Kumpulan Syi’ir Al-‘Itâb dalam Diwan Abu Nuwas (Analisis Ilmu ‘Arûdl)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v1i92021p1310-1324Keywords:
syi’ir; ilmu ‘Arûdl; diwan Abu Nuwas; al-‘ItâbAbstract
Abstract: The science of ‘Arûdl is one of sciences needs to be studied to understand metrums and right or wrong changes in a poetry. The purpose of this research is to describe the kinds of metrum and change found in the poetries of al-‘Itâb in the diwan of Abu Nuwas because many learners of Arabic poetry find difficulties in knowing the metrum used in poetry when there are changes in it. The method used is qualitative descriptive. The data are poetry texts of al-‘Itâb consisting of 29 titles with 132 verses from the e-book Diwan Abu Nuwas written by Al-Ghazali. In this research, the researcher is a research instrument (human instrument) as well as a data collector. Data were collected using document study techniques. There are 5 stages of data analysis: (1) reading the poetries, (2) doing taqthi’ on every verse of the poem, (3) classifying data in a table, (4) determining the metrum and the change, and (5) concluding. The research results show that there are 8 types of metrum and 13 types of change consisting of 6 Zihâf and 7 ‘Illat. Metrum with the biggest number is metrum Thawîl, and the changes are Zihâf Qabdl and ‘Illat Hadzf.
Keywords: poetry, science of ‘Arûdl, diwan of Abu Nuwas, al-‘Itâb
Abstrak: Ilmu ‘Arûdl adalah salah satu ilmu yang perlu dipelajari untuk memahami Bahr dan perubahan-perubahan yang benar atau salah dalam sebuah syi’ir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan macam-macam Bahr dan perubahan yang terdapat pada syi’ir al-‘Itâb dalam diwan Abu Nuwas. Hal ini karena tidak sedikit pelajar kesulitan menentukan Bahr dalam sebuah syi’ir jika terdapat perubahan di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa teks syi’ir al-‘Itâb yang seluruhnya berjumlah 29 judul syi’ir dengan 132 bait yang bersumber dari e-kitab Diwan Abu Nuwas yang ditulis oleh Al-Ghazali. Dalam penelitian ini peneliti merupakan instrumen penelitian (human instrument) sekaligus sebagai pengumpul data. Data dikumpulkan menggunakan teknik studi dokumen. Adapun tahap analisis data dilakukan dalam 5 tahap, yaitu: (1) membaca syi’ir, (2) melakukan taqhti’ pada setiap bait syi’ir, (3) mengklasifikasi data dalam sebuah tabel, (4) menentukan Bahr serta perubahannya, dan (5) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 jenis Bahr dan 13 bentuk perubahan yang terdiri atas 6 Zihâf dan 7 ‘Illat. Bahr paling banyak ditemukan adalah Bahr Thawîl, perubahannya berupa Zihâf Qabdl dan ‘Illat Hadzf.
Kata kunci: syi’ir, ilmu ‘Arûdl, diwan Abu Nuwas, al-‘Itâb
References
Abubakar, H. (1995). Penyair Abu Nuwas, selayang pandang. Jurnal Humaniora, 95(1), 23–28. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/1985
Al-Damanhuri, M. (1996). Ilmu ‘Arûdl & Qawafi, terjemah al-Mukhtashar as-Syaafi (Mahfudz, Trans.). Pasuruan: Madrasah Diniyah Salafiyah Darut Taqwa Purwosari.
Al-Ghazali, A.A.M. (n.d.). Dîwan Abî Nuwas al-Hasan Ibn Hâni’. Beirut-Libanon: Dârul Kitâb al-‘Arabi. Retrieved from http://www.hamassa.com/wp-content/uploads/2016/05/%D8%AF%D9%8A%D9%88%D8%A7%D9%86-%D8%A3%D8%A8%D9%89-%D9%86%D9%88%D8%A7%D8%B3-%D8%AA%D8%AD%D9%82%D9%8A%D9%82-%D8%A7%D9%84%D8%BA%D8%B2%D8%A7%D9%84%D9%8A.pdf
Al-Hasyimi, M.A. (1991). Al-‘Arûdl Al-Wâdlih wa ‘Ilmu Al-Qâfiyah. Damaskus: Dâr al-Qalam.
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen pengumpulan data. Retrieved from https://osf.io/s3kr6/download
Arham. (2013). Qasidah Burdah Imam Al-Busayri (suatu analisis ‘Ilm Al-Qawafi) (Undergraduate thesis, Universitas Hasanuddin, Makassar). Retrieved from https://web.unhas.ac.id/arab/data_fl/Skripsi_Lengkap.pdf
Atiq, A.A. (1986). Ilmu al-‘Arûdl wa al-Qâfiyah. Beirut: Dâr an-Nahdlah al-‘Arabiyyah.
Bogdan, R.C., & Biklen, S.K. (1982). Pengantar studi penelitian. Bandung: PT Alfabeta.
Faizin, S. & Atisah, A. (2020). Analisa ilmu Arudh dan Qawafi dalam Syi’ir Al-I’tirof karya Abu Nawas. Jurnal Diwan, 6(1), 47–57. doi: https://doi.org/10.24252/diwan.v6i1.11190
Fathoni, H. (2012). Gaya kahasa dalam Syi’ir “Al-I’tiraf” karya Abu Nuwas: Sebuah analisis stilistik. Jurnal At-Ta’dib, 7(2), 205–224. Retrieved from https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/download/72/71
Husain, H. (2020). Ma’lumat ‘an al-Bahr at-Thawil. Retrieved from https://mqaall.com/information-long-sea/
Jabir, M.R.M. (2013). Al-‘Itâb fii as-Syi’ri al-‘Abbasiy. Jurnal Kulliyyah at-Tarbiyah al-Asasiyah Jami’ah Babil, 10(2), 509–517. Retrieved from https://www.iasj.net/iasj/download/dde87a09f68ea58a
Jazuli, M. (2019). Al-‘Arûdl fî Dîwan Abî Nuwas Al-Hasan ibn Al-Hakami (Dirâsah Tahlîliyah fî ‘Ilmi Al-‘Arûdl) (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/15618/
Kirana, A.C. (2016). Perkembangan puisi Arab pada masa dinasti Abbasiyah. (Undergraduate Non-Seminar Paper, Universitas Indonesia, Depok). Retrieved from http://www.lib.ui.ac.id/abstrakpdf?id=20434538&lokasi=lokal
Lajnah I’dad wa Tathwir Al-Manahij al-Azhar. (2017). Al-Quthûf ad-Dâniyah fî al-‘Arûdl wa al-Qâfiyah. Mesir: al-Azhar.
Mahliatussikah, H. (2015). Pembelajaran puisi teori dan penerapannya. Malang: UM Press.
Masykuri, S.M. (2017). Mudah belajar ‘arûdl (Ilmu sya’ir bahasa Arab). Kediri: Santri Salaf Press.
Mukammiluddin. (2017). Syi’ir pada masa Abbasiyah. Jurnal Rihlah, 5(1), 94–108. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/rihlah/article/view/3186/3049.
Noor, D.D. & Miolo, M.I. (2019). Kontribusi Al-Khalil bin Ahmad Al-Farahidi dalam ilmu-ilmu bahasa Arab. Al-Lisan: Jurnal Bahasa, 5(2), 148–160. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/757/666
Nur, M. (2019). Syi’ir-Syi’ir Wasf dalam Syi’ir Imru’ Al-Qais (Tinjauan Ilm ‘Arûdl). Jurnal Nady Al-Adab, 16(1), 25–39. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/naa/article/view/6629
Prasetya, R.D. (2015). Syi’ru al-Hûb li Umar ibn Ali al-Faridi (Dirâsah ‘Arûdliyyah) (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta).
Rahmat, P..S. (2009). Penelitian kualitatif. Jurnal EQUILIBRIUM, 5(9), 1–8. Retrieved from http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/331094976_ANALISIS_DATA_KUALITATIF
Suryaman, M., & Wiyatmi. (2013). Puisi Indonesia. Yogyakarta: Staff UNY. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/131873962/pendidikan/buku-Ajar+Puisi.pdf
Tohe, A. (2003). Kerancuan pemahaman antara Syi’ir dan Nadzam dalam kesusastraan Arab. Jurnal Bahasa dan Seni, 31(1), 38–53. Retrieved from http://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Kerancuan-Pemahaman-Antara-Syiir-dan-Nadzam-Dalam-Kesusasteraan-Arab-Achmad-Tohe.pdf
Tohme, T. (2019). Aghrâdl as-Syi’ri al-‘Arabî. Retrieved from https://sotor.com/%D8%A3%D8%BA%D8%B1%D8%A7%D8%B6-%D8%A7%D9%84%D8%B4%D8%B9%D8%B1-%D8%A7%D9%84%D8%B9%D8%B1%D8%A8%D9%8A/
Umam, M.A., & Eva, F. (2018). Qashidah Huwa An-Nur Karya Habib Ali Al-Habsyi: Kajian struktur teks, bentuk kata, dan jenis Qafiyah. Jurnal Atavisme, 21(1), 93–107. doi: https://doi.org/10.24257/atavisme.v21i1.436.93-107
Zaenuddin, M. (2007). Karakteristik Syi’ir Arab. Bandung: Zain Al-Bayan. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARAB/195307271980111-MAMAT_ZAENUDDIN/Perangkat_Kar_Syi%27ir.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yayil Kholisotul Makrufah, Kholisin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.