Arabic Vocabulary: Konsep Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab

Authors

  • Aisyah Cahyani Universitas Negeri Malang
  • Moh. Fauzan Universitas Negeri Malang
  • Kurniawati Aprilia Rusdiana Putri Universitas Negeri Malang
  • Ariyani Dwi Larasati Universitas Negeri Malang
  • Nurrotu Halimatus Sakdiyah Universitas Negeri Malang
  • Annas Tohuri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1158-1170

Keywords:

bahasa Arab, kosakata, augmented reality

Abstract

Abstract: Language is a communication tool used by everyone to express their desires. Many languages exist in the world, one of which is Arabic. In Indonesia, Arabic is one of the subjects taught at the kindergarten (TK) level with students being introduced to Arabic vocabulary as it is the key language component in order for learners to be able to use the language. However, previous studies found that learning Arabic vocabularies is very challenging for so many people. For this underlying reason, the researcher initiated a breakthrough to develop an Arabic vocabulary application to improve the vocabulary mastery. This breakthrough is in the form of an Augmented Reality-based application with its development using ADDIE method. This research was carried out in class X MAN Kota Batu with the data collection instruments including expert validation instruments and student assessments with the help of a Likert scale. In its implementation, the results were very feasible in all aspects, which included aspects of content, language, and presentation as well as in the media aspect. In this case, the same results were obtained between experts and students.  It can be concluded that the development of this Arabic Vocabulary application is necessary to help optimize the learning of Arabic.

Keywords: Arabic language, vocabulary, augmented reality.

Abstrak: Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh setiap orang untuk mengungkapkan keinginannya. Ada banyak bahasa yang ada di dunia, salah satunya adalah bahasa Arab. Di Indonesia, bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang sudah mulai diajarkan pada tingkat Taman Kanak-kanak (TK), siswa dikenalkan mengenai kosakata bahasa Arab. Kemahiran seseorang dalam berbahasa memerlukan peran kosakata. Namun tidak jarang penulis menemui, ketika belajar bahasa Arab, banyak orang mengalami kesulitan dalam hal kosakata. Atas dasar inilah, peneliti menggagas sebuah terobosan baru dalam upaya membuat konsep aplikasi Arabic Vocabulary dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. Terobosan ini berupa konsep aplikasi berbasis Augmented Reality dengan metode pengembangannya adalah ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MAN Kota Batu dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen validasi ahli dan penilaian peserta didik dengan bantuan skala likert. Dalam implementasinya yang dilaksanakan di kelas X MAN Kota Batu didapatkan hasil sangat layak pada semua aspek, yang meliputi aspek isi, bahasa dan penyajian begitu juga pada aspek media didapatkan hasil yang sama pula antara para ahli dan peserta didik dalam implementasi aplikasi Arabic Vocabulary yang berbasis Augmented Reality. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kebutuhan akan aplikasi Arabic Vocabulary ini dirasa perlu ketika belajar bahasa Arab.

Kata kunci: bahasa Arab, kosakata, augmented reality

References

Ahsan, N.S. (2020). Penggunaan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan penguasaan kosa kata. Proceedings of Semnasbama IV UM Jilid 1, 130–141. Retrieved from https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/585

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Atmajaya, D. (2017). Implementasi augmented reality untuk pembelajaran interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. doi: https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232

Firdaus, S., & Hafidah, S. (2020). Mnemonik : Solusi kreatif untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Palapa, 8(1), 81–96. doi: https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.700

Hakim, L. (2018). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis augmented reality. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 59–72. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/59-72

Hakim, M.L. (2019). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII SMP IT Al-Huda Wonogiri. (Undergraduate thesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/74462/Mzg4MzA0/Pengembangan-Multimedia-Interaktif-Berbasis-Adobe-Flash-untuk-Meningkatkan-Penguasaan-Kosakata-Bahasa-Arab-Siswa-Kelas-VIII-SMP-IT-Al-Huda-Wonogiri-abstrak.pdf

Hidayat, N.S. (2012). Problematika pembelajaran bahasa Arab. An-Nida': Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 82–88. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/315/298

Huda, N., & Purwaningtias, F. (2017). Perancangan aplikasi pembelajaran pengenalan huruf dan angka berbasis augmented reality. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer) 6(2), 116–20. doi: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.257

Khoiruddin,. (2017). Pengenalan bahasa Arab melalui nyanyian pada anak usia prasekolah di PAUD Terpadu Ihyaul Ulum Puncu Kediri Jatim. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12–18. doi: http://10.31004/obsesi.v1i1.27.

Pramono, A., & Setiawan, M.D. (2019). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan buah-buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54-68. doi: https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12573

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. Proceedings of Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra 2019, 306–319. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/11151

Saurina, N. (2003). Pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini menggunakan augmented reality. Jurnal IPTEK, 19(2), 49–58. doi: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2015.v19i2.9

Suaibah, L. and Rahman, T. (2020). Smart tree learning media - we can be based on android for Arabic subjects/media pembelajaran pohon pintar - kita bisa berbasis android untuk mata kuliah Bahasa Arab. Ijaz Arabi: Journal of Arabic Learning, 3(1), 89–106. doi: 10.18860/ijazarabi.v3i1.8215.

Tegeh, I.M., Jampel, I.N., Pudjawan, K. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Proceedings of Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216. Retrieved from https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/507/352/

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial. In Modul Pengantar Linguistik Umum (pp. 1–19). Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4240/

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Cahyani, A. ., Fauzan, M. ., Putri, K. A. R. ., Larasati, A. D. ., Sakdiyah, N. H. ., & Tohuri, A. . (2021). Arabic Vocabulary: Konsep Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Journal of Language Literature and Arts, 1(8), 1158–1170. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1158-1170

Issue

Section

Articles