class XI-8 using audiovisual media has an average score of 88.88 compared to class XI-10, which is 86.72 using teaching aids. The use of audiovisual media is superior because students are more complex in understanding the material both in terms of vision (visual) and hearing (audio) so that it can stimulate the cognitive development of students get better. While the teaching aids media use the sense of sight only so that students only race on the demonstrations which results in limited student understanding.

Kata kunci: audiovisual media, props media, learning outcomes

References

Agesti, D. I., (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Seni Teater Di SMA Negeri 2 Bondowoso. Unversitas Negeri Malang

Agustiany, Resta, Hardi, E., & Ilmiyati, N. (2021). Perbedaan hasil belajar kognitif siswa melalui penggunaan media audio visual dan media peta konsep pada materi ekosistem. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 15. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4815

Charli, L., Amin, A., & Pujiastuti, I. (2018). Penerapan Model Think Pair Share pada Pembelajaran Fisika. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2), 74–80. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i2.396

Damitri, D. E. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2).

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Firmanani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPen: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung, Jawa Barat: Pustaka Setia.

Hisbullah, H. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. DIDAKTIKA, 9.

Husamah, A. R., & Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang: UMMPress.

Imam G.. (2019). Pengantar Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Malang.

Indriani, A. M. F., & Mutmainnah, S. (2016). Metode pembelajaran tutor sebaya sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Accounting and Business Education, 2(2). https://doi.org/10.26675/jabe.v2i2.6057

Kompasiana. (2013). Bahan Ajar, Media, Alat Peraga, & Sumber Belajar. https://www.kompasiana.com/abafina/552a99fe6ea834395e552d17/bahan-ajar-media-alat-peraga-sumber-belajar

Krobo, A. (2021). Tarian tardisioanal yosim pancar meningkatkan kemampuan seni anak TK. Dobonsolo Yahim Sentani Jayapura provinsi papua tahun 2018. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6795

Kustipa, Y., Bendriyanti, R. P., & Haryono, M. (2022). Pengelolaan Peningkatan Perilaku Menjaga Kebersihan di Lingkungan Sekolah Melalui Kerja Sama Berkelompok pada Anak.

Kusuma. A. C., (2020). Peningkatan Keterampilan Membuat Alat Peraga Matematika Pada Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Peradaban. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4128

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Lubiz, H. Z. (2021). Keterampilan Seni Gerak Tari Anak Usia Dini.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. EDISI, 3(2), 312-325.

Manggala, O. W. (2022). Tinjauan pendekatan kompratif dalam antropologi hukum. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/vcxr3

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Masruhim, M. A., Elin, & Palenewen, E. (2021). Pengaruh Media Audio Visualterhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Cendrawasih Samarinda. Early Childhood Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.30872/ecj.v1i1.206

Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Wahyudin, Rukyat, A., Yati, F., Lusiani., Riaddin, D., & Setiawan, J. (2021). Pengantar Statistika I. Bandung, Jawa Barat: CV. Media Sains Indonesia.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prastuti, H. (2022). Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran probing-prompting dengan model pembelajaran discovery learning di SMK N 1 Kademangan. Universitas Negeri Malang.

Pratiwi, N. M. S., Novitasari, N. L. G., & Widhiastuti, N. L. P. (2021). Pengaruh tingkat pemahaman akuntansi, fungsi badan pengawas, profesionalisme, dan etika kepemimpinan terhadap kualitas laporan keuangan LPD. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1).

Raharjo, S. (Director). (2017). Cara Uji Beda Independent Sample t Test Dengan SPSS Lengkap.

Rahayuningtyas, W. (2013). Pengemasan bahan ajar Tari Topeng Malang pada mata kuliah vokasi Tari Malang, 13(1).

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi pembelajaran daring di sekolah dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Sukma, N. (2020). Penerapan metode bercerita dalam penanaman akhlak mulia siswa di Sekolah Dasar Negeri Mannuruki Kecamatan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Suprianto, E. (2020). Implementasi media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810

Susilo, A. (2021). Monograf Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Kemandirian Belajar. Solok: Insan Cendekia Mandir.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Threenesia, A. (2017). Daun kemangi (Ocimum sanctum L.) terhadap daya hambat pertumbuhan Staphylococcus aureus dan Salmonella typhi secara in vitro.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Utami, N., Khairuddin, K., & Mahrus, M. (2020). Perbedaan hasil belajar biologi siswa pada penggunaan media video dengan media PowerPoint melalui pembelajaran dalam jaringan (daring) di SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 96–101. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.120

Wahdan W., A. (2019). Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif dengan buku teks dalam pembelajaran biologi di SMA. Mangifera Edu, 4(1), 62–70. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.42

Wahid, A. (2018). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar.

Zalianti, T., Dewi, C. R., & Amin, N. (2022). Alat peraga fotosintesis. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 10(2).

Zein, Muh. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan. 5(2): 274-285.

Downloads

Published

04/30/2024

How to Cite

Satriawan, B. ., & Rahayuningtyas, W. . (2024). Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Media Audiovisual dan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Tari Yosim Pancar pada Siswa Kelas XI. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 10–25. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p10-25

Issue

Section

Articles