Pengembangan Teka-teki Silang Buku Madārij Ad-Durūs Al-‘Arabiyyah Jilid 3 untuk Paket Dasar III
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1525-1542Keywords:
Madārij Ad-Durūs Al-‘Arabiyyah, Media Pembelajaran, Teka-teki SilangAbstract
Abstract: Learning Arabic today is more challenging because it is not the commonly used native speaker language. The purpose of this research was to develop a crossword game medium for a companion to the book of Madārij Ad-Durūs Al-'Arabiyyah Volume 3 and test the feasibility of using crossword books. This research uses ADDIE model development research (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The test subjects were ten students who had memorized the book of Madārij Ad-Durūs Al-'Arabiyyah Volume 3 at the Pesantren Ilmu Al Quran (PIQ) Singosari Malang. The initial needs analysis carried out at the PIQ Hut revealed that in addition to the main textbook, namely the book of Madārij Ad-Durūs Al-'Arabiyyah Volume 3, educators and students need another learning media with a percentage of 86 percent. The results of this research stated that the validation test received valid results, which means that the book product is feasible to use with a percentage of media validation of 80 percent, a percentage of material validation of 95 percent and a percentage of student responses of 91 percent. The assessment from the teacher obtained a percentage result of 76 percent for the material/content aspect while the assessment for the display aspect obtained a percentage result of 74 percent.
Keywords: Madārij Ad-Durūs Al-‘Arabiyyah; learning media; crossword
Abstrak: Pembelajaran bahasa Arab saat ini membutuhkan penekanan dan perhatian lebih karena bukan bahasa penutur asli yang biasa digunakan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media permainan teka-teki silang untuk pendamping kitab Madārij Ad-Durūs Al-‘Arabiyyah Jilid 3 dan menguji tingkat kelayakan penggunaan buku teka-teki silang. Penelitian ini memakai penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah sepuluh santri yang telah mengkhatamkan kitab Madārij Ad-Durūs Al-‘Arabiyyah Jilid 3 di Pesantren Ilmu Al Quran (PIQ) Singosari Malang. Sebagaimana hasil analisis kebutuhan awal yang peneliti lakukan di Pondok PIQ, diperoleh hasil bahwa selain buku ajar utama dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu kitab Madārij Ad-Durūs Al-‘Arabiyyah Jilid 3, pendidik dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran dengan persentase 86 persen. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa uji validasi mendapat hasil valid yang artinya produk buku pengembangan tersebut layak digunakan dengan persentase validasi media sebesar 80%, persentase validasi materi sebesar 95 persen dan persentase respon siswa sebesar 91 persen. Penilaian dari guru memperoleh hasil persentase sebesar 76 persen untuk aspek materi/isi sedangkan penilaian untuk aspek tampilan memperoleh hasil persentase sebesar 74 persen.
Kata Kunci: Madārij Ad-Durūs Al-‘Arabiyyah; media pembelajaran; teka-teki silang
References
Agustiyani, D. A. (2016). Pengembangan media permainan teka-teki silang bergambar berbasis macromedia flash untuk menambah kosakata bahasa Jawa siswa kelas V SD di Kota Semarang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang, Semarang). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29322
Ainin, M. (2016). Metodologi penelitian bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Sejahtera.
Akbar, P. S., & Usman, H. (2013). Metodologi penelitian sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Al Qorin, A. S. (2020). Pengembangan buku teks bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif untuk siswa kelas 4 Mathayom di Islamic Santitham Foundation School Nakhon Si Thammarat Thailand. Proceedings of Semnasbama IV UM Jilid 2, 74–88. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/632
Amirudin, N. (2017). Problematika pembelajaran bahasa Arab. Tamaddun: Jurnal Manajemen dan Pemikiran Keagamaan, 1–2. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66
Ammar, Z. (2012). دراسة تحليلية للكتاب ‘مدارج الدروس العربية’ وتأثيره نحو همة التلاميذ في الفصل الأول عند دراسة اللغة العربية بمعهد الدراسات القرآنية [Analisis kitab Madarij Ad Durus Al Arobiyah dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa kelas 1 dalam belajar bahasa Arab di Pesantren Ilmu Alqur'An Singosari Malang] (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya). Rtrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/10170/
Andriani, A. (2015). Urgensi pembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1) 39–56. doi: https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.39-56
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, N. (2020). تطوير الكلمات المتقاطعة على أساس ويب لترقية كفاءة المفردات لدى طلبة المدرسة الابتدائية الإسلامية بسيدوارجو [Web-based crossword development to improve vocabulary mastery of Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sidoarjo students]. Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 4(2), 232–244. http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/article/view/16791
Binnafilah, M. (2020). تطوير الوسيلة التعليمية ‘الكلمات المتقاطعة’ لتعليم مفردات اللغة العربية في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثالثة جاكرتا. [Pengembangan media pembelajaran teka-teki silang untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta] (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta). Retrieved from http://repository.unj.ac.id/5356/
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. doi: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fendya, W. T., & Wibawa, S. C. (2018). Pengembangan sistem kuisioner daring dengan metode weight product untuk mengetahui kepuasan pendidikan komputer pada LPK Cyber Computer. Jurnal IT-EDU, 3(1), 45–53. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/10/article/view/24293
Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2019). Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab melalui aplikasi Videoscribe dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 9(2). doi: http://dx.doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738
Hasanah, A. (2010). Pembelajaran berbasis permainan TTS untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab Siswa MAN Godean Sleman Yogyakarta (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta). Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/5274/
Hidayat, N. S. (2012). Problematika pembelajaran bahasa Arab. An-Nida’, 37(1), 82. Retrieved from https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/315
Indaryati & Jailani. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067
Iswanto, R. (2017). Pembelajaran bahasa Arab dengan pemanfaatan teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 142. doi: http://dx.doi.org/10.29240/jba.v1i2.286
Khalilullah, M. (2012). Permainan teka-teki silang sebagai media dalam pembelajaran bahasa Arab (mufradat). An-Nida’, 37(1), 15–26. Retrieved from https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/309
Madaniah, M., Murtadho, N., & Nurhidayati. (2020). تطوير المعجم الثنائي اللغة (عربية—إندونيسية) الرقمي وغير الرقمي لترقية كفاءة المفردات لدى تلاميذ المدرسة الابتدائية [Developing the digital and non-digital (Arabic - Indonesian) bilingual dictionary to improve the vocabulary proficiency of Islamic elementary school]. Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 4(2), 182–203. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um056v4i2p182-202
Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar Kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49–58. doi: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173
Musthofa, M. Z. (2018). Pengembangan media teka-teki silang dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila 2 Klaseman Sleman Yogyakarta (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta). Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/33425/
Purnama, S. (2013). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19–32. doi: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Sholihatin, L. (2016). Pengembangan media pembelajaran kosakata bahasa Arab berbasis permainan Teka-teki Silang (TTS) pada siswa MI Wahid Hasyim Yogyakarta (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta). Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/21906/
Siregar, S. (2010). Statistika deskriptif untuk penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Taufiqurrochman, R. (2017). ‘Madarij Ad-Durus Al-’Arabiyah’ karya KH Basori Alwi: Analisis buku dan pemanfaatannya di pondok pesantren. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(2). doi: http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v2i2.46
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Achmad Arisy Habibullah, Nurul Murtadho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.