Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam Mengatasi Keragaman Gaya Belajar Siswa untuk Memenuhi Target Kurikulum
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1091-1096Keywords:
media pembelajaran, Wordwall, keragaman siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi keragaman gaya belajar siswa menggunakan media pembelajaran wordwall untuk memenuhi target kurikulum. Adapun metode yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk mengkaji media pembelajaran berbasis wordwall agar dapat digunakan oleh guru dalam mengatasi keragaman gaya belajar untuk mengkolaborasikan pembelajaran dengan basis teknologi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall dapat diaplikasikan pada keragaman gaya belajar peserta didik, baik gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik. Pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan atau game sebagai bentuk pembelajaran yang interaktif dapat menumbuhkan motivasi belajar dan minat belajar peserta didik. Keberagaman gaya belajar siswa dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam pemilihan media pembelajaran yang memenuhi target kurikulum melalui pendekatan pembelajaran berdiferensiasi.
References
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal, 4(2), 1653–1660. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13143
Amalia Fauziah Azhari, & Fairuza Khadijah, D. R. (2023). Inovasi media pembelajaran berbasis game Wordwall untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).
Ambawani, C. S. L., Kusuma, T. M. M., & Fauziati, E. (2024). Perspektif connectivisme terhadap penggunaan media gamifikasi dalam pembelajaran. Proficio, 5, 636–644. http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/JPF/article/view/3134
Andini, A., Yunita, L., & Irwandi, D. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 11–28. https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.20211
Anjani, D. (2016). Penggunaan game berbasis pendidikan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi, 5(1), 45–53.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Auna, E., & H. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis game Wordwall untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa sekolah dasar. Journal of Education and Culture (JEaC, 4).
Azhari, A. F., & Khadijah, D. R. F. (2023). Inovasi media pembelajaran berbasis game Wordwall untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).
Budiyono, B. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di era revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Kurniawati, T., & Putri, N. A. R. (2023). Pemahaman keberagaman peserta didik berdasarkan profil peserta didik sebagai upaya pemenuhan target Kurikulum Merdeka. Jurnal Ecogen, 6(2), 278–289. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/14720
Masykur, R. (2019). Teori dan telaah pengembangan kurikulum. CV. Anugrah Utama Raharja.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., & Ninasari, A. (n.d.). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.
Nadia, D. O. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8, 1924–1933.
Puspitarini, D. (2023). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar PPKn melalui discovery learning berbantuan aplikasi Wordwall Games. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 388–396. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.485
Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2023). Meningkatkan minat belajar dengan menggunakan media Wordwall kelas 4 di sekolah dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8885
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Utami, F., Sheftyawan, W. B., Pratama, A. Y., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan media pembelajaran aplikasi Wordwall untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 61. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i2.38890
Widodo, N., & A. (2016). Buku inovasi. Revista Brasileira de Linguística Aplicada, 5(1).
Yani, D. R., & Susanti, R. (2023). Keberagaman peserta didik dalam pemenuhan target kurikulum melalui pembelajaran berdiferensiasi. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.19109/guruku.v2i1.17576
Zahrani, N. (2023). Pemanfaatan media Wordwall dalam evaluasi pembelajaran materi teks persuasi siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Jakarta tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8, 1924–1933.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.