Penerapan Permainan Kartu Truth or Dare untuk Melatih Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Madin Al Hayatul Islamiyah Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i72022p915-924

Keywords:

kartu Truth or Dare, media permainan, kosakata bahasa Mandarin

Abstract

Abstract: This reseach aims to describe the application of the Truth or Dare card game to practice the mastery of Chinese vocabulary for Madin Al Hayatul Islamiyah Malang students and describe students` responses to the application of the Truth or Dare card game. This research used a qualitative descriptive approach and the data sources were 25 students of grade 2 Madin Al Hayatul Islamiyah. The data collection instruments used in this research were observation sheets and questionnaires. Based on the results of the research, the female group excelled in the game of truth and dare by collecting 12 points, namely vocabulary谢谢再见, xuéxí, , yìnní rén, qǐngwèn, rènshí, (jiào,rènshí,wǒ), renshi ni hen gaoxing, tīngxiě, wo ye hen hao, nín guìxìng. While the male group collected 10 points, namely qǐngwèn, jiào, 认识, guìxìng,再见, 再见, yuedu duihua, renshi nin wo ye hen gaoxing,早上好, 汉语课  vocabulary. So the female group got a reward and the male group got punishment by reading 10 vocabularies without pinyin and sing ni jiao shenme mingzi song.

Keywords: Truth or Dare cards, game media, Chinese vocabulary

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan kartu Truth or Dare untuk melatih penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa Madin (Madrasah Diniyah) Al Hayatul Islamiyah Malang dan mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan permainan kartu Truth or Dare. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data 25 orang siswa kelas 2 Madin Al Hayatul Islamiyah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, kelompok putri unggul pada permainan Truth or Dare dengan mengumpulkan 12 poin yaitu kosakata谢谢再见, xuéxí, , yìnní rén, qǐngwèn, rènshí, (jiào,rènshí,wǒ), renshi ni hen gaoxing, tīngxiě, wo ye hen hao, nín guìxìng. Adapun kelompok putra mengumpulkan 10 poin yaitu kosakata qǐngwèn, jiào,认识, guìxìng,再见, 再见, yuedu duihua, renshi nin wo ye hen gaoxing,早上好, 汉语课. Jadi kelompok putri mendapatkan reward dan kelompok putra mendapatkan punishment yaitu membaca 10 kosakata tanpa pinyin dan menyanyikan lagu ni jiao shenme mingzi.

Kata Kunci: kartu Truth or Dare, media permainan, kosakata bahasa Mandarin

References

Albab, D. U. (2020). Penggunaan media truth or dare card untuk keterampilan menulis siswa kelas XII Lintas Minat Bahasa Mandarin SMA Negeri 6 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/72472/

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arrosyida, S. (2019). Penerapan media Chinese scrabble untuk melatih penguasaan kosakata mahasiswa angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/id/eprint/72553

Hartini, Gunawan, I., & Suraya, S. N. (2012). Persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan FIP IKIP PGRI Madiun. Jurnal Pendidikan, 18(1). Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JP/article/view/134

Herliani. (2016). Penggunaan taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) pada pembelajaran kooperatif Truth and Dare dengan Quick on the Draw untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa pada Biologi SMA. E-Journal Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 232–236. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5706

Hikmatin, T. (2018). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Diskusus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(3), 286–292. doi: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i03.6696

Indayati, R. (2011). Penggunaan media audio rekaman untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Keraf, D. G. (2010). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, L. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, A. (2018, February 9). Metode demonstrasi [Weblog message]. Retrieved from https://ainamulyana.blogspot.com/2011/11/metode-demontrasi.html

Priatmoko, S., Binadja, A., & Putri, S. T. (2008). Pengaruh media permainan truth and dare terhadap hasil belajar kimia siswa SMA dengan visi SETS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 230–235. doi: https://doi.org/10.15294/jipk.v2i1.1223

Sudjana, N. (2013). Penilaian hasil proses belajar mengajar (cetakan ke-17). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nikmatun. (2018). Penerapan media kokami (kotak dan kartu misterius) untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin siswa kelas IX Lintas Minat SMAN 6 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak (11th ed.) (M. Rahmawati & A. Kuswanti, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Tersiana, A. (2018). Metode penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Ummah, I. R. ., Retnantiti, S. ., & Muyassaroh, L. U. . (2022). Penerapan Permainan Kartu Truth or Dare untuk Melatih Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Madin Al Hayatul Islamiyah Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(7), 915–924. https://doi.org/10.17977/um064v2i72022p915-924

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)