Perancangan Motion Graphic 2D tentang Upaya Pembebasan Irian Barat

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p389-409

Keywords:

Animasi Motion Graphic, Media Pembelajaran, Sejarah Pembebasan Irian Barat

Abstract

Abstract: The history of the Liberation of West Irian is one of the most important history because it involves the largest military operation in Indonesia. Unfortunately, the interest in studying history among teenagers is so low even though there are so many values that can be taken for the young generation as the nation's successors. Animation has several advantages, namely it can explain information without consuming a lot of time, one of which is motion graphics. This is very suitable to be used to explain this history because motion graphics can explain material that is difficult to explain conventionally. Therefore, this aims to design an animation with motion graphic techniques about the history of the liberation of West Irian for teenagers who are expected to increase their interest in studying Indonesian history. The stages in this design consist of pre-production, production, and post-production. After the animation was made, the validation and media test stages were carried out, the results by material experts got an index score of 90.67% which had very good criteria and the assessment by the small-scale group got an index score of 84.24% which had good criteria. There are also suggestions given by media experts and respondents, namely the dedication, objectives, indicators, and the use of audio in animation are clarified. The results of this design are uploaded to Youtube and Instagram because both media have the largest active users is teenagers who are expected to be a medium of learning not only for teenagers but also for teachers and students as well.

Keywords: motion graphic animation, learning media, history of the liberation of West Irian.

Abstrak: Sejarah Pembebasan Irian Barat merupakan salah satu peristiwa yang begitu penting karena melibatkan operasi militer terbesar di Indonesia. Sayangnya minat mempelajari sejarah pada remaja begitu rendah padahal banyak sekali nilai yang dapat diambil bagi generasi muda sebagai penerus bangsa. Media animasi memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat menjelaskan suatu informasi tanpa memakan waktu yang banyak yang salah satunya adalah motion graphic. Hal ini sangat cocok untuk digunakan untuk menjelaskan sejarah pembebasan Irian Barat karena motion graphic dapat menjelaskan materi yang sulit dijelaskan secara konvensional. Oleh karena itu perancangan ini bertujuan untuk merancang animasi dengan teknik motion graphic tentang sejarah pembebasan Irian Barat kepada para remaja yang diharapkan bisa meningkatkan minat dalam mempelajari sejarah Indonesia. Tahapan pada perancangan ini terdiri dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Setelah animasi sudah dibuat dilakukan tahap validasi dan uji media, hasil penilaian oleh ahli materi mendapatkan indeks skor 90,67% yang artinya memiliki kriteria sangat baik dan penilaian oleh kelompok skala kecil mendapatkan indeks skor 84,24% yang memiliki kriteria baik. Ada pula saran yang diberikan oleh ahli media dan respondens yaitu mencantumkan referensi, tujuan, indicator, dan penggunaan audio pada animasi diperjelas. Hasil dari perancangan ini diunggah pada media Youtube dan Instagram karena kedua media tersebut memiliki pengguna aktif terbesar adalah kalangan remaja yang diharapkan bisa menjadi media pembelajaran tidak hanya bagi remaja tapi juga untuk guru dan siswa juga.

Kata kunci: animasi motion graphic, media pembelajaran, sejarah pembebasan Irian Barat.

References

Abidin, Y. (2019). Pengantar politik luar negeri Indonesia. Jakarta: Lembaga Penerbitan UNAS.

Alfaqi, M. Z. (2015). Memahami Indonesia melalui perspektif nasionalisme, politik identitas, serta solidaritas. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 28(2), 111–116. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/5451

Batubara, J. R. (2016). Adolescent development (perkembangan remaja). Sari Pediatri, 12(1), 21–29. doi: http://dx.doi.org/10.14238/sp12.1.2010.21-9

Bupu, T. N., & Sumarjiana, I. K. L. (2021). Operasi Trikora sebagai upaya mengembalikan Irian Barat ke wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 11(1), 9–19. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jsp/article/view/1802

Cikka, H. (2019). Sinopsis dalam pembelajaran sejarah (cara mudah memahami dan mengingat peristiwa sejarah). Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 300–306. Retrieved from http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/70

Fahmi, A. (2021). LKP: Perancangan desain konten media sosial Instagram Esbeeyee sebagai media promosi (Undergraduate thesis, Universitas Dinamika, Surabaya). Retrieved from https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5621/

Fitri, M. O. (2016). Rancang bangun aplikasi virtual tour monumen Mandala berbasis Android. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 1(1), 41–49. doi: https://doi.org/10.24252/instek.v1i1.2546

Handayani, I., Dewanto, I. J., & Andriani, D. (2018). Pemanfaatan RinfoForm sebagai media pengumpulan data kinerja dosen. Technomedia Journal, 2(2 Februari), 14–28. doi: https://doi.org/10.33050/tmj.v2i2.321

Hidayat, I. K., Wardhana, M. I., & Rini, D. R. (2019). Animation as an educational media to learn colors and shapes for toddlers. Proceedings of International Conference on Arts and Design Education (ICADE 2018). doi: https://doi.org/10.2991/icade-18.2019.42

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial Instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. doi: https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Kurnia, D. D., & Miftahuddin, M. (2019). Peran Gerwani dalam Tri Komando Rakyat (Trikora) 1961-1963. MOZAIK: Jurnal Kajian Sejarah, 10(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/mozaik/article/view/32463

Kusumadinata, A. A., Ratnamulyani, I. A., & Nurmansyah, M. R. (2019). Hubungan motion graphic sebagai konten promosi sekolah di media sosial. Communications, 1(2), 77–90. doi: https://doi.org/10.21009/Communications.1.2.4

Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak Sekolah Minggu. JINOTEP, 3(2), 110–120. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2376

Maharani, D., & Hotami, M. (2018). Rendering video advertising dengan adobe after effects dan photoshop .Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(2), 105–111. doi: https://doi.org/10.31227/osf.io/3nehj

Mirza M., M. (2016). Game edukasi peristiwa heroik setelah Proklamasi menggunakan metode Boids (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/5291/

Ningsih, G. W. (2020). Game edukasi sejarah di Indonesia sebagai media pembelajaran berbasis Android (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar). Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/18731/

Nurmalisa, Y. (2019). Pendidikan generasi muda. Yogyakarta: Media Akademi. Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/11009/

Olivia, N. (2020). Perancangan gerak elemen grafis pada motion graphic dalam film pendek “SEMILIH” (Undergraduate thesis, Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang). Retrieved from https://kc.umn.ac.id/16267/

Pamuji, W. H. (2020). Penulisan skenario dalam pembuatan film pendek bergenre drama dengan tema gangguan kesehatan mental yang berupa “self-harm” (Undergraduate thesis, Universitas Dinamika, Surabaya). Retrieved from https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5281/

Purnasiwi, R. G., & Kurniawan, M. P. (2013). Perancangan dan pembuatan animasi 2D “Kerusakan Lingkungan” dengan teknik masking. Jurnal DASI, 14(3), 54–57. Retrieved from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/145

Revlinasari, D. A. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2021). Animasi motion graphics dinamika litosfer pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 168–177. doi: https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p168

Rindawa, H. B. (2021). Peranan Kodam XIV/Hasanuddin dalam pembebasan Irian Barat 1961-1963 (Undergraduate thesis, Universitas Hasanuddin, Makassar). Retrieved from http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/3740/

Ryvanthapala, V. (2019). Pembuatan film animasi 3D bergenre fantasi tentang pengaruh ibu terhadap kesuksesan anak sebagai mahasiswa rantau (Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya). Retrieved from https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3601/

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube sebagai sumber belajar generasi milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. doi: https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135

Simatauw, M., & Tutul, T. (2021). Manfaat penggunaan media Sosial Youtube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Kristen Agape Patria. Sosok, 2(2). Retrieved from http://sttborneo.ac.id/ejournal/index.php/ichtus/article/view/13/8

Siregar, F. (2017). Pembuatan media komunikasi menggunakan motion graphic untuk sosialisasi Job Family pada Bank Indonesia. Jurnal Desain, 4(03), 174–183. doi: https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1860

Sunarya, L., Purbayani, A. D., & Handayani, N. (2021). Media video promosi pada Roofpark Café & Restaurant Puncak Bogor Jawa Barat. Technomedia Journal, 5(2 Februari), 220–234. doi: https://doi.org/10.33050/tmj.v5i2.1448.

Sutrisno, A. (2021). Studi perbandingan animasi 360 derajat bertema sejarah. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 6(1), 22–34. doi: https://doi.org/10.17977/um037v6i12021p22-34

Taftazani, F. (2018). Operasi Mandala (Upaya pembebasan Irian Barat ke–NKRI tahun 1962) (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang). Retrieved from http://repository.uinbanten.ac.id/3141/

Thifala, A. Z., Wardhana, M. I., & Sutrisno, A. (2021). Perancangan animasi 2D mengenai upaya pencegahan penyakit saat musim hujan. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(7), 995–1009. doi: https://doi.org/10.17977/um064v1i72021p995-1009

Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 44–52. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3212

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Taqia, N. A. ., Samodra, J. ., & Sutrisno, A. . (2022). Perancangan Motion Graphic 2D tentang Upaya Pembebasan Irian Barat. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(3), 389–409. https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p389-409

Issue

Section

Articles