Penggunaan Media Stik Es Krim sebagai Upaya Meningkatkan Mufradat Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah

Authors

  • Laili Sa’adah Universitas Negeri Malang
  • Nurul Murtadho Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i72024p696-706

Keywords:

Media Pembelajaran, Stik Es Krim, Mufradat

Abstract

Pembelajaran mufradat siswa kelas IV-A SD Muhammadiyah 5 Tembokrejo meng­alami beberapa kendala, terutama dalam hal kesulitan siswa untuk memahami dan menghafal mufradat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peng­gunaan media stik es krim dalam pembelajaran dan mengevaluasi peningkatan penguasaan mufradat siswa kelas IV-A setelah penerapan media tersebut. Pene­litian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru, serta wawancara, dan data kuantitatif dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media stik es krim dalam pembelajaran mufradat sangat efektif. Siswa menunjukkan antusiasme dan keaktifan yang lebih tinggi selama pembelajaran, yang secara signifikan mempermudah mereka dalam memahami dan menghafal mufradat. Sebelum penerapan media stik es krim, hanya 18,92 persen siswa yang mencapai nilai tuntas. Namun, setelah penggunaan media stik es krim, terjadi peningkatan yang signifikan dalam tingkat keberhasilan siswa, dengan 45,95 persen siswa mencapai nilai tuntas pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,78 persen pada siklus II. Peningkatan ini tidak hanya menunjukkan efektivitas media stik es krim dalam membantu siswa menghafal mufradat, tetapi juga memperlihatkan dampak positifnya terhadap motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif seperti stik es krim dapat menjadi alternatif yang efektif untuk mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran, khususnya dalam pengajaran bahasa Arab di sekolah dasar. Dengan demikian, penerapan media ini dapat menjadi model pembelajaran yang patut dipertimbangkan untuk diterapkan di kelas-kelas lain yang mengalami masalah serupa.

References

Alfina, N. N. (2019). Memahami Urgensi Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 1–14. Retrieved from https://www.academia.edu/40775792/Memahami_Urgensi_Penggunaan_Media_Visual_dalam_Pembelajaran_Bahasa_Arab

Detara, S. D. (2021). ealaqat bayna ’iitqan almufradat wa thiqat alnafs bimaharat alkalam allughat al arabiat litilmidhat fasl althamaniat fi almadrasat althaanawiat muqim alsanat bialmabanij (UIN Raden Fatah Palembang). UIN Raden Fatah Palembang. Retrieved from http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8424

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab ( mufradat ) melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar ( Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul HakimKediri Lombok Barat Tahun 2015 ). Jurnal Pendidikan Usia DINI, 9, 107–126. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/296973274.pdf

Fatoni, A. F. (2020). Hubungan Penguasaan Kosa Kata Dengan Keterampilan Mendengarkan Dialog Pendek Mahasiswa Akuntansi Dalam Ranah English for Accountant. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.24929/alpen.v4i1.34

Imanulhaq, R., Patimah, & Lailly, I. F. (2020). Pengembangan Media Stik Es Krim Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Negeri Kota Cirebon. 01(03), 232–247. Retrieved from http://edutrimedia.com/ojs/index.php/uniedu/article/download/23/20

Jelita, F. F. dkk. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Stik Es Krim Untuk Meningkatakan Kemampuan Komunikasi Matematis Di Kelas 1 SD Plus Nurul Aulia. Journal of Elementary Education, 02(01), 1–9.

Jelita, F. F., Kusmiatin, T., & Murni, S. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Di Kelas 1 Sd Plus Nurul Aulia. Journal of Elementary Education, 02(01), 1–9. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/3016/802

Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). In Antimicrobial Agents and Chemotherapy (1st ed.). Yogyakarta: deepublish. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Malik, A., & Chusni, M. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi (Cetakan 1). Yogyakarta: deepublish. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21828

Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Lisan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Muhammady, A. (2021). ’ahamiyat almufradat fi ta’lim maharat allughat al’arbai. Jurnal Studi Bahasa Arab, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47498/arabiyya.v10i1.538

Munir. (2017). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab (Cetakan Ke). Jakarta: KENCANA. Retrieved from http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17294

Ningsih, H. D. P. (2012). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Batang Es Krim. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 7(1), 57–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.0701.5

Nugroho, L. T. (2018). Penggunaan Alat Perga Stik Es Krim Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. Retrieved from http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht

Rinaldo, O. (2018). Ta’tsir Itqan Al-Mufradat ’Ala Maharati Al-Kitabah ’Inda Al-Talamidz Li Al-Fashl Al-’Asyir Fi Al-Madrasah Al-’Aliyyah. Rinaldo, Ozi, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i1.2165

Riska, Bachtiar Syamsuddin, M., & Usman, M. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Mufradat (Kosakata) Dengan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Di Kota Makassar. Journal Of Education, 1(2), 144–150. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/27128

Sekarini, W. (2018). Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung; Vol. 7). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/377

Suharti, S. (2018). Penerapan Media Stik Ice Cream untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siwa Kelas I-A di SDN Sumurame Kecamatan Candi Sidoarjo. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(5), 508. Retrieved from http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/737/473

Yuliastanti, D., & Zuhdi, U. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil BelajarPada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. 2(1), 88–100. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10594

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Sa’adah, L., & Murtadho, N. . (2024). Penggunaan Media Stik Es Krim sebagai Upaya Meningkatkan Mufradat Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah . Journal of Language Literature and Arts, 4(7), 696–706. https://doi.org/10.17977/um064v4i72024p696-706

Issue

Section

Articles