Pengembangan Media Video Lagu sebagai Stimulus dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p503-517

Keywords:

media video lagu, stimulus, bahasa Jerman, keterampilan berbicara

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar, guru sebaiknya memberikan stimulus kepada siswa pada saat me­nyampaikan materi. Salah satu stimulus dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media video lagu. Video merupakan media pembelajaran tampak dengar (audiovisual) yang disajikan serentak untuk menyampaikan materi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengem-bangkan dua media video pembelajaran  dengan judul masing-masing, yaitu “Ich zeige dir, was die Gegenstände in der Schule sind” dan “Ich frage dich, was die Gegenstände in der Schule sind”. Tema media video ini adalah “Schule” dengan sub tema “Gegenstände in der Schule” . Model pengembangan yang digunakan yaitu Allesi dan Trolllip dengan tahapan perencanaan (planning), desain (design), serta pengembangan (development). Data yang diperoleh adalah data dari hasil uji alpha dan uji beta dengan menggunakan instrumen lembar angket. Uji alpha dilakukan kepada ahli materi dan ahli media untuk memvalidasi produk media video lagu. Uji  beta dilakukan kepada tiga puluh siswa kelas X bahasa di SMA Negeri VIII Malang. Hasil validasi materi terhadap media video lagu sangat layak atau dapat digunakan tanpa revisi, sedangkan hasil validasi ahli media cukup layak atau dapat digunakan, tetapi perlu direvisi. Setelah video lagu direvisi, dilakukan uji beta kepada siswa. 

Kata kunci: pengembangan; media video lagu; stimulus; bahasa Jerman; keterampilan berbicara

Development of Song Video Media as a Stimulus in Learning Speaking Skills for 10th Grade Students at Senior High School

In teaching and learning activities, teachers should provide stimulus to students when delivering material. One of the stimulus in learning is to use media. The learning media used in this research is song video media. Video is a visible learning media (audiovisual) that is presented simultaneously to convey learning material. Therefore, the research aims to develop two learning video media with the respective titles are "Ich zeige dir, was die Gegenstände in der Schule sind" and "Ich frage dich, was die Gegenstände in der Schule sind". The theme of this video media is "Schule" with the sub-theme "Gegenstände in der Schule". The development model used is Allesi and Trolllip, with the stages of planning, design and development. The data obtained is from the results of the alpha test and beta test using a questionnaire instrument. The alpha test was conducted to material experts and media experts to validate the feasibility of song video media products. The beta test was conducted on thirty students of 10th Grade at SMA Negeri VIII Malang.  The results of material validation of song video media are very feasible or can be used without revision, while the results of media expert validation are quite feasible or in the category can be used but need to be revised. After the song video was revised, a beta test was conducted for students.

Keywords: development; song video media; stimulus; German; speaking skills

References

Aini, D. N., Retnantiti, S., & Syafrudin, D. (2017). E-Learning Media as Learning Resources in State University of Malang. Journal Deutsch Als Fremdsprache in Indonesien, 1(1), 8-25.

Aizid, R. (2011). Sehat dan Cerdas dengan Terapi Musik-Menyehatkan Tubuh Mencerdaskan Otak. Yogyakarta: Laksana.

Alessi, S.M., & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for Learning: methods and development (3rd Edition). Boston: Allyn and Bacon

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Burg, Carel Van der. (2013). Werkzeugkiste Sprechen: Sprechen üben in grossen Gruppe. Mailand: Bildungskooperation Deutsch. Sprechfertigkeiten_final_ok_Ansicht_V1.indd (swiss-exams.ch).

Daeng, Elisabeth Florata. (2014). Gampang & Praktis Berbicara Bahasa Jerman Secara Otodidak. Jakarta Timur: Pustaka Makmur.

Dewi, Ni Wayan Dina Amertha. (2021). Pengembangan Media Video Lagu Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Tegallalang. (Undergraduate Thesis), Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Indonesia.

Efendi, Muhammad. (2020). Rancangan Penelitian Kontemporer. Malang: Universitas Negeri Malang.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104-114.

Herdianti, Devi. (2021). Membuat Video Pembelajaran Itu Mudah. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/membuat-video-pembelajaran-itu-mudah/, diakses pada November 2022.

Iskandarwassid dan Suhendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Izza, U. J., Ardiyani, D. K., & Putri, A. E. F. (2021). Pengembangan Media 一起学习汉语 Berbasis Aplikasi TikTok pada Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin HSK 2 SMA 2 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(12), 1658–1674. https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1658-1674

Kirana, Dita Zahra. (2014). Keefektifan Penggunaan Media Lagu pada Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Purworejo. (Skripsi, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia). Diperoleh dari https://eprints.uny.ac.id/18892/

Lestari, P. I., & Afifah, L. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Echt Spass dengan Tema Schule untuk Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas X. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(11), 1532-1546.

Novitasari, A., Wijayati, P. H., & Roekhan, R. (2020). Asynchronous Digital-Based Learning Transformation of Speaking Skill Through Instagram. Journal DaFIna - Journal Deutsch Als Fremdsprache in Indonesien, 4(2). https://doi.org/10.17977/um079v4i22020p6-12

Pangesti, Gandes. (2019). Pengembangan Media Lagu Tema Alltagsleben Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jerman Siswa XI SMAN 1 Batu. (Skripsi Non Publikasi), Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Pratama, R. A., Samodra, J., & Sutrisno, A. (2022). Video Animasi Compositing Kiat-Kiat Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1483–1503. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1483-1503

Riyana, Cheppy. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Rosyidi, Abd Wahab & Ni’mah, Mamlu’atul. (2012). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Saraswati, S., Yaniafari, R. P., & El Khoiri, N. (2021). Students Perception’ toward The Role of YouTube Video in Improving Their Speaking Skills. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(12), 1765–1774. https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1765-1774

Semenderiadis, T., & Mortidou, R. (2009). Using Audiovisual Media in Nursery School, Within the Framework of The Interdisciplinery Approach. Synergies Sud-Est européen, 2, 65-76.

Seyyedrezaei, S. H. (2015). Improving E-Assessment and E-Learning in Language Learning and Teaching Using Information Technology. In Proceedings of International Conference on Application of Information and Communication Technology and Statistics in Economy and Education (ICAICTSEE) (p. 87). International Conference on Application of Information and Communication Technology and Statistics and Economy and Education (ICAICTSEE).

Sumadi, Suriyabrata. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Teman startup. (2022, May 10). Perbedaan Alpha dan Beta Test! - Retrieved September 14, 2022, from https://temanstartup.com/perbedaan-alpha-dan-beta-test/

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Perencanaan Manusia Kelas V di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85-94.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Koropasi, K. M. R., & Retnantiti, S. . (2023). Pengembangan Media Video Lagu sebagai Stimulus dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(4), 503–517. https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p503-517

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)