Perancangan Film Pendek Animasi Cakra–The Growing Hope untuk Mendukung Branding Universitas Negeri Malang

Authors

  • Achmad Fakhrurrozi Universitas Negeri Malang
  • Gunawan Susilo Universitas Negeri Malang
  • Yon Ade Lose Hermanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i92023p1262-1280

Keywords:

Animasi, Short Film, Branding

Abstract

Universitas Negeri Malang saat ini sedang berkembang dengan pesat dan berhasil menjadi kampus unggul (Profil Universitas Negeri Malang) sehingga membutuhkan branding untuk lebih memperkuat identitasnya. Karena hal tersebut pada tahun 2019 Universitas Negeri Malang melalui Tim Branding & Promosi mulai memperkuat brandingnya dengan membuat program kerja jangka panjang mulai dari branding internal hingga eksternal. Salah satu program kerja tersebut diwujudkan melalui strategi storytelling & campaign. Media yang akan digunakan untuk strategi storytelling & campaign tersebut adalah short film animasi dengan memanfaatkan element dan aset yang telah dimiliki Universitas Negeri Malang seperti maskot dan strategi & positioning yaitu Excellence in Learning Innovation. Perancangan yang menggunakan prosedur perancangan animasi dua dimensi (pipeline animation) yang terdiri dari empat bagian, yaitu idea & research, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil perancangan ini berupa berupa short film animasi berjudul Cakra–The Growing Hope. Film ini merupakan lanjutan dari episode pertamanya yang dikemas dalam bentuk film live shot berjudul Cakra–Tiles of Anxiety. Menceritakan tentang tiga remaja yang berusaha melawan ketakutan yang menghalangi mimpinya.

Kata Kunci: animasi; short film; branding

The Design of Cakra–The Growing Hope Short Animated Film to Support the Branding of Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang is currently growing rapidly and has become an excellent campus, so it needs branding to strengthen its identity. In 2019, Universitas Negeri Malang through the Branding & Promotion Team began to strengthen its branding by creating a long-term work program starting from internal to external branding. One of the work programs is realized through storytelling & campaign strategies. The media that will be used for storytelling & campaign strategies is an animated short film by utilizing elements and assets that Universitas Negeri Malang has such as mascots and strategies & positioning, namely Excellence in Learning Innovation. The design uses a two-dimensional animation design procedure (animation pipeline) consisting of four parts, namely idea & research, pre-production, production, and post-production. The result of this design is an animated short film entitled Cakra-The Growing Hope. This film is a continuation of its first episode packaged in the form of a live shot film entitled Cakra-Tiles of Anxiety. It tells the story of three teenagers who try to fight the fears that hinder their dreams. 

Keywords: animation; short film; branding

References

Digital Marketing Midtrans. (2019). Tren Content Marketing yang Efektif di Tahun 2019. Retrieved from Midtrans website: https://midtrans.com/id/blog/tren-content-marketing-yang-efektif-di-tahun-2019

Firmansyah, D. C., & Pramono, A. (2022). Perancangan Animasi Stop - Motion Iklan CV Tan Chocolate untuk Branding Sosial Media. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(2), 191–204. https://doi.org/10.17977/um064v2i12022p191-204

Gotsi, M., & Andriopoulos, C. (2007). Understanding the pitfalls in the corporate rebranding process. Corporate Communications, 12(4), 341–355. https://doi.org/10.1108/13563280710832506

Gunadha, R., & Nabilla, F. (2020). Heboh Iklan Anime Khong Guan, Ala Jepang Tapi Indonesia Banget. Retrieved from suara.com website: https://www.suara.com/news/2020/05/20/180053/heboh-iklan-anime-khong-guan-ala-jepang-tapi-indonesia-banget?page=all

Hermanto, Y. A. L. (2019). Identifikasi Ilustrasi-Tipografi Graphic Vernacular sebagai Sistem Tanda & Identitas Warung Tenda Di Kota Malang. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 3(2), 74. https://doi.org/10.17977/um037v3i2p74-83

Hommerová, D., Šrédl, K., & Dbalá, K. (2020). Analysis of the awareness and popularity of the brand of a selected education and research library in the Czech Republic: A case study. Information (Switzerland), 11(8). https://doi.org/10.3390/INFO11080373

Keta, M. M., Manu, G. A., & Fallo, D. (2021). Perancangan Storytelling Cerita Rakyat Asal Ende Danau Tiga Warna Kelimutu Menggunakan Aplikasi Plotagon Studio. Jumpika Jurnal Mahasiswa Pendidikan Informatika, 3(1), 28–36.

Kusumastuti, A. & A. M. K. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Presindo.

Mahardhika, S., & Anam Fathoni, A. F. C. (2013). Storyboard dalam Pembuatan Motion Graphic. Humaniora, 4(2), 1183. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3560

Ohnaka, I. (2015). How to solve complex problems in foundry plants - future of casting simulation -. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 84, 012034. https://doi.org/10.1088/1757-899X/84/1/012034

Rori, R. A. Y., & Wahyudi, A. T. (2022). Proses Kreatif Pembuatan Desain Karakter dalam Karya Ilustrasi. Jurnal DKV Adiwarna. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12241%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/12241/10732

Rosaliza, M. (2015). Wawancara: Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71–79. https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099

Safinatunnajah, A. N., Pujiyanto, & Sudarmanto, J. A. (2021). Designing Granoolars Brand Promotion with Social Media Mix Approach as A Brand Awareness Strategy. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(7), 857–874. https://doi.org/10.17977/um064v1i72021p857-874

Sahwan, F. L. (2016). Analisis Proses Komposting pada Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Skala Kawasan (Studi Kasus Di Kota Depok). Jurnal Teknologi Lingkungan, 13(3), 253. https://doi.org/10.29122/jtl.v13i3.1394

Sari, I. P. (2019). Perancangan Video Edukasi Animasi 2 Dimensi Berbasis Motion Graphic Mengenai Bahaya Zat Adiktif untuk Remaja. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.17509/edsence.v1i1.17957

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sukmana, J. (2018). Metode 2D Hybrid Animaton Dalam Pembuatan Film Animasi Di Macromedia Flash Mx. Pseudocode, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.33369/pseudocode.5.1.29-36

Tarman, H. A., & Ari, A. (2019). Leveraging Brand Equity by Applying Brand Communication and Forming City Branding Based on Unique Selling Proposition (A Case of Crafts City). International Journal of Business and Administrative Studies, 5(2), 74–83. https://doi.org/10.20469/ijbas.5.10003-2

Toi, Y. (2020). Kepopuleran dan Penerimaan Anime Jepang Di Indonesia. Ayumi : Jurnal Budaya, Bahasa Dan Sastra, 7. https://doi.org/10.25139/ayumi.v7i1.2808

Wijaya, R., Iriaji, & Prasetyo, A. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Proses Pembuatan Topeng Malang untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X SMK. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(3), 338–352. https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p338-352

Wikayanto, A. (2019). Unsur-unsur budaya lokal dalam karya animasi indonesia periode tahun 2014-2018. 15(2), 83–97.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Fakhrurrozi, A., Susilo, G., & Hermanto, Y. A. L. (2023). Perancangan Film Pendek Animasi Cakra–The Growing Hope untuk Mendukung Branding Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(9), 1262–1280. https://doi.org/10.17977/um064v3i92023p1262-1280

Issue

Section

Articles