Perancangan Konten Media Sosial Batik Modern untuk Brand Awareness Ntara
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i122023p1732-1752Keywords:
perancangan, konten media sosial, batik motif modern, kesadaran merek, ntaraAbstract
Saat ini sering kali generasi muda di Indonesia lebih menyukai menggunakan fesyen yang dipengaruhi oleh tren luar negeri, sehingga menyebabkan fesyen lokal mulai terabaikan, salah satunya adalah batik. Sebagai bagian dari negara Indonesia, generasi muda harus menjadikan batik Indonesia sebagai pakaian sehari-hari untuk dapat menjaga batik sebagai kebudayaan dan warisan Indonesia. Ntara merupakan brand fesyen dengan konsep desain pattern dan ilustrasi bertemakan budaya dan ciri khas Indonesia yang dikemas menyesuaikan tren saat ini. Sebagai brand yang baru didirikan maka membutuhkan lebih banyak brand awareness dari target konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan merancang konten media sosial yang menarik dan efektif guna meningkatkan brand awareness Ntara. Proses perancangan menggunakan metodologi terdiri dari tahap latar belakang, identifikasi, analisis, sintesis, konsep peracangan, dan desain final. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang bersifat deskiptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, survei, dan studi dokumen yang kemudian dianalisis menggunakan teknik STP dan 5W+1H. Proses perancangan dilakukan berdasarkan pendekatan teori komunikasi AIDA. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden lebih menyukai konten promosi yang informatif dan menghibur. Pendistribusian konten promosi menggunakan media sosial yaitu Instagram, Twitter, TikTok, Facebook, dan YouTube sebagai media yang paling banyak diakses oleh responden.
Kata kunci: perancangan; konten media sosial; batik motif modern; kesadaran merek; ntara
Designing Modern Batik Social Media Content for Ntara Brand Awareness
Nowadays, young people in Indonesia often prefer to use fashion that is influenced by foreign trends, thus causing local fashion to be neglected, one of which is batik. The younger generation must make Indonesian batik as daily clothing to be able to maintain batik as Indonesian culture and heritage. Ntara is a fashion brand with the concept of pattern design and illustrations themed on Indonesian culture and characteristics that are packaged according to current trends. As a newly established brand it requires more brand awareness from its target consumers. The purpose of this research is to understand and design attractive and effective promotional content to increase Ntara's brand awareness. The design process using methodology consists of the background, identification, analysis, synthesis, design concept, and final design stages. This study uses a descriptive qualitative methodology using data collection techniques, namely interviews, surveys, and document studies which are then analyzed using STP and 5W+1H techniques. The design process is carried out based on the AIDA communication theory approach. The results showed that respondents preferred promotional content that was informative and entertaining. Distribution of promotional content using social media, namely Instagram, Twitter, TikTok, Facebook, and YouTube as the media most accessed by respondents.
Keywords: design; social media content; pattern batik modern; brand awareness; ntara
References
Ayu, L., Maimun, A. D., & Dewi, C. P. (2021). Multifunctional Village Hall with Sustainable Architecture Concept: an Integrated Land Use System by Considering Building Energy Efficiency. Journal Innovation of Civil Engineering (JICE), 2(2), 69.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Fandy Tjiptono, (2011). Strategi Pemasaran, EdisiTerbaru. Yogyakarta: Andi Offest
Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Z. A., & Syarbaini, A. M. B. (2023). Perubahan Gaya Hidup Pengguna e-commerce dalam Daya Beli Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB), 2(1), 205-210.
Hendraningrum, Retno and M. Edy Susilo. (2008). Fashion dan Gaya Hidup: Identitas dan Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1).
Heru Widoyo, (2021). Melestarikan Budaya Batik Pada Generasi Muda. Diakses September 1, 2021. https://binus.ac.id/character-building/2021/02/melestarikan-budaya-batik-pada-generasi-muda/
Jurnal id, (2021). Pentingnya Desain Produk untuk Menarik Konsumen. Diakses November 2, 2021. https://www.jurnal.id/id/blog/desain-produk-berperan-menarik-minat/
Kemenparekraf, (2021). Subsektor Ekonomi Kreatif: Fesyen. Diakses Agustus 1, 2021. https://www.kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif/Fesyen
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, (2021). Siaran Pers: UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Diakses Agustus 1, 2021. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Komala, W. P. (2023). Re-Desain dalam visualisasi citra produk kopi sinam robusta melalui strategi aida (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Kusherdyana.R. (2018). Pengertian Budaya, Lintas Budaya, dan Teori yang Melandasi Lintas Budaya. Pemahaman Lintas Budaya, 48.
Palgunadi, P., Sumarwahyudi, S., Wardhana, M. I., & Pramono, A. (2022). Perancangan Desain Website sebagai Media Promosi PT Permata Adi Nusa. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1453-1469.
Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sanyoto, S, E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Dimensi Press: Jogyakarta
Sari, D. N., & Fasa, M. I. (2023). Analisis Konten Instagram Sebagai Strategi Digital Marketing Bank Syariah Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 4(1), 1-10.
Sundjoto. A, S, H. (2012). Pengaruh Citra Merek dan kesadaran Merek Terhadap Ekuitas Merek susu cair dalam kemasan’’ Frisian Flag’’. Jurnal Riset Pemasaran .hal 110
Taufiqoh, B. R., Nurdevi, I., & Khotimah, K. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra, 58–65.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Universitas Islam Indonesia, (2021). Berita: Industri Fashion Indonesia Optimis Tumbuh di Tengah Pandemi. Diakses Agustus 1, 2021. https://www.uii.ac.id/industri-fashion-indonesia-optimis-tumbuh-di-tengah-pandemi/
Widiarto, T. (2009). Psikologi Lintas Budaya Indonesia. Salatiga: Widya Sari Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Aviatul Adaniyah, Sarjono, Joni Agung Sudarmanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.