Penerapan Permainan Bisik Berantai untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Siswa Kelas 4 SD Islam
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p604-616Keywords:
permainan bisik berantai, maharah istima’, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Maharah istima’ merupakan bagian dari kemampuan dasar berbahasa Arab yang penting untuk dipelajari pada tingkat dasar. Rendahnya antusiasme dan keaktifan siswa dalam pembelajaran maharah istima’ di SDI Bidayatul Hidayah akan berpengaruh terhadap penguasaan bahasa Arab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan bisik berantai dalam proses pembelajaran serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan maharah istima’ siswa. Pe-nelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang disetiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 4 SDI Bidayatul Hidayah Canggu Mojokerto yang berjumlah 29 anak. Hasil penelitian ini yaitu, (1) penerapan permainan bisik berantai dalam pembelajaran maharah istima’ terlaksana dengan baik yang dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas guru dan siswa pada setiap pertemuan. Permainan bisik berantai dilakukan secara berkelompok yang melibatkan seluruh siswa sehingga mereka menjadi lebih bersemangat dan menjadi aktif dalam pembelajaran; (2) berdasarkan hasil pretest dan postest, permainan bisik berantai dapat meningkatkan maharah istima’ siswa. Siswa mengalami peningkatan nilai pada setiap siklusnya, yaitu nilai presentase pada pra siklus sebesar 38 persen, Siklus I 55 persen, dan Siklus II 86 persen. Dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa metode permainan bisik berantai ini dapat meningkatkan maharah istima’ siswa kelas 4 SDI Bidayatul Hidayah Canggu Mojokerto.
Kata kunci: permainan bisik berantai; metode pembelajaran; maharah istima’
The Implementation of The Chain Whispering Game to Improve Listening Skills on 4th Grade Students at Islamic Elementary School
Listening is a part of the basic Arabic skills which are important to learn at the basic level. The low enthusiasm and activeness of students in learning listening skills at SDI (Islamic Elementary School) Bidayatul Hidayah will affect students' mastery of Arabic. This study aims to describe the application of a chain whisper game in the learning process and to find out the increase in students' listening skills. This study used the Classroom Action Research (CAR) method with two cycles, each cycle consisting of planning, implementing, observing, and reflecting. The subjects of this study were all 4th grade students of SDI Bidayatul Hidayah Canggu Mojokerto, totaling 29 children. The results of this study are, (1) the application of a chain whisper game in learning listening skills is carried out well as evidenced by the increased activity of teachers and students at each meeting. The chain whisper game is carried out in groups involving all students so that they become more enthusiastic and active in learning; (2) based on the results of the pretest and posttest, a chain whisper game can improve students' listening skills. Students experience an increase in value in each cycle, namely the percentage value in the pre-cycle is 38 percent, the first cycle is 55 percent, and the second cycle is 86 percent. With these results it can be seen that this chain whisper game method can improve the listening skills of grade 4 students at SDI Bidayatul Hidayah Canggu Mojokerto.
Kata kunci; chain whisper game; learning methods; listening skill
References
Adinata, S. (2015). Penerapan Permainan Bisik Berantai untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Keragaman Budaya Mata Pelajaran PPKN Siswa Kelas IV SDIT Al-Istiqomah Tahun Pelajaran 2014/2015.
Albantani, A. M., & Muhammad, M. Z. (2022). The Effect of The Sequential Whispering Game on Listening Skill Teaching for Islamic Junior High School Students in Indonesia/Atsaru Lu’bah Al-hams Al-mutasalsilu ‘Alaa Ta’liimu Maharah Al-istimaa’ Ladaa Thullaab Al-Madrasah Al-Mutawassithah Al-Islamiyyah Bitangerang Al-Junuubiyyah. Jurnal Al-Maqayis, 9(2), 178-201.
Amiruddin, N. (2022) Fa’aaliyyah Tathbiiq Thariqah At-Ta’liim Al-Israarii Al-Musalsalah ‘Alaa Qudratu Istima’ Littalaamidz Al-Shaffi At-Tsaamin Bilmadrasah At-Tsanaawiyyah Al-Hukumiyyah Gowa. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 39-56.
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 9 (2), 179-196.
Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1 (1), 199-218.
Fina, & Fatmala. (2022). Tathbiiq Usluub An-Nash Al-Qaaim ‘Alaa Mandzuuj At-Ta’liimu At-Ta’aawiin Wa Lu’bah Al-Hams Al-Mutasalsil Litarqiyyah Maharah Al-Istima’ Ladaa Thalabah As-Shaf At-Tsaamin Yaffu Madrasah “Nur As-Shafna” Al-Mutawassithah Al-Islamiyyah Antar Almbung Ujlunuubiyyah. Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung.
Habibah, A., & Syihabuddin, S. (2020). Evaluasi Ketrampilan Menyimak dengan Memanfaatkan Permainan Berbisik Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(2), 97-106.
Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran Maharah Al-Istima’ dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika dan Solusi. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147-160.
Handayani, E. U., & Huda, N. (2019). Eksperimentasi Permainan Bisik Berantai dalam Meningkatkan Maharah Istima dan Kalam Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(1), 1-12.
Hardiyanti, S. (2019). Penerapan Metode Permainan Bisik Berantai Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Anak (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Hasanah, U. (2022) Fa’aaliyyah Istiraatijiyyah Al-Hams Al-Mutasalsil Lithariiqiyyah Maharah Al-Istima’ Bimadrasah Waahid Hasyim Al-Mutawassithah Al-Islamiyyah Al-Waahidah Dau Malang. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hidayah, R. N., & Maula, F. I. (2022). Fa’aaliyyah Al’aab Silsilah Al-Hams Fii Maharah Al-Istima’. Kilmatuna: Journal of Arabic Education, 2 (01), 234-246.
Likarde, O. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Bisik Berantai pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 63 Pondok Kubang Bengkulu Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Lovita, I., & Ismet, S. (2021). Studi Permainan Bisik Berantai dalam Pengembangan Bahasa.
Mubarokah, T. (2020). Penerapan Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Siswa Kelas IV MI Al-Hidayah Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Nasrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., & Afifa, S. K. (2020). Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28-35.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.
Nurhidayati, N., & Ridwan, N. A. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak.
Oktaviani, A., Rapani, R., & Mugiadi, M. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Permainan Edukatif. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(10).
Rahayu, T. U. P (2020). Penerapan Permainan Bisik Pesan dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Jember).
Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh, 20(01), 19-26.
Rosalinda, E., & Qibtiyah, L. Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Arab Siswa Kelas X Excellent A Di Ma Al-Amien 1 Pragaan.
Roswati, E. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Permainan Chinese Whispers. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7, 32-36.
Salasa, N., & Rizal, H. S. (2022). Penerapan Permainan Al-Asrar Al-Mutasalsilah dalam Pembelajaran Maharah Istima’ di SMP Darussalam 2 Watukosek Gempol. Studi Arab, 13(1), 66-76.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Tika, D. D. (2021). Permainan Bahasa untuk Stimulasi Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Tematik, 7(1), 1-7.
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7 (1), 31-43.
Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130-131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Indah Wahyu Ningsih, Ahmad Munjin Nasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.