Metode Sam’iyah Syafawiyah terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1657-1666

Keywords:

mufradat; bahasa Arab; metode pembelajaran; metode sam’iyah syafawiyah

Abstract

Abstract: Mufradat are language elements that must be mastered by students. When learning is hindered, the understanding and mastery of mufradat will be affected. The purpose of this research is to describe the application and effect of the sam'iyah syafawiyah method on improving the Arabic vocabulary mastery of class VII students at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Malang. The method used by the researcher in this research is a quasi-experiment one group pretest-posttest design by taking a sample of class VII-I. The result of this research is the syntax in the learning process using the sam'iyah syafawiyah method with a focus on intensively drilling mufradat both oral and written. The syntax includes listening (ختوة الإستعبية), repetitive or repetition (ختوة التّكراريّة), explanation (ختوة التّحقيقيّة), using sentence patterns (ختوة القصاعيّة), generalization/conclusion (ختوة الإستنباطيّة), reading (ختوة الإستقرائيّة), and writing (ختوة الكتابيّة). In addition, data analysis through paired sample t test results in a calculated t value of 7.219 greater than the table t value of 1.708. The significance value obtained is 0.000 smaller than 0.05. The students' average posttest score is higher than the average pretest score, proving the positive effect of sam'iyah syafawiyah method on the mufradat mastery.

Keywords: mufradat; Arabic language; learning method; sam’iyah syafawiyah method

AbstrakMufradat merupakan tiga dari unsur bahasa yang harus dikuasai oleh peserta didik. Apabila pembel­ajaran terhambat, pemahaman dan penguasaan mufradat akan terpengaruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan pengaruh metode sam’iyah syafawiyah terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah eksperimen semu one group pretest-posttest design dengan mengambil sampel kelas VII-I. Hasil penelitian ini adalah sintaksis dalam proses pembelajaran menggunakan metode sam’iyah syafawiyah dengan fokus pengedrillan mufradat secara intensif baik lisan maupun tulis. Sintaksis tersebut meliputi men­dengarkan (خطوة الإستماعية), repetitif atau pengulangan (خطوة التّكراريّة), eksplanasi (خطوة التّحقيقيّة), menggunakan pola kalimat (خطوة القواعديّة), generalisasi/kesimpulan (خطوة الإستنباطيّة), membaca (خطوة الإستقرائيّة), serta menulis (خطوة الكتابيّة). Selain itu, hasil t hitung 7,219 melalui uji paired sample t test lebih besar dari t tabel yakni 1,708. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05. Rata-rata nilai posttest peserta didik lebih tinggi dari rata-rata hasil nilai pretest. Membuktikan bahwa adanya pengaruh peningkatan penguasaan mufradat setelah metode sam’iyah syafawiyah diterapkan.

Kata kunci: mufradat; bahasa Arab; metode pembelajaran; metode sam’iyah syafawiyah

References

Afroni, M. (2019). Metode sam’iyah syafawiyah dalam pembelajaran bahasa arab. Al-Lahjah, 2(1), 19–28. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/lahjah/article/view/382

Ainin, M. (2020). Tentang kurikulum bahasa arab di madrasah (tinjauan evaluatif terhadap ketaksaan learning outcome). Proceedings of Konverensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) 6, 417–431. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/679

Albantani, A. M. (2018). Pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah: Sebuah ide terobosan. Attadib Journal of Elementary Education, 2(2), 147–160. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace¬/bitstream/123456789/45836/2/Azki UIN Jkt 147-160.pdf

Al-Mahfuzd, A. F. (2021). Istikhdam tariqah as-sam’iyah wa syafawiyah fi ta’lim mufradat al Arabiah bil Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Al Irsyadiyah Minsanju Maranjin (Unpublished undergraduate thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia). Retrieved from http://repository-.uinjambi.ac.id/10210/

Al-Syaibany, M. Al-T. (1979). Falsafah pendidikan Islam (H. Langgulung, Trans.), (pp. 551-552). Jakarta: Bulan Bintang.

Effendy, A. F. (2016). Metodologi pengajaran bahasa Arab (cetakan 5). Malang: Misykat. Retrieved from http://arab.sastra.um.ac.id/ahmad-fuad-effendy-2/

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) melalui pengguanaan media kartu kata bergambar (penelitian tindakan pada siswa kelas I MI Nurul Hakim Kediri Lombok Barat tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1). Retrieved from http://journal.unj.ac.id-/unj/index.php/jpud/article/view/3496

Hanani, N. (2016). Efektivitas penggunaan metode audiolingual dalam pembelajaran bahasa Arab. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 14(2), 246–256. doi: https://doi.org/10.30762-/realita.v14i2.250

Hasanah, M. (2005). Landasan teoritis tentang penguasaan kosakata (mufrodat) bahasa Arab (Unpublished undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya, Indonesia). Retrieved from http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/529/2/BAB II.pdf

Hermawan, A. (2014). Metodologi pembelajaran bahasa Arab (A. S. Wardan (Ed.)). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustofa, S. (2011). Strategi pembelajaran bahasa Arab inovatif. Malang: UIN-Maliki Press. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/1233/

Najib, A. A. (2021). Meningkatkan keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Arab siswa dengan metode aural oral approach. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 236–244. doi: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.538

Nurkholis, F., & Munawwaroh, E. I. (2021). Pendekatan aural-oral approach dalam keterampilan berbahasa Arab. Al-Mu’arrib Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.¬lp2msasbabel.ac.id/index.php/AL-MUARRIB/article/view/2059

Panigoro, M. R., & Saputera, A. R. A. (2020). Implementasi metode sam’iyah syafahiyah pada siswa sebagai upaya meningkatkan kemampuan penguasaan mufradat. `Ajamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 9(2), 164–178. doi: https://doi.org/10.31314/ajamiy.9.2.164-178.2020

Ratnaningtyas, O. (2020). Pengaruh pendekatan komunikatif dan metode sam’iyah syafawiyah terhadap tingkat ketrampilan berbicara bahasa Arab. Murobbi Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). doi: https://doi.org-/https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.456

Rosyidi, A. W. (2017). Media pembelajaran bahasa Arab (A. H. Fathani (Ed.)). Malang: UIN-Maliki Press. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1159365

Sardiyanah. (2019). Pendekatan dan metode audio lingual (analisis metode sam’iyah safawiyah). NASKHI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 1(1), 14–20. Retrieved from http://journal.iaimsinjai.ac.id-/index.php/naskhi/article/view/67/21

Sugiyono. (2016). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. Retrieved from http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8411

Susanti, H. (2017). Model pembelajaran quantum untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Basis, 1(1), 63–72. Retrieved from http://ojs.uninus.ac.id-/index.php/BASIS/article/view/98

Syuhudi, A. R. (2016). Pemilihan metode pengajaran bahasa Arab yang efektif. Intelegensia: Jurnal Pedidikan Islam, 4(1), 62–75. Retrieved from: https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1356

Wandi, A. T. (2021). Optimalisasi pembelajaran mufradat pada siswa melalui metode sam’iyah syafawiyah dengan menggunakan media permainan temukan pasanganmu (Unpublished undergraduate thesis, UIN SUSKA Riau, Pekanbaru, Indonesia). Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/41189/

Zarkani, M. (2020). The effectiveness of the sam’iyah wa syafawiyah method in teaching Arabic. Jurnal Al-Amin: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 5, 190–201. Retrieved from http://ejournal.-kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamin/article/view/4105

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Rahmahwati, S., & Ahsanuddin, M. . (2022). Metode Sam’iyah Syafawiyah terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(12), 1657–1666. https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1657-1666

Issue

Section

Articles