Pengembangan Monopoli Bahasa Arab untuk Pembelajaran Kosakata Kelas IX Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Ariyani Dwi Larasati Universitas Negeri Malang
  • Mohammad Ahsanuddin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p391-405

Keywords:

monopoli, pembelajaran kosakata, bahasa arab, madrasah tsanawiyah, ADDIE

Abstract

Monopoli bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata merupakan hasil modifikasi dari monopoli bergambar berbagai negara menjadi kartu kosakata bahasa Arab. Tujuan dalam penelitian ini men-deskripsikan pengembangan dan kelayakan monopoli bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata kelas IX MTs. Dengan metode penelitian dan pengembangan yang bertujuan menghasilkan dan menguji kelayakan produk. Menggunakan model ADDIE  yang meliputi tahap analisis dengan me-wawancarai guru bahasa Arab dan perwakilan siswa kelas IX MTs Darussalam untuk memperoleh informasi permasalahan tentang kosakata. Tahap desain,  peneliti membuat prototipe monopoli ba-hasa Arab untuk pembelajaran kosakata. Tahap pengembangan, peneliti mengembangkan prototipe hingga menjadi produk cetak dan memvalidasinya kepada guru bahasa Arab MTs Darussalam, ahli materi dan ahli media. Tahap implementasi, peneliti melakukan uji coba kepada 20 siswa kelas IX MTs. Adapun hasil pengembangan monopoli bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata yaitu papan monopoli, daftar pertanyaan, petunjuk permainan, kunci jawaban dan hasil kelayakan monopoli 94 persen aspek materi dan 94 persen aspek media dari guru bahasa Arab MTs Darussalam, 88 persen dari ahli materi, 90,6 persen dari ahli media dan setelah melakukan uji coba 96,6 persen dari 20 respon siswa kelas IX MTs Darussalam, serta peningkatan nilai rata-rata siswa dari 50 menjadi 80. Sehingga Monopoli bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata kelas IX Madrasah Tsanawiyah sangat layak sebagai media pembelajaran.

Kata kunci:  monopoli; pembelajaran kosakata; bahasa Arab; Madrasah Tsanawiyah; ADDIE

The Development of Arabic Monopoly for Vocabulary Learning for Class IX  Islamic Junior High School

The monopoly of Arabic for vocabulary learning modifies various countries’ images to be vocabulary cards. The research aims to describe the development and eligibility of the Arabic monopoly for vocabulary learning class IX MTs. Research methods are research and development to produce and test the eligibility of products, using the ADDIE model with analyze part is the researcher interviewed an Arabic teacher and a student of class IX MTs for information of the problem. Design,  the researcher made a prototype. Development, the researcher developed prototype to be product and validated it to Arabic teacher, material expert, and media expert. Implementation, the researchers conducted trials on 20 students IX MTs. And the results of development of the Arabic monopoly for vocabulary learning is a monopoly boards, question lists, game clues, answer keys and the eligibility results were 94 percent of MTs Darussalam Arabic teachers, 88 percent of material experts, 90,6 percent of media experts and 96,6 percent of 20 responses of class IX MTs Darussalam students. There was an increase in the average score of students from 50 to 80. So the monopoly of Arabic for vocabulary learning class IX MTs deserves to be as a learning medium.

Keywords: monopoly; vocabulary learning; Arabic language; junior high school; ADDIE

References

Abdullah, A. H. (2021). Thariqah Lu'bah Blinfold fi Ta'lim Mufradat Al-Lughah Al-Arabiyah. Makassar: Universitas Alauddin Makassar.

Alfani, M. I., & Huda, N. (2019). Pengembangan Alat Permainan Arabic Edugame sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII MTs Negeri 10 Sleman. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), 83-101. http://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-05

Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 5-17. https://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66

Ar-Rasih, F. (2017). Mushkilat Ta'lim Al-Mufradat Al-Arabiyah Lilnaataqin Bighairihaa Waqtirahan Lihaliha, 9 (1). Ummul Qura, 42-45.

Erfianti, F. (2020). Media Permainan Scrabble sebagai Alternatif Penguasaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs. SEMNASBAMA IV, hal. 216-228.

Fauzi, M. F., & Anindiati, I. (2019). Tathwir Al-Lughaz Al-Raqmy li Madah Al-Tathbiq Al-Sharfy 1 ‘Ala Al-Hatif Al-Mahmul ka Al-Tadribat Al-Idhafiyyah Kharij Al-Fashl Al-Dirasy. Buletin Al-Turas, 25(1), 129-139. https://doi.org/10.15408/bat.v25i1.11506

Fauzi, M. F., & Anindiati, I. (2021). Improving the Motivation of Students in Arabic Language Learning Through Learning Management System. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 4(3), 257-274. https://doi.org/10.22219/jiz.v4i3.19110

Histiana, R., & Isnawati, Z. (2019). Istikhdam Al-Lughah Al-Arabiyah fii Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyah Lisurah Mufradat. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 362-364. https://doi.org/10.21274/tadris.2019.7.2.363-391

Izzah, M. A., & Ma’sum, A. (2021). Pengembangan Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah untuk Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(8), 1081–1094. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1081-1094

Jariyah, A., & Asrori, I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Daring dan Luring bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(8), 1159–1172. https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1159-1172

Karimah, A. (2020). Pengembangan Media MONJARA (Monopoli Jari Tangan Bahasa Arab) bagi Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII MTs di Kabupaten Demak. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Munawwaroh, E. I., & Syarifah, S. (2021). Penggunaan Permainan Monopoli Pada Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN 1 Bangka Tengah. Al-Mu'arrib: Journal of Arabic Education, 1(2), 16-28. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i2.2052

Rahimadinullah, M. Z. ‘Afafarrasyihab, Murtadho, N., & Sultoni, A. (2021). Pengembangan Kartu Kata Berbahasa Arab dan Kegiatan Pembelajarannya untuk Siswa Kelas III Madrasah Aliyah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(2), 251–279. https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p251-279

Rahmahwati, S., & Ahsanuddin, M. (2022). Metode Sam’iyah Syafawiyah terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(12), 1657–1666. https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1657-1666

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179

Safitri, I. (2019). Keefektifan Media Pembelajaran MONOSA (Monopoli Bahasa) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watansoppeng. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Setyosari, P. (2020). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Siregar, R. (2016). Karya Ilmiyah Interaktif Menggunakan Format File Epub. Al-Kuttab: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 65-80. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i1.541

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. (A. Nuryanto, Penyunt.) Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Taufiqurrohman, T., & Hasbullah, H. (2020). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi (Survei pada MTs Swasta di Jakarta Selatan). Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(01), 55-62. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6684

Ustar, N. A. (2021). Al-Lughah Al-Arabiyah Istihdam Thariqah Kayisah fi Ta'lim Mufradat. Makassar: Universitas Alauddin Makassar.

Wahyuningsih, S. (2022). Tathbiq Thariqah Al-Hafidz Ala Asaasi Tanshit Al-Dimagh Al-Aiyun fii Ta'lim Al-Mufradat fii Ghariyan Al-Qur'an Al-Furqan Ponogoro. Ponorogo: IAIN Ponorogo.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. ACIET, 1(1), 105-114.

Wiryani, A. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Canva pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Pelembang: Universitas Sriwijaya.

Yuniarti, Y., Sari, N., Nifita, A. T., & Amri, A. I. (2019). Strategi Inovasi Produk pada Jambi Inspiring Media (JIMEDA) dalam Memperoleh Keuntungan Bersaing. Jurnal Inovasi, Teknologi, dan Dharma Bagi Masyarakat (JITDM), 1(1), 51-55. https://doi.org/10.22437/jitdm.v1i1.8714

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Larasati, A. D. ., & Ahsanuddin, M. . (2023). Pengembangan Monopoli Bahasa Arab untuk Pembelajaran Kosakata Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(3), 391–405. https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p391-405

Issue

Section

Articles