Buku Edukatif Berbasis Ilustrasi sebagai Referensi Antisipasi Overthink

Authors

  • Anni Paras Wati Universitas Negeri Malang
  • Moch. Abdul Rohman Universitas Negeri Malang
  • Andreas Syah Pahlevi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v1i22023p62-71

Keywords:

buku edukatif, ilustrasi, overthink

Abstract

Manusia tidak jauh dari aktivitas berpikir, karena pikiran merupakan anugerah dari yang maha kuasa. Seiring berjalannya waktu, cara berpikir manusia dari generasi ke generasi semakin maju. Ditambah dengan berkembangnya teknologi informasi menjadikan tuntutan tidak langsung kepada manusia untuk dapat menerima dan mengerti berbagai informasi dalam satu waktu. Hal ini menye­babkan menampung terlalu banyak informasi yang dapat menyebabkan kebingungan seperti pikiran berlebihan atau overthink. Overthink adalah istilah lain dari pikiran berlebihan. Overthink dialami oleh semua orang salah satunya mahasiswa DKV dengan pikiran berlebihan dengan konteks dalam DKV. Oleh karena itu perlunya kiat-kiat yang sedikitnya dapat membantu mereka dalam memilah pikiran ketika dihadapkan dengan pikiran berlebihan. Kiat-kiat ini dibungkus dalam bentuk buku ilustrasi yang dirancang menggunakan metode Bruce Archer dengan langkah-langkah Programming, Pengumpulan Data, Analisis dan Sintesis, Development, Communication. Mengguna­kan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif tertulis.

Kata kunci: buku edukatif; ilustrasi; overthink

The Educational Book Based on Illustrations as a Reference for Anticipating Overthinking

Humans are not far from the activity of thinking, because the mind is a gift from the Almighty. As time goes by, the way of thinking of humans from generation to generation is getting more advanced. Coupled with the development of information technology makes indirect demands on humans to be able to receive and understand various information at one time. This leads to holding too much information which can lead to confusion such as overthinking or overthinking. Overthink is another term for overthinking. Overthink is experienced by everyone, one of them is the Visual Com­munication Design student with excessive thoughts in the context of Visual Communication Design. Therefore, the need for tips that can at least help them in sorting out their thoughts when faced with excessive thoughts. These tips are packaged in the form of an illustrated book designed using the Bruce Archer method with the steps of Programming, Data Collection, Analysis and Synthesis, Development, Communication. Using a qualitative approach that will produce written descriptive data.

Keywords: educative book; illustration; overthink

References

Ayatilah, S., & Savira, S. (2021). Self-Compassion pada Perempuan yang Pernah Menjadi Korban Bullying: Studi Kasus. Jurnal Penelitian Psikologi, 8, 212–226.

Baxter, N. A., Hoch, C. P., Reid, J. J., Scott, D. J., & Gross, C. E. (2022). Use of the Pain Catastrophizing Scale to Predict Other Patient-Reported Outcome Measures Among Plantar Fasciitis and Chronic Ankle Instability Patients. Foot & Ankle Orthopaedics, 7(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2473011421S00578

Dalimunthe, S. F. (2016). Manajemen Konflik dalam Organisasi. Jurnal Bahas Unimed, 27(1).

Delgado-Gallén, S., Soler, M. D., Cabello-Toscano, M., Abellaneda-Pérez, K., Solana-Sánchez, J., España-Irla, G., … Cattaneo, G. (2023). Brain system segregation and pain catastrophizing in chronic pain progression. Frontiers in Neuroscience. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fnins.2023.1148176

Eccleston, C., Fisher, E. A., Vervoort, T., & Crombez, G. (2012). Worry and catastrophizing about pain in youth: A reappraisal. PAIN®, 153(8), 1560–1562. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pain.2012.02.039

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Jaenal Mustopa, A. J. M., & Hidayat, D. (2020). Pengalaman Mahasiswa Saat Kelas Online Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Selama Covid-19. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 2(2), 75–84. https://doi.org/10.51977/jdigital.v2i2.372

Kamil, M. S., Zamzamy, A., Tranggono, D., & Claretta, D. (2023). Penerimaan Generasi Z Surabaya pada karakteristik Generasi Z dalam Iklan Gojek “Solusi Masalah Overthinking Pilih Makanan, Ada Di Video Ini!” LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 235–260.

Kharisma, R. (2023). Studi Fenomenologi dalam Menghadapi Quarter-life crisis pada Fresh Graduate Psikologi Universitas Jambi (Universitas Jambi). Universitas Jambi. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/56218/

Linden, J. C. de S. van der, Lacerda, A. P. de, & Aguiar, J. P. O. de. (2018). Evolusi Metode-Metode Desain (Terjemahan). Retrieved from https://eprints.itenas.ac.id/170/1/Terjemahan The Evolution of Design Method.pdf

Maulidyna, Y. (2023). Internalisasi Nilai Khauf dan Raja’ dalam mengendalikan Overthinking untuk mencegah Meaningless pada Mahasiswa Akibat Pandemi Covid-19. Gunung Djati Convference Series, 23, 854–874.

Rosaliza, M. (2015). Wawancara: Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71–79. https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Sofia, L., Ramadhani, A., Putri, E. T., & Nor, A. (2020). Mengelola Overthinking untuk Meraih Kebermaknaan Hidup. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 118. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4969

Sriwati, A. R. (2020). Hubungan antara Tingkat Stres dengan Dismenore Primer pada Mahasiswi Tahun Pertama Program Studi Kedokteran Angkatan 2018 Fakultas Kedokteran. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 1(2), 63–67. https://doi.org/10.25077/jikesi.v1i2.38

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE: Desain Komunkiasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global (Vol. 8). Yogyakarta: CAPS.

Wardhan, N. K. S., & Rizkiantono, R. E. (2017). Perancangan Buku Digital Interaktif sebagai Media Penunjang Pendidikan Multikultural untuk Anak-Anak Usia 7-10 Tahun. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 16(2), 17. https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v16i2.3589

Wibawa, A. P., Bangsa, P. G., Wahyuni, M., Karnadi, H., Hadi, U., Widyo Harsanto, P., … Setya Darmawan, Y. (2021). Prosiding Seminar Nasional Desain Komunikasi Visual: Multi Peran Desain Komunikasi Visual dalam Perkembangan Disiplin Ilmu dan Teknologi. In D. T. Aji, K. Primayudi, & A. A. Suwasono (Eds.), Multi Peran Desain Komunikası Visual dalam Perkembangan Disiplin Ilmu dan Teknologi. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta. Retrieved from http://lib.isi.ac.id

Widia, R. (2020). You Are Overthinking!: Pada Dasarnya, Semua Akan Baik-baik Saja. Anak Hebat Indonesia.

Downloads

Published

08/31/2023

How to Cite

Wati, A. P. ., Rohman, M. A. ., & Pahlevi, A. S. . (2023). Buku Edukatif Berbasis Ilustrasi sebagai Referensi Antisipasi Overthink. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.17977/um084v1i22023p62-71

Issue

Section

Articles