Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1103-1109Keywords:
literasi digital, keterampilan membaca, pendidikan karakterAbstract
Literasi dan dunia pendidikan memiliki hubungan yang sangat erat, bahkan ada yang berpendapat bahwa budaya literasi tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Peningkatan kemampuan literasi tidak hanya berkontribusi pada prestasi peserta didik, tetapi juga menjadi kunci kesuksesan mereka di masa depan. Perkembangan zaman telah membawa kita menuju era literasi digital, di mana kemampuan untuk memahami dan menggunakan teknologi digital menjadi sangat penting dalam pengembangan keterampilan membaca peserta didik, terutama di jenjang pendidikan dasar. Generasi saat ini tumbuh dan berkembang di lingkungan yang dikelilingi oleh teknologi, sehingga pemahaman tentang literasi digital menjadi suatu keharusan. Ketika peserta didik memahami literasi digital, mereka akan memperoleh berbagai manfaat, seperti peningkatan kemampuan berpikir kritis yang memungkinkan mereka untuk lebih baik dalam memahami informasi dan berbagai aspek kehidupan. Selain itu, literasi digital juga berperan dalam membangun karakter peserta didik. Untuk mencapai hal tersebut, penting bagi para guru untuk mengoptimalkan pengajaran baik dari segi pengetahuan maupun praktik literasi digital dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu memahami dan mengimplementasikan literasi digital, sehingga peserta didik tidak hanya menjadi konsumen informasi, tetapi juga menjadi produsen yang kreatif dan kritis.
References
Ahlah, S., & Nasional, M. M. P. S. (2020). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 era society 5.0. Jurnal Universitas PGRI Palembang. Retrieved October 18, 2021, from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3912
Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan literasi digital dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 228-236.
Anderson, I., & Sari, R. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(2), 251-274.
Anggraeni, H. (2020). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190-203.
Aniqoh, S., Maarif, M. A., & Kartiko, A. (2021). Kreativitas Guru Al Qur’an Hadist Dalam Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Dalam Masa Pandemi. Center Of Education Journal (CEJou), 2(02), 30-42.
Annisa, F., & Anggraeni, D. (2021). Konstruksi sosial: Membangun karakter yang baik bagi para siswa melalui pendidikan. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(8), 1–7.
Benaziria, B. (2018). Pengembangan literasi digital pada warga negara muda dalam pembelajaran PPKn melalui model VCT. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11-20. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8331
Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(2), 33-42.
Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter di persekolahan. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 2(1), 71-84.
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi numerasi dan literasi digital peserta didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1).
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi digital: Mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani: Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.
Genika, P. R., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan kewarganegaraan dalam keterkaitan dengan pendidikan karakter di Indonesia. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(2), 33-40.
Herawati, E. S. B., Mustofa, Z., Sari, M. N., Mirsa, N. R. P., Widiyan, A. P., & Astuti, Y. (2024). Edukasi digital safety dalam meningkatkan kecakapan bermedia digital siswa. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(1), 47-54.
Hidayah, N., & Sahid, A. (2023). Enhancing digital literacy in primary education: Challenges and strategies. International Journal of Learning and Development, 13(1), 45-60.
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 231-240.
Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120-4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347
Kemdikbud. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah. Retrieved October 18, 2021, from https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0,5&q=Kemdikbud.+%282016%29.+Panduan+Gerakan+Literasi+Sekolah+Di+Sekolah+Dasar.+Jakarta%3a+Ditjen+Dikdasmen+Kemdikbud.
Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah. Retrieved from http://r2kn.litbang.kemkes.go.id/handle/123456789/73686
Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian keterampilan abad 21 dalam proses pembelajaran (literature review). Irfani (e-Journal), 19(1), 86-107.
Marhayani, D. A. (2018). Pembentukan karakter melalui pembelajaran IPS. Edunomic: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 67. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.261
Moleong, L. J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045
Oktafianti, M., & Dewi, D. A. (2021). Revolusi karakter bangsa melalui pendidikan untuk mengembangkan warga negara yang baik. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(2), 132-143. Retrieved October 18, 2021, from https://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/546
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176-180. https://doi.org/10.31004/edukatf.v2i2.123
Sari, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249-258. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Sari, R. M., Setyowati, N., & Gunawan, A. (2022). The impact of digital literacy on students’ academic achievement. Journal of Educational Research, 15(2), 123-135.
Yudianda, E., Cahyani, I., & Abidin, Y. (2024). Model Pembelajaran Kelas Terbalik Berbasis Literasi Digital: Studi Pengembangan untuk Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 97-107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.