Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri

Authors

  • Vena Nur Amalia Iskandar Universitas Negeri Malang
  • Titik Harsiati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v1i22023p98-109

Keywords:

pembelajaran menulis, pembelajaran daring, karakterisik teks cerita pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis dan mendeskripsikan karakteristik teks cerita pendek kelas IX MTs Negeri 4 Jembrana di era COVID-19. Pendeskripsian pembelajaran meliputi tahap pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan problematika pemblejaran menulis teks cerita pendek di era COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita pendek terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pelaksanaan pembelajaran menulis terdiri dari tahap pratulis, penulisan, dan pascatulis. Tahapan pembelajaran menulis teks cerita pendek menggunakan pendekatan sainti­fik dengan pola mengamati-menanya-mencoba-mengomunikasikan. Pada kegiatan penilaian dengan menilai sikap peserta didik selama kegiatan pembelajaran dan penilaian keterampilan dari hasil tulisan cerita pendek peserta didik. Pendeskripsian karakteristik teks cerita pendek terdiri dari tema, struktur (abstrak, orientasi, komplikasi, dan resolusi), dan kaidah kebahasaan (sudut pandang pengarang, konjungsi kronologi, dan penggunaan dialog). Problematika yang dihadapi pada pembelajaran menulis teks cerita pendek di era pandemi dialami oleh pendidik dan peserta didik berupa problematika pada tahapan pembelajaran dan penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek di era COVID-19.

Kata kunci: pembelajaran menulis, pembelajaran daring, karakterisik teks cerita pendek

Teaching Writing Short Story Texts for Class IX of State Islamic Junior High School

This study aims to describe the learning of writing and the characteristics description of short story texts for class IX MTs Negeri 4 Jembrana in the COVID-19. The description of the learning includes the stages of implementing learning, learning assessment, and learning problems in writing short story texts in the COVID-19. This research is qualitative research with a qualitative descriptive type of research. Results of this study show that the implementation stages of learning to write short story texts comprise preliminary activities, core activities, and closing activities. The learning implementa­tion of writing comprises the pre-writing, writing, and post-writing stages. The stages of learning to write short story texts use a scientific approach with a pattern of observing-questioning-trying-communicating. In the assessment activities, assessing the attitudes of students during learning activities and assessing skills from the results of writing short stories of students. The description of the characteristics of the short story text comprises the theme, structure (abstract, orientation, complication, and resolution), and linguistic rules (author’s point of view, chronological conjunctions, and use of dialogue). The problems faced by educators and students in learning to write short story texts in the pandemic era are problems at the learning and assessment stages of learning to write short story texts during the COVID-19.

Keywords: writing learning, online learning, short story text characteristics.

References

Afiatin, Y. L., Sadjaruddin Nurdin, & Seni Apriliya. (2015). Analis Kesalahan Penggunaan Tanda Titik (.) dan Tanda Petik (“) dalam Teks Dialog Karya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

Anggraini, A., Tressyalina, T., & Noveria, E. (2018). Karakteristik Struktur dan Alur dalam Teks Cerpen Karya Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 34–40. https://doi.org/10.24036/100707-019883

Dalman, H. (2021). Ketrampilan Menulis. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Darmawati, U. (2018). Prosa Fiksi Pengetahuan dan Apresiasi. Klaten: PT Intan Pariwara.

Dewi, S. M., & Sobari, T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Ceroen dengan Menggunakan Metode Pembelejaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI SMK Citra Pembaharuan. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 989–998. https://doi.org/10.22460/P.V1I6P

Eva, R., Man, H., Malang, K., Agama, K., & Malang-Indonesia, K. (2021). Effectiveness Of Online Learning Using Madrasah E-Learning In The Pandemic Covid-19. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 54–65. https://doi.org/10.52048/INOVASI.V15I1.185

Haryadi, R., & Selviani, D. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/AOEJ.V12I2.447

Isdisusilo. (2012). Panduan Lengkap Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jogjakarta: Kata Pena.

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239. https://doi.org/10.21093/DI.V14I2.15

Julfahnur. (2018). Sudut Pandang Sebagai Unsur Fiksi Karya Sastra. Open Science Framework.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 281–294.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kusumastuti, A. & A. M. K. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Presindo.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Pertiwi, R. R. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi.

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Prihatin, Y., Hafiidha Sari, R., Hasyim Asy, U., & Info Abstrak, A. (2021). Problematika Ketrampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Daring. Jurnalistrensi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidik, 6(2), 136–145. https://doi.org/10.51673/JURNALISTRENDI.V6I2.790

Priyatni, E. T. (2017). Desain pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiyaningsih, I. (2018). Mengenal Jenis-jenis Teks. Yogyakarta: Intan Pariwara.

Sufairoh. (2015). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3).

Sumiati. (2020). Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia. Jakarta: Politeknik Media Kreatif.

Sunzuphy, C. (2011). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Suwandi, S. (2019). Bahasa Indonesia Era Industri 4.0 Implementasi Pembelajaran, Penilaian, dan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syahidan, E. (2017). Ketrampilan Menulis dalam Cerita Pendek. INA-Rxiv Papers, 1. https://doi.org/10.31227/osf.io/z8e9h

Thoha, A. (2020). Management Pengawasan Pendidikan di Sekolah. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Wahyuni, A. D. (2021). Pembelajaran pada Masa pandemi Menggunakan E-learning di MIN 7 Ponorogo. Thesis.IAIN Ponorogo.

Downloads

Published

08/31/2023

How to Cite

Iskandar, V. N. A. ., & Harsiati, T. . (2023). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(2), 98–109. https://doi.org/10.17977/um084v1i22023p98-109

Issue

Section

Articles